• Protect the environment. Think before you print.

Tips & Trik: Sikap Berkendara Aman di Musim Penghujan

07 November 2016

Minggu lalu kita sudah membahas tips dan trik cerdas berkendara aman di musim penghujan. Kali ini kita akan bergerak ke aspek lain diluar mobil kita.

lampu
Minggu lalu kita sudah membahas tips dan trik cerdas berkendara aman di musim penghujan. Masih di topik yang sama, kali ini kita akan bergerak ke aspek lain diluar mobil kita. Karena, tidak peduli sudah seberapa hati-hati kita dalam memeriksa setiap aspek dari mobil kita,  tidak akan ada artinya apabila kehati-hatian itu tidak tercermin dalam sikap kita saat berkendara. 

Di topik kali ini, kita akan membahas bagaimana sikap berkendara yang baik, plus apa yang harus dilakukan apabila kita tidak bisa menghindari situasi tidak menyenangkan saat dikepung oleh genangan air.

Apa sajakah hal-hal itu?  Mari kita simak tips dan trik cerdas berikut agar kita tetap aman berkendara dengan mobil kesayangan di musim hujan:

Jaga jarak aman
Penting untuk menjaga jarak aman kendaraan Anda dengan pengendara lain, karena dibutuhkan jarak aman pengereman yang lebih panjang di saat hujan.  Jika saat cuaca normal jarak aman adalah sekitar 2 meter dengan kendaraan di depan anda, maka saat hujan tambah jarak aman menjadi 3 atau 4 meter  jika dirasa perlu.

Jaga jarak dari kendaraan berukuran besar
Jaga jarak dari dari kendaraan-kendaraan berukuran besar seperti truk atau bus. Cipratan  yang diciptakan oleh ban besar dari kendaraan-kendaraan ini bisa menutupi pandangan Anda, dan itu sangat berbahaya. Akan tetapi, bukan berarti mendahului adalah pilihan yang baik juga,  jangan lakukan kecuali benar-benar perlu dan apabila Anda harus mendahului, pastikan lakukan dengan secepat dan seaman mungkin.

Jangan sembarang menerobos genangan air
Jangan melakukan hal ini, apalagi bila Anda tidak dapat memperkirakan kedalamannya.   Hal ini bisa mengakibatkan kendaraan Anda mogok atau terperosok ke dalam lubang yang mungkin ada di dalam genangan. Bayangkan pengaruhnya pada ban atau suspensi Anda, pastinya bukan risiko yang pantas diambil. Jika Anda melihat genangan air yang luas di depan, sebaiknya Anda memutar atau mencari rute lain. Percikan air ke mesin Anda juga dapat mempengaruhi sistem elektronik internal serta menimbulkan kerusakan yang cukup signifikan.

Apa yang harus dilakukan saat diatas genangan air
Saat Anda berada di atas genangan air, jangan mengerem atau belok tiba-tiba, karena kendaraan Anda bisa tergelincir. Lepaskan pedal gas perlahan dan setir lurus hingga roda mendapat traksi lagi. Jika Anda harus mengerem, tekan sedikit pedal rem Anda untuk mengeringkan air dari rotor Anda (kecuali jika mobil Anda menggunakan rem ABS, maka Anda bisa menekan penuh). 

Jangan melawan arus
Jangan mencoba untuk melawan arus banjir. Anda dapat bermasalah bila berat mobil Anda lebih rendah dari daya arus air yang mengalir. All-wheel drive juga tidak membantu bila mobil Anda terdorong ke samping. Karena itu, tidak peduli seberapa gagahnya  menembus arus terlihat di film-film, bukan berarti mobil Anda sesuai untuk itu juga yah. Ingat, sayangi mobil Anda.

Jangan menghidupkan mesin apabila terjebak banjir
Apabila terjebak banjir dan kendaraan Anda mogok karena air masuk ke saluran pembuangan gas kendaraan Anda, jangan menghidupkan mesin kembali. Lebih baik didorong ke tempat yang aman, karena dikhawatirkan sistem pengapian Anda mengalami korsleting dan dapat membuat kendaran Anda terbakar. Mohon diingat,  tak peduli secanggih apapun mobil tersebut, pada dasarnya, mobil Anda tidak dirancang untuk menahan banjir.

Semoga tips dan trik ini berguna bagi Anda, mari kita lebih berhati-hati dalam berkendara di musim penghujan ini demi orang-orang tercinta yang menunggu di rumah. Sampai ketemu di tips dan trik berikutnya minggu depan!

Pesan ini dipersembahkan oleh: Zurich dan program ZAP 250, karena janji adalah sesuatu yang harus dibuktikan.