• Protect the environment. Think before you print.

Raup Keuntungan Lewat Bisnis Kopi Indonesia

07 Februari 2017

Indonesia adalah negara penghasil biji kopi berkualitas. Tak heran jika kopi Indonesia menghasilkan rasa lezat dan bisa menjadi komoditi bisnis menjanjikan.

Seiring dengan pertumbuhan ekonomi yang cukup pesat, peluang usaha dan bisnis di tahun ini pun diramalkan akan memiliki prospek yang cukup menjanjikan. Tak dapat dipungkiri bahwa semakin kesini, atmosfer bisnis dengan membuka usaha memang semakin berkembang dengan beraneka macam ide yang semakin kreatif guna memenangkan persaingan.

Bagi seorang yang baru ingin memulai usaha, pastinya pertimbangan modal serta jenis usaha menjadi fokus utama, bagaimana menciptakan sebuah usaha dengan modal yang tak terlalu besar, namun memiliki prospek yang cukup oke. Di antara sekian banyak usaha, mungkin usaha kopi Indonesia bisa menjadi pertimbangan. 

Alasannya, Indonesia adalah salah satu negara produsen dan eksportir kopi terbesar di dunia dengan beragam jenis kopi khusus yang memiliki citarasa berbeda jika dibandingkan dengan varietas lainnya, serta potensi konsumsi kopi masih yang masih tergolong besar dan didukung dengan meningkatnya taraf hidup dan pergeseran gaya hidup masyarakat perkotaan di Indonesia. Hal itu terbukti dari meningkatnya rata-rata konsumsi kopi masyarakat Indonesia yang menyentuh angka 1,2 kg per kapita per tahun. Tak heran jika hal tersebut membuat industri kopi selama beberapa tahun ini terus berkembang. Perkembangan itu juga bisa dilihat dengan tak hanya meningkatnya produksi kopi olahan, tapi juga peningkatan konsumsi kopi domestik yang didukung dengan pola sosial masyarakat dalam mengonsumsi kopi. Hal ini ditunjang dari harga kopi Indonesia yang lebih terjangkau, praktis dalam penyajian, serta keragaman cita rasa yang lebih sesuai dengan lidah masyarakat. Melihat analisis tersebut, rupanya usaha kopi Indonesia cukup menantang untuk dicoba. Lalu, strategi seperti apakah yang harus dilakukan agar usaha bisa berjalan?

Antusias Bisnis kopi Indonesia

Dalam kurun waktu 10 tahun terakhir, bisnis usaha kopi memang sedang mengalami perkembangan. Tak hanya skala warung, tapi juga usaha kopi dengan konsep coffee shop yang menyuguhkan beragam fasilitas. Bahkan beberapa diantaranya menerapkan konsep franchise. Secara kuantitas, memang jumlahnya sudah banyak yang meracik kopi dengan karakteristiknya masing-masing. Namun, pangsa pasar kopi Indonesia (domestik) yang semakin luas, dikarenakan gaya hidup masyarakat Indonesia yang semakin berkembang. 

Hal itu bisa menjadi salah satu barometer bahwa perkembangan bisnis kopi di Indonesia masih sangat terbuka lebar. Karena pergeseran gaya hidup yang secara ekonomis membuat nilai jual kopi menjadi lebih tinggi. Namun, ada beberapa tips yang harus diperhatikan dalam menjalankan bisnis kopi Indonesia, diantaranya pemenuhan standar kualitas tinggi yang meliputi kualitas biji kopi, kualitas layanan, dan juga kualitas penyajian. 

Pengusahanya juga dituntut untuk memiliki ciri khas, mengingat Anda akan berkompetisi dengan banyak pengusaha kopi lainnya dan konsumen berhak untuk memilih kopi Indonesia manakah yang ingin mereka cicipi. Dengan kata lain, pengusaha tidak bisa mengandalkan rasa dari kopinya saja, akan tetapi dalami keinginan pasar yang sesungguhnya. Para pengunjung tak ingin hanya mencicipi citarasa, tapi juga mencari kepuasan akan suasana yang nyaman dan santai. 

Nah, sudah siapkah Anda untuk membuka usaha? Selain memutuskan konsep secara matang, Anda juga perlu mempertimbangkan sistem perencanaan keuangan untuk mengantisipasi beragam risiko di depannya. Zurich Business Guard merupakan produk perencanaan keuangan komprehensif bagi berbagai jenis usaha dan bisnis dengan pertanggungan hingga maksimal Rp 20 milyar. Selain itu, Zurich Business Guard memberikan perlindungan atas beragam risiko yang meliputi harta benda, tanggung jawab yang menyangkut hukum, dan juga jika suatu ketika Anda tidak dapat menjalankan usaha untuk sementara waktu. Ketahui lebih lanjut mengenai perencanaan yang tepat bagi Anda di sini.