• Protect the environment. Think before you print.

5 Cara Menghemat Uang Bagi Pengantin Baru

03 April 2017

Bangun kehidupan rumah tangga yang aman dan menentramkan dengan cara menghemat uang berikut ini.

humbnail

Pernikahan tidak hanya menyatukan dua hati, tetapi juga dua pikiran. Begitu juga dalam membuat perencanaan keuangan, segalanya harus dipikirkan bersama termasuk cara menghemat uang. Mengelola keuangan saat lajang dan menikah sangatlah berbeda. Hal itu lah yang membuat banyak pasangan baru akan merasa bingung ketika berbicara dan mengatur keuangan pasca pernikahan. Sebab setelah menikah, banyak perubahan yang terjadi tak hanya pada pola pikir, tapi juga prioritas. Segeralah susun langkah selanjutnya, salah satunya dengan melakukan manajemen keuangan. Lalu, bagaimana cara menghemat uang yang tepat?

Cara Menghemat Uang dengan Menetapkan Prioritas

Cobalah untuk membicarakan tentang keuangan serta target yang akan Anda capai bersama pasangan. Memang patut diakui bahwa uang dapat menjadi topik pembicaraan yang membuat canggung dan bersifat personal, namun hal ini cukup penting untuk dibicarakan.

Carilah momen yang tepat untuk membicarakannya, misalnya sesaat setelah pulang dari bulan madu atau saat senggang di akhir pekan. Aturlah waktu, bicaralah dengan santai bersama pasangan Anda. Ambil buku catatan beserta dokumen keuangan Anda. Segera mulailah membicarakan manajemen keuangan yang diyakini dapat membawa Anda menuju rumah tangga yang mapan dan bebas rasa khawatir.

Cara Menghemat Keuangan dengan Pola Perencanaan

Jika sebelum menikah Anda memiliki pemasukan dan pengeluaran masing-masing, maka setelah menikah Anda akan memiliki pemasukan dan pengeluaran bersama. Diskusikan bersama pasangan mengenai perencanaan keuangan tersebut, mulai dari berapa pemasukan serta pengeluaran bersama dalam satu bulan dan juga pola atau pembagian pengeluarannya. Misalnya, gaji suami akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan pokok bulanan, sedangkan keuangan istri digunakan untuk membiayai hal yang sifatnya sekunder atau sebagai pelengkap.

Pengaturan ini sangat penting untuk dilakukan dalam merencanakan masa depan yang sejahtera. Selain untuk mengetahui arus pengeluaran, juga untuk menghindari perselisihan atau kesalahan persepsi dalam hal pembagian tugas dalam membiayai pengeluaran keluarga.

Memiliki Sistem Pengontrol Keuangan

Cara menghemat uang yang selanjutnya adalah menggunakan sistem pengontrol uang. Umumnya, sistem keuangan yang satu ini seringkali diabaikan oleh banyak keluarga. Padahal sistem pengendali keuangan ini berperan ekstra dalam menentukan mana biaya yang akan menjadi prioritas dan pengeluaran mana yang tidak wajib untuk dipenuhi. Selain itu, cara ini juga cukup ampuh untuk menjaga kesehatan keuangan Anda.

Cara Menghemat Uang dengan Menabung

Berbeda halnya dengan investasi, menabung merupakan langkah cerdas dalam meminimalisir pengeluaran secara signifikan. Menabung bisa dikelompokan menjadi menabung untuk masa depan, menabung untuk hari tua, menabung untuk masa-masa sulit, dan juga untuk membeli kebutuhan yang cukup besar di kemudian hari. Cobalah untuk kelompokan uang Anda menjadi beberapa kebutuhan tersebut. Jika perlu, daftarkan diri untuk mengikuti tabungan berjangka yang penarikannya dilakukan secara debet otomatis dari gaji bulanan. Sehingga Anda tak perlu lupa atau effort lebih menyisihkan uang ke bank.

Asuransi Sekaligus Berinvestasi

Alokasikan dana Anda untuk menciptakan sebuah investasi sekaligus asuransi sebagai cara menghemat uang yang selanjutnya. Secara umum, investasi di awal pernikahan merupakan salah satu langkah cerdas untuk mendapatkan keuntungan dalam mengarungi kehidupan berumah tangga. Sedangkan asuransi dapat menjadi jaminan ketetapan keuangan. Karena saat terjadi risiko, pihak asuransi telah memproteksi semuanya.

Salah satu bentuk perlindungan sekaligus investasi adalah Zurich Protection & Benefit 8 atau yang disingkat dengan Pro-Fit 8. Pro-Fit 8 merupakan produk dwiguna (endowment) persembahan dari Zurich yang menyediakan manfaat ganda. Manfaat yang dapat Anda peroleh berupa pengendalian dana yang dijamin (guaranteed cash back) dari hasil investasi yang potensial untuk membantu Anda merencanakan masa depan yang lebih baik. Dengan bergabung bersama Pro-Fit 8, Anda berhak untuk memperoleh beragam benefit, seperti jaminan cash back yang menambah investasi hingga maksimum 120%, hasil investasi yang potensial untuk meningkatkan dana masa depan, perlindungan jiwa, dan beragam manfaat yang bisa Anda dapatkan disini.

Tak ada salahnya menerapkan cara menghemat keuangan untuk masa depan yang lebih baik. Intinya untuk menciptakan situasi finansial yang stabil untuk kehidupan pernikahan Anda dan pasangan.