• Protect the environment. Think before you print.

Ketahui Sistem Pendidikan Sebelum Mendaftarkan Anak Sekolah

10 April 2017

Temukan sistem pendidikan yang tepat untuk si kecil untuk masa depan yang maksimal kelak

banner-sistem-pendidikan

Tak dapat dipungkiri bahwa pendidikan adalah investasi jangka panjang untuk kesuksesan anak di masa mendatang. Oleh karena itu, tak heran jika setiap orang tua mendambakan sistem pendidikan yang terbaik untuk anaknya. Biaya yang mahal tak selamanya bisa menentukan kualitas sekolah. Dewasa ini, memilih sekolah tak hanya cukup fasilitas apa yang dimiliki, tapi juga sistem pendidikan apa yang akan dipilih dan juga beberapa pertimbangan lain yang tak boleh terlewatkan, karena hal ini akan memberikan dampak yang besar bagi pertumbuhan dan kecerdasan si anak. Di Indonesia, ada banyak layanan pendidikan yang mengacu pada sistem pendidikan berbeda untuk setiap pilihan. Beberapa pilihan tersebut diantaranya sistem pendidikan nasional, sistem pendidikan nasional plus, UK Cambridge, dan International Baccalaureate.

Tentunya menentukan perjalanan pendidikan secara tepat berdasarkan kesesuaian sistem dengan kebutuhan anak akan memberikan dampak yang luar biasa pada pengembangan akademis dan juga sosial si anak. Kelak, kedua hal tersebut sangat bisa dijadikan kunci keberhasilan di masa depannya. Namun, selain memilih pendidikan berdasarkan sistemnya, ada beberapa hal yang tidak kalah penting untuk dipertimbangkan. 


 
Sistem Pendidikan Holistik dan Terpadu

Orang tua sudah seharusnya mempertimbangkan perjalanan pendidikan mana yang memberikan perkembangan pada potensi yang dimiliki anak, baik dari segi kecakapan akademis maupun sosial secara utuh dan menyeluruh. Untuk itu diperlukan sistem pendidikan holistik yang dilakukan berdasarkan pemahaman untuk memenuhi kebutuhan esensial anak yang beragam dan saling berkait secara simultan dan sistematis. Sistem pendidikan holistik ini mengintegrasikan segala aspek dan nilai-nilai dalam pendidikan yang meliputi nilai moral, nilai etika, religious, psikologis, hingga nilai sosial yang menyeluruh. Dengan kompleksitasnya dalam menjangkau berbagai aspek yang diperlukan anak, sistem pendidikan ini akan mampu memenuhi kebutuhan buah hati dalam perkembangan pikirannya. 



Jalur Pendidikan

Anda harusnya sudah jeli dalam menentukan jalur pendidikan mana yang tepat dan sesuai kebutuhan serta potensi anak. Terlebih lagi, pertimbangan mengenai jalur pendidikan ini pun  dapat memfasilitasi anak dalam meraih kesempatan berprestasi, baik dari skala nasional hingga internasional. Dengan kualifikasi pendidikan yang diakui secara internasional, tentunya memberikan kesempatan dan peluang yang lebih besar bagi buah hati Anda diterima di perguruan tinggi terbaik. Baik itu perguruan tinggi di dalam, maupun luar negeri. Ditambah lagi dengan persaingan tenaga kerja yang kini semakin ketat mengharuskan anak-anak Indonesia untuk mampu bersaing secara internasional.


 
Kurikulum

Kurikulum dinilai penting karena berkaitan dengan kecakapan anak dalam menguasai bidang pendidikan. Pada umumnya, sekolah di Indonesia, baik swasta dan negeri, menerapkan kurikulum pendidikan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Namun, ada juga beberapa sekolah yang menerapkan kurikulum yang diadopsi dari luar yang telah dicanangkan oleh pemerintah. Untuk itu, informasi mengenai hal ini perlu diperhatikan oleh orang tua. Pilihlah kurikulum yang tak hanya terbatas pada kemampuan akademis semata, tapi juga mengedepankan keterampilan dan pengembangan karakter. Lebih penting lagi, ukurlah kemampuan Anak dalam memilih kurikulum pendidikannya. 


 
Fleksibilitas

Kebutuhan pendidikan dan kecerdasan yang dimiliki setiap anak berbeda. Butuh perlakuan yang tepat terhadap anak untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Dalam hal ini, orang tua perlu mempertimbangkan apakah perjalanan pendidikan tersebut memberikan arahan yang tepat terhadap masa depannya berdasarkan minat dan bakatnya. Fleksibilitas itu tak hanya terbatas pada pemilihan sistem pendidikan apa yang sesuai dengan minat mereka, tapi juga fleksibel dalam memilih bidang studi dan spesialisasi. 


 
Sesuaikan dengan Kemampuan Finansial

Sebagai orang tua, tentunya ingin memberikan sistem dan fasilitas belajar yang terbaik bagi anak. Tapi jangan lupa, perhatikan kemampuan finansial Anda. Hitung semua biaya sekolah secara rinci. Mulai dari uang pendaftaran, uang iuran setiap bulan, biaya buku, baju seragam, hingga biaya tahunan ekstra dan lain sebagainya. Sesuaikan biaya dengan kemampuan finansilal Anda. Ingat, sekolah yang mahal belom tentu bagus dan juga sebaliknya. 

Agar segalanya lebih terjamin, Anda dapat memilih asuransi komprehensif seperti Protection Ziaga Jiwa BMI  untuk memastikan agar keluarga Anda dapat tetap menjaga kualitas hidup sekalipun terjadi risiko terhadap diri Anda, sehingga masa depan keluarga tetap terjamin. Istimewanya, Protection Ziaga Jiwa BMI memiliki masa perlindungan yang dapat disesuaikan hingga tertanggung hingga 80 tahun, pilihan cara pembayaran yang fleksibel, dan juga uang pertanggungan hingga Rp 30 milyar. Ketahui segala keistimewaan dari asuransi ini lebih lanjut di sini.