• Protect the environment. Think before you print.

Cara Mudah Mengetahui Kondisi Mesin Mobil

05 April 2017

Tak mudah memang untuk mendiagnosis masalah pada transmisi. Tapi setidaknya, Anda bisa mengetahui sinyal kerusakan dini dengan cara berikut ini.

ketahui-kondisi-mobil-cover

Tak selamanya mesin mobil memiliki kondisi prima. Terkadang ada saja permasalahan yang harus segera ditangani. Tak banyak orang menyadarinya, padahal diam-diam mobil Anda telah menunjukkan sinyal kerusakan mesin, terlebih jika Anda jarang melakukan pengecekan berkala.

Untuk itu, Anda perlu mengetahui cara untuk mendeteksi kerusakan pada mesin mobil. Tujuannya agar Anda dapat melakukan perbaikan sejak dini, sehingga kerusakan tidak menjadi semakin parah dan terjadi hal-hal yang tak diinginkan.

Tanda Mesin Mobil Bermasalah lewat Lampu Check Engine

Cara Mudah Mengetahui Kondisi Mesin Mobil 2

Menyalanya lampu check engine menjadi pengingat awal jika adanya kerusakan pada sistem kerja mesin. Hanya saja, cahaya lampu check engine bisa menjadi pertanda adanya kerusakan di bagian lainnya. Oleh karena itu, saat lampu menyala, cobalah untuk mengecek keadaan mobil secara menyeluruh. Biasanya pada mobil keluaran baru, telah dilengkapi dengan sensor pada seluruh bagian mesin. Jika nanti terjadi kesalahan pada sistem tertentu, bagian ini akan mengirimkan informasi ke komputer. Dalam kasus kerusakan mesin mobil, sensor dapat mengenali getaran dan mengidentifikasi masalah lebih dulu dari yang Anda rasakan ketika mengemudikan mobil. Jika sudah merasakan keanehan dari mobil yang Anda kendarai, segera lakukan pengecekan.

Asap Putih pada Knalpot


Asap putih yang dihasilkan mobil Anda tak selalu berkaitan dengan kerusakan pada mesin mobil. Hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah asap yang keluar ataukah uap air. Pada saat udara dingin, knalpot memang sering mengeluarkan uap air dari knalpot dan itu termasuk ke dalam kondisi normal. 

Biasanya, asap putih akan keluar ketika mesin berada pada putaran tinggi. Untuk mengetesnya, saat mobil dalam kondisi idle, cobalah untuk injak dalam pedal gas. Jika asap putih dan bau oli terbakar yang muncul, maka ada indikasi sebagian oli mesin masuk ke ruang bakar. Hal itu disebabkan karena ring piston atau seal katup yang sudah aus dan perlu untuk diganti.

Kebocoran Cairan Transmisi


Bocornya cairan transmisi bisa dibilang menjadi masalah yang mudah untuk dideteksi. Untuk mobil matic, cairan transmisi ini sangat vital untuk kemampuan pertukarangear, jadi sedikit saja ada kebocoran pada mobil matic bisa menimbulkan masalah yang serius. Untuk mendeteksinya, pada kondisi normal warna cairan transmisi pada mobil matic berwarna merah terang, bersih, dan berbau sedikit manis. Sedangkan oli transmisi yang harus segera diganti berwarna gelap dan berbau terbakar. 

Untuk mesin mobil manual, pengecekan cairan transmisi tak semudah membuka kap mesin lalu menarik dhipstcik. Namun, Anda membutuhkan tenaga ahli untuk membuka kotaknya secara langsung. 

Mencium Bau Terbakar dari Mesin Mobil


Jika Anda pernah mengalaminya, hal ini bisa disebabkan karena mesin mengalami overheating, sehingga perlu diberi pelumas. Fungsi pelumas pada dasarnya tidak hanya membantu melancarkan pergerakan komponen, tapi juga menjaga stabilitas suhu komponen. Beberapa kendaraan bahkan telah dilengkapi dengan mini-radiator yang berguna untuk mendinginkan pelumas. 

Mengetahui tanda kerusakan dini pada mesin mobil sebenarnya belumlah cukup untuk melindungi mobil. Lengkapi perawatan kendaraan mobil Anda dengan asuransi komprehensif yang dapat memberikan perlindungan optimal. Zurich Action and Promises 250 adalah sebuah program di mana Anda dapat menguji komitmen Zurich untuk menjamin perlindungan lengkap untuk kendaraan Anda. Perlindungan tersebut meliputi, layanan derek, perbaikan yang menyeluruh dalam waktu 24 jam kerja, klaim kehilangan total hingga pada kerusakan total. Segera temukan keistimewaannya di sini, agar kendaraan Anda selalu bekerja secara maksimal.