Tips & Trik: Membersihkan Mobil Anda di Musim Hujan

16 November 2016

Kali ini kita akan bergerak kembali ke aspek mobil kita, yaitu bagaimana merawat serta membersihkan mobil kesayangan di musim hujan.

lampu

Apa sajakah hal-hal itu?  Mari kita simak tips dan trik cerdas berikut agar kita tetap aman berkendara dengan mobil kesayangan di musim hujan:

Jangan langsung menyeka air hujan di body mobil Anda
Air hujan banyak mengandung garam dan butir-butir kotoran halus, karena itu jangan langsung mengelapnya, salah-salah, mobil Anda bisa berkarat atau tergores. Lebih baik basahilah dahulu body mobil Anda dengan air bersih sampai merata. Kemudian cucilah mobil dengan shampoo berbusa rendah, kemudian bilas serta seka mobil Anda.

Jangan biarkan air hujan mengering di body mobil Anda
Membiarkan air  hujan  begitu saja pada body mobil lebih dari 3 hari, akan menyebabkan timbulnya karat, jamur serta noda-noda air yang mengering, karena tingginya kandungan garam serta butir-butir kotoran halus di air hujan tersebut. Kalau Anda benar-benar menyayangi mobil Anda, jangan lakukan hal ini ya.

Bersihkan mobil Anda secara menyeluruh, 
Engsel mobil, tepi bagasi, tepi pintu mobil,  serta tepi kap mesin adalah bagian-bagian yang jangan sampai terlewat saat kita mencuci mobil, karena rentan disusupi air atau kotoran yang dapat menimbulkan karat.  Selain itu, jangan meninggalkan bekas air sehabis mencuci pada body mobil terlalu lama, karena dapat meninggalkan bekas yang sulit dihilangkan.

Bersihkan mobil secara bertahap
Bersihkan mobil anda sebagian dahulu atau separuh setelah selesai, baru lanjutkan ke bagian yang lain. Hal ini bisa membantu mengurangi genangan air yang bisa membuat mobil Anda berbintik-bintik. Hindari pencucian mobil dengan shampoo yang berbusa tinggi, jika tidak terlalu kotor, cukup dengan air saja. Hal ini dikarenakan, pemakaian shampoo mobil secara berlebihan, bisa berakibat buruk untuk cat body mobil Anda.

Semoga tips dan trik ini berguna bagi Anda, mari kita lebih berhati-hati dalam berkendara di musim penghujan ini demi orang-orang tercinta yang menunggu dirumah. Sampai ketemu di tips dan trik berikutnya minggu depan!

Pesan ini dipersembahkan oleh Zurich dan program ZAP 250, karena janji adalah sesuatu yang harus dibuktikan.