• Protect the environment. Think before you print.

Akhir Pekan Mengajak Liburan Anak ke Luar Negeri? Kenapa tidak!

06 Februari 2017

Banyak orang tua berpikir, liburan anak ke luar negeri saat akhir pekan hanyalah angan. Padahal dengan beberapa tips berikut, liburan tersebut bisa jadi nyata.

Orang Tua Mengajak Buah Hati ke Luar Negeri

Momen liburan memang menjadi saat yang paling dinanti oleh semua orang, tak terkecuali si kecil. Kebanyakan orang tua akan mengajak liburan anak ke tempat yang cenderung terjangkau, seperti di dalam kota, apalagi jika hanya menghabiskan waktu saat akhir pekan. Tak hanya jarak yang menjadi alasan, tapi juga alasan tak mau repot yang membuat para orang tua mengajak anaknya untuk menghabiskan waktu di tempat liburan terdekat. Padahal dengan beberapa trik, Anda bisa tetap mengajak anak liburan ke luar negeri meskipun dalam waktu yang cukup singkat.

Ketahui Kondisi Kesehatan Sebelum Liburan Anak Berlangsung

Memang perlu persiapan matang dan juga perencanaan yang detail saat akan mengajak si buah hati ke luar negeri. Paling utama sebelum Anda dan keluarga berlibur adalah kenali dulu apakah anak mampu diajak perjalanan jauh dalam waktu yang singkat. Apakah kondisi kesehatannya memungkinkan. Untuk mengetahui hal tersebut, cobalah untuk mengajak si kecil untuk melakukan check up ke dokter. Siapkan pula vitamin dan obat-obatan pribadi maupun obat untuk penyakit ringan, seperti minyak angin, obat batuk, hingga obat anti mabuk untuk anak. 

Tentukan Destinasi Liburan

Sebagai orang tua pastinya memiliki keinginan tersendiri dalam memilih destinasi wisata. Namun, tetap diskusikanlah bersama keluarga, terutama si kecil, destinasi manakah yang ingin mereka kunjungi, apalagi jika destinasi itu di tempat yang cukup jauh. 

Untuk semakin memudahkan, ambilah peta dan tunjukkan negara yang akan didatangi sebagai destinasi liburan anak, sehingga si kecil dapat memperkirakan jauhnya negara tujuan. Karena tak semua anak kecil paham mengenai ukuran jarak, namun dengan adanya simulasi ini, setidaknya membuatnya paham mengenai negara yang dituju. Jangan lupa untuk menginformasikan kepada anak seputar cuaca yang dihadapi, bahasa yang akan jauh berbeda, serta tata etika yang harus dan jangan dilakukan. 

Transportasi yang Akan Digunakan

Jika Anda sudah menentukan tempat liburan anak manakah yang akan dituju, tugas selanjutnya adalah menentukan transportasi yang digunakan. Pilihlah alat transportasi yang memberikan kenyamanan pada anak. Apakah Anda akan menyewa mobil atau menggunakan transportasi umum. Jika Anda akan menyewa mobil, tanyakan apakah mereka menyewakan car seat atau tidak. 

Sedangkan untuk menggunakan kendaraan umum, negara-negara maju memang menyediakan fasilitas yang cukup mumpuni, mulai dari bus, kereta bawah tanah, hingga bus wisata. Gunakan bus wisata ketimbang kereta bawah tanah. Karena bus dapat memberikan pemandangan luar yang tak akan membuat anak merasa bosan. 

Persiapan Dokumen

Untuk destinasi liburan anak ke luar negeri, diperlukan beberapa dokumen inti seperti paspor dan visa. Sebelum mengajukan visa untuk anak Anda, ketahui terlebih dahulu segala seluk beluk dan juga persyaratan pengajuan visa negara yang akan Anda dan keluarga datangi. 

Agar liburan anak dan Anda dapat terlewati dengan baik, lengkapi segalanya dengan asuransi perjalanan yang dapat memastikan Anda dan keluarga terlindungi. Zurich EaZi Travel menawarkan perlindungan yang lengkap selama dalam perjalanan di luar negeri. Dengan beragam keunggulan, seperti perlindungan kartu kredit, biaya medis hingga USD 100.000, berbagai layanan bantuan 24 jam melalui Zurich HelpPoint, hingga aplikasi perlindungan secara online yang mudah dan instan melalui Zurich Click. 
Jadi tunggu apalagi, persiapkan segala keperluan sebelum liburan anak berlangsung. Untuk keterangan lebih lanjut mengenai Zurich EaZi Travel di sini.