Bisnis Internasional: Perhatikan 4 Hal Berikut Sebelum Memulai Ekspor

05 April 2017

Membangun usaha lokal hingga menjadi bisnis internasional menjadi tantangan tersendiri. Sebelum memulainya, simak 4 aturan berikut ini.

Pria Membuat Perencanaan Bisnis Internasional
Saat ini banyak sekali perusahaan yang tak hanya memusatkan penjualan mereka di sektor domestik saja. Untuk meraup untung yang lebih banyak, memperluas jangkauan pasar, dan menjadi perusahaan domestik yang mapan, banyak usaha yang menjajal peruntungan dengan merubah strategi bisnisnya menjadi bisnis internasional. Demi memperoleh label internasional, cara yang ditempuh pun beraneka ragam, mulai dari mengikuti pameran, hingga menitipkan barang produksinya kepada kerabat yang tinggal di luar negeri.
Bagi Anda pelaku bisnis yang ingin melebarkan sayapnya menuju pasar internasional atau pasar eksport, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menghindari beragam risiko yang mungkin saja dialami. Risiko tersebut dapat terjadi karena pemerintah yang tak stabil, fluktuasi mata uang, biaya komunikasi dan biaya adaptasi, hingga risiko lainnya. Agar pemasaran Anda dapat melalui beragam hambatan, berikut adalah strategi pemasaran yang dapat Anda terapkan.
 

Perhatikan Mutu Produk Sebelum Memulai Bisnis Internasional

Sebelum Anda memulai bisnis internasional, perhatikan kualitas produk agar sesuai dengan mutu yang ada di pasar internasional. Banyak perusahaan lokal yang menggunakan strategi melalui pendekatan situation driven atau pendekatan situasi yang berdasarkan budaya, kependudukan, dan kondisi pasar. Suatu produk yang cocok di suatu daerah belum tentu cocok di negara lainnya, hal itu bisa saja disebabkan oleh budaya dan gaya hidup. Jadi, produk yang nantinya Anda tawarkan harus disesuaikan dengan selera, mutu, dan keinginan dari pembeli lokal. Untuk mengecek apakah produk Anda telah sesuai dengan standar internasional, biasanya Anda diharuskan untuk melalui beberapa tes dan mengantongi surat izin industri dari pihak yang bersangkutan.

Memahami Aturan Ekspor Impor

Salah satu permasalahan yang seringkali dihadapi oleh para pelaku bisnis internasional adalah kurangnya pemahaman terhadap beberapa aturan ekspor impor, baik di negara asal maupun negara tujuan dagang. Sangat penting bagi Anda untuk mendalami peraturan di negara tujuan ekspor guna mengetahui produk apa saja yang boleh dan tidak boleh masuk ke negara tersebut. Sehingga para pelaku bisnis tidak akan salah memilih calon buyer, sehingga kerja sama ekspor impor dapat berjalan dengan lancar.

Ketahui Prosedur Teknis

Sebagai pelaku bisnis internasional penting untuk mengetahui prosedur mengenai teknis yang perlu untuk dijalankan para eksportir. Mulai dari prosedur administrasi yang harus dilengkapi, peralatan serta perlengkapan, prosedur bea cukai, hingga prosedur pembayaran yang biasa digunakan. Persiapkan pula dokumen, agar produk yang telah siap dikirim tak tertahan karena dokumen yang kurang lengkap.

Jangan lupa untuk melengkapi bisnis internasional Anda dengan asuransi sebagai salah satu prosedur perlindungan. Zurich mempersembahkan asuransi Tanggung Gugat Produk yang dapat memberikan jaminan dalam hal tanggung jawab hukum Tertanggung kepada pihak ketiga atas cedera badan atau kerusakan harta benda yang disebabkan oleh sifat, kondisi, atau kualitas produk yang dihasilkan. Tak hanya manfaat perlindungan, asuransi Tanggung Gugat Produk memberikan jangka waktu berlakunya polis yang fleksibel, besaran premi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan, serta manfaat lainnya yang bisa Anda dapatkan di sini. 

Hindari Risiko Perubahan Nilai Tukar yang Merugikan


Suatu perusahaan berbasis bisnis internasional akan mendasarkan kegiatan bisnisnya pada pertimbangan perubahan nilai tukar di suatu negara. Hal ini dilakukan untuk menghindari risiko kerugian karena melemah atau menguatnya nilai tukar yang tak stabil (volatile of exchange rate). 

Fluktuasi nilai tukar menimbulkan risiko signifikan terhadap daya saing perusahaan di pasar luar negeri. Di saat mata uang negara tujuan melemah, maka usaha para pelaku bisnis inernasional pun akan ikut melemah. Sebagai jalan keluarnya, lakukan penyesuaian permintaan negara tujuan. Hal ini perlu dilakukan untuk mengurangi beragam pengeluaran dan juga biaya perawatan. Selain itu, jalan keluar lainnya adalah eksportir atau pengusaha mesti mencermati situasi perekonomian global terkini.
Sebelum memulai bisnis internasional, pahami segala tata aturan serta temukan trik terbaik agar dapat menembus pasar. Perhatikan pula kualitas serta pilihlah asuransi tepat yang dapat memberikan jaminan ketenangan.