• Protect the environment. Think before you print.

Yuk, Dapatkan Untung dengan Mulai Wirausaha Daur Ulang Sampah!

12 Maret 2017

Ketahui trik usaha daur ulang sampah agar bisa terus berkembang dan mendulang untung

banner-daur-ulang

Sampah, apa yang ada dalam benak Anda ketika mendengar kata yang satu ini? Pastinya terlintas perasaan jijik. Namun siapa sangka, jika dibalik keberadaannya yang dianggap sebelah mata, bisnis yang satu ini dapat menjadi peluang usaha yang menguntungkan. Bayangkan saja, dengan memanfaatkan sumber daya yang tersedia secara bebas di sekitar kita, bisnis ini bisa tetap eksis. Lalu sampah apa saja sih yang bisa didaur ulang?

Daur ulang sampah yang bisa dilakukan adalah sampah plastik dan juga Styrofoam. Kedua jenis sampah ini memang sangat sulit untuk terurai. Untuk plastik misalnya, membutuhkan waktu hampir satu abad untuk dapat terurai sempurna oleh alam. Oleh karena itu, diperlukan proses penggilingan sampah plastik. Proses ini merupakan bagian terpenting dalam sistem daur ulang sampah sekaligus  menjadi jembatan agar sampah plastik nantinya bisa dimanfaatkan.

Prospek Bisnis Daur Ulang Sampah

Bisnis daur ulang sampah plastik memang bukanlah bisnis baru. Namun, potensi bisnis ini begitu menggiurkan untuk dijalani. Bayangkan saja, dengan sumber daya yang sangat mudah untuk didapatkan, namun setelah diolah menjadi biji plastik yang nilainya semakin tinggi. Sebagai gambaran, jika sampah plastik dijual bernilai Rp 3.000 / kg dan setelah diolah menjadi biji plastik nilainya akan semakin meningkat. Bayangkan saja dengan hasil berton-ton, berapa banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan. Usaha pengolahan plastik memang begitu meggiurkan, maka tak heran jika bisnis ini memiliki prospek yang cukup bagus di masa mendatang. Tidak hanya menguntungkan dari segi ekonomi saja, melainkan bagi lingkungan.  

Langkah Pertama Memulai Usaha 

Mungkin bagi Anda yang baru memulai bisnis, langkah yang satu ini bisa jadi langkah tersulit. Karena selain Anda harus mulai memikirkan ide bisnis, Anda juga diharuskan untuk mencari tahu dimanakah Anda bisa mendapatkan bahan baku limbah plastik yang nantinya akan diolah. Selanjutnya, adalah memilih mesin yang dapat berdaya guna serta menghasilkan cacahan plastik yang berkualitas. Proses penggilingan bisa dikatakan sebagai langkah penting dalam proses daur ulang sampah plastik. Karena pada langkah inilah yang menentukan agar sampah tersebut bisa bermanfaat kembali. 

Langkah selanjutnya yang harus Anda pikirkan adalah mengetahui jenis limbah plastik yang paling laku. Ada beberapa jenis plastik yang populer di sekitar kita, seperti plastik PE atau polietilena, yaitu merupakan jenis plastik yang tahan terhadap segala jenis zat cair serta plastik jenis polipropilenia yang terbuat dari fiber glass. Kedua jenis itulah yang nantinya akan menghasilkan limbah terbaik dan laku di masyarakat. Selanjutnya untuk tempat usaha, jika Anda memiliki lahan yang cukup luas, Anda dapat memanfaatkan lahan tersebut sebagai gudang tempat penyimpanan hasil biji plastik sekaligus tempat untuk menjalankan usaha pengolahan limbah plastik. 

Dalam hal bisnis, masalah modal dan perencanaan keuangan memang tak akan pernah terlupa. Karena keduanya menjadi tombak kelangsungan usaha. Oleh sebab itu, lindungi usaha yang telah Anda bangun dengan perencanaan keuangan dari Zurich. Zurich Business Guard merupakan produk asuransi komprehensif untuk segala jenis usaha dengan nilai pertanggungan hingga maksimal Rp 20 milyar. Tersedia dengan tiga jenis jaminan yang dapat disesuaikan dengan segala kebutuhan Anda, Zurich Business Guard dapat disesuaikan dengan tingkat kebutuhan Anda. Beragam manfaat pun bisa Anda nikmati, diantaranya pertanggungan atas segala kerugian yang diakibatkan oleh risiko, perlindungan terhadap biaya kompensasi terhadap pihak ketiga atas cidera tubuh atau kerusakan harta benda, hingga bilamana jika Anda tak dapat menjalankan usaha untuk sementara waktu. Karenanya, segera berikan perlindungan maksimal pada bisnis Anda dengan asuransi yang lengkap di sini.