• Protect the environment. Think before you print.

Perawatan Mobil: Mencuci Tanpa Air? Bisa!

01 Maret 2017

Perawatan mobil kini dapat dilakukan dengan cara yang ramah lingkungan, yakni tanpa menggunakan air. Selain menghemat, juga berikan manfaat lainnya.

Melakukan perawatan mobil dengan mencuci hingga bersih memang hal yang penting untuk menjaga tampilannya. Namun, pernahkah Anda membayangkan bagaimana dampak kegiatan ini terhadap lingkungan? Menurut Kaady Car Washes dalam Scientific American, dalam satu kali mencuci mobil di rumah dapat menghabiskan sekitar 115 hingga 170 liter air.  Angka tersebut tentu bukan jumlah yang sedikit. Untuk itu, dengan sumber daya air bersih yang semakin menipis, sebaiknya kita menggunakannya dengan lebih bijaksana, bukan?

Perawatan Mobil yang Efisien dan Ramah Lingkungan

Demi menjaga lingkungan agar tetap lestari, kini telah banyak inovasi yang dilakukan. Salah satunya adalah cara perawatan mobil yang memungkinkan Anda untuk mencucinya tanpa menggunakan air. Inovasi ini bukan hanya ramah bagi lingkungan karena menghemat jumlah air yang digunakan dan menggunakan bahan yang biodegradable sehingga dapat terurai dengan mudah dan tidak menjadi limbah permanen. Bagi Anda yang bermukim di apartemen atau lahan yang terbatas, tentu sulit jika harus mencari tempat yang cukup lapang dan sumber air untuk mencuci kendaraan tersebut. 

Sementara itu, melakukan perawatan mobil di tempat pencucian juga bukan solusi yang ramah bagi dompet Anda. Mencuci mobil tanpa air ini dapat menjadi solusi hemat, praktis, dan juga minim risiko.  Beberapa showroom juga lebih memilih perawatan mobil dengan mencucinya tanpa air. Penggunaan sabun dan air secara terus menerus diyakini dapat membuat warna cat menjadi pudar dan mengakibatkan jutaan lubang kecil yang tak kasat mata pada panel mobil. Lama kelamaan, lubang-lubang ini dapat menjadi masalah serius bagi badan mobil Anda serta merusak keindahan tampilan mobil. Akibatnya, Anda akan mengeluarkan biaya lebih untuk melakukan perawatan mobil lebih lanjut seperti mengganti cat.

Lebih Mudah Dilakukan

Mencuci mobil tanpa menggunakan air bukanlah hal yang sulit dilakukan. Anda hanya perlu  menyemprotkan spray khusus yang kini banyak beredar di pasaran. Mungkin, awalnya Anda akan kebingungan dalam memilih kandungan yang tepat. Namun, mulailah perawatan mobil dengan menyesuaikan kandungan dalam spray dengan cat mobil Anda. Setelah menyemprotkan spray ke panel atau badan mobil, Anda hanya perlu mengelapnya dengan kain microfiber yang sedikit tebal. Pemilihan jenis kain ini ditujukan agar ruang di dalam kain dapat menangkap dan mengangkat kotoran yang menempel. Kain yang terlalu tipis justru akan menyebabkan goresan kecil pada panel mobil dan tidak mengangkat kotoran secara sempurna.

Perawatan mobil tanpa air ini memang rasanya sulit dilakukan jika kendaraan penuh lumpur atau berdebu tebal. Dalam kondisi demikian kotor, tentu saja perawatan tersebut tidak efektif dan Anda masih membutuhkan air untuk membersihkannya. Namun, jika mobil Anda hanya ditutupi debu tipis, justru bisa jadi keuntungan sendiri karena mencuci dengan spray ini akan membuat cat lebih awet dan terlihat seperti baru. Pastikan juga Anda membersihkan mobil secara berkala agar kotoran dan debu tidak menjadi noda permanen pada badan mobil. 

Selain memilih perawatan yang tepat, memaksimalkan perlindungan terhadap mobil kesayangan Anda juga perlu dilakukan. Untuk itu, Zurich menghadirkan Zurich Mobil Z yang memberikan perlindungan menyeluruh atas kerusakan/kerugian pada kendaraan karena tabrakan, pencurian ataupun kecelakaan lalu lintas lainnya. Tidak perlu khawatir dengan keadaan tidak terduga yang mungkin terjadi karena Anda akan mendapatkan layanan derek 24 jam dan perbaikan cepat. Selain itu, dengan Zurich Mobil Z, Anda akan diberikan penggantian yang baru sesuai dengan harga beli (berlaku untuk kendaraan baru dan dalam kurun waktu 6 bulan pertama sejak tanggal pembelian) melalui fitur New for Old. Kenali lebih lanjut mengenai perlindungan terbaik bagi kendaraan Anda di sini.