Semakin Canggih, Inovasi Teknologi Ini Dapat Deteksi Bencana Sejak Dini

01 Maret 2017

Cipakan rasa aman dengan mengunduh inovasi teknologi yang dapat mendeteksi bencana sejak dini. Seberapa canggihkah teknologi tersebut?

Sejumlah cara bisa dilakukan untuk mengetahui gejala bencana di suatu wilayah. Selain lebih peka untuk membaca tanda-tanda alam, inovasi teknologi pun dibutuhkan untuk mengetahui risiko alam seperti apakah yang akan terjadi. Apalagi Indonesia dan karakteristik wilayah yang rawan terhadap terjadinya bencana. 
Terjadinya bencana alam di negeri kita memang tidak dapat dicegah, namun masyarakat bisa meminimalisir kerugian yang diakibatkan, baik kerugian berupa materi maupun jiwa. Di sinilah peran inovasi teknologi dalam menghadapi bencana. Mengingat secara klimatologis dan geologis, Indonesia terletak di wilayah rawan. Tujuannya dari adanya inovasi teknologi berbasis aplikasi ini nantinya adalah agar Anda dapat dapat tinggal dan beraktivitas dengan aman.

Inovasi Teknologi Tepat Lindungi Anda

Mengerti kebutuhan masyarakat akan inovasi teknologi terhadap penanggulangan bencana, Zurich mewujudkan sebuah aplikasi untuk memudahkan Anda mengakses beragam informasi. Kini dengan smartphone, Anda dan lebih dari 130 juta pengguna lainnya di Indonesia, dapat melindungi orang yang dicintai dengan aplikasi Zurich Alert atau  Z-Alert. Z-Alert merupakan mobile application yang dapat di download secara gratis, sehingga warga Jakarta dapat mengakses informasi ter-update dan lengkap terkait bencana seperti banjir, kecelakaan lalu lintas, kebakaran, pemadaman arus listrik, serta kecelakaan atau bencana lainnya. 

Jika terjadi bencana, nantinya pengguna secara otomatis juga akan menerima notifikasi berupa peringatan lengkap dengan lokasi dimana bencana terjadi termasuk jarak pengguna dari lokasi bencana, bahkan kedalaman air banjir, sehingga dapat meminimalisir risiko kerugian akibat bencana secara signifikan. Sebagai contoh, dengan sistem peringatan dini yang dimiliki Z-Alert, risiko kerugian yang diakibatkan banjir berupa kerusakan kendaraan bermotor dapat direduksi hingga 50% dan kerusakan properti lebih dari 25%. Bahkan jika kendaraan Anda rusak di perjalanan, Anda dapat mencari bengkel terdekat lewat aplikasi ini. 

Pengaplikasiannya pun sangat mudah, sederhana, dan gratis. Anda hanya perlu mendownload aplikasinya, melakukan proses registrasi, dan masukkan beberapa tempat yang ingin Anda pantau. Nantinya, aplikasi ini akan mengirimkan peringatan dini jka terjadi risiko di tempat yang telah Anda daftarkan. Tak hanya itu, Anda juga akan mendapatkan saran tentang cara perlindungan jiwa serta pada properti. Agar semakin memaksimalkan penggunaannya, Zurich terus melakukan inovasi terhadap aplikasi Z-Alert kepada warga sekitar Jabodetabek agar penggunaannya serta penggunaan informasi yang semakin luas.

Akurasi Informasi yang Dapat Diandalkan

Untuk memaksimalkan kegunaan informasi bagi penggunanya, Z-Alert akan memanfaatkan konektivitas media sosial yang tinggi di Jakarta. Aplikasi ini akan mengakurasi informasi dari media sosial dan berita online, memeriksa dan memastikan kebenaran informasi tersebut untuk kemudian disebar melalui sistem peringatan berbasis peta yang mudah digunakan. Bayangkan jika terjadi banjir di suatu wilayah di Jakarta, pengguna Z-Alert  akan menerima peringatan dini dari ponsel mereka, sehingga mereka bisa menghindari daerah banjir tersebut, serta memperingatkan keluarga di rumah supaya tidak melewati lokasi itu.

Tujuan dari adanya pengembangan aplikasi ini tak hanya memudahkan para pengguna untuk mendapatkan kondisi terkini mengenai beragam risiko yang terjadi di Jakarta dan sekitarnya, tapi juga beragam informasi produk asuransi terkini dari Zurich. Inovasi Teknologi penanggulangan bencana ini kini telah siap Anda unduh pada smartphone berbasis android dan juga iOS. Jadi tunggu apa lagi, unduh sekarang dan jadilah orang pertama yang mengetahui beragam informasi terkini hanya dalam satu genggaman. Untuk mengetahui informasi selengkapnya mengenai inovasi teknologi berbasis aplikasi yang satu ini, Anda dapat melihatnya di sini