• Protect the environment. Think before you print.

Persaingan Bisnis? Simak Tips Ini untuk Dapat Bersaing

08 April 2017

Kondisi persaingan antar pebisnis yang semakin komplek menuntut Anda untuk menciptakan beragam inovasi agar dapat tetap eksis

banner-persaingan-bisnis

Seiring dengan melonjaknya jumlah pebisnis tentunya meningkatkan persaingan bisnis yang juga semakin ketat. Bahkan saat ini, kondisi persaingan antar pebisnis sudah semakin komplek, sehingga Anda dituntut untuk menciptakan inovasi baru agar tetap eksis. 

Datangnya pesaing tidak selalu memberikan dampak negatif. Justru sebaliknya, adanya persaingan bisnis membuat Anda lebih produktif serta lebih dapat meningkatkan kemampuan yang akan berdampak pada kuatnya lini bisnis yang Anda miliki. 

Nah, bagi Anda yang sedang menghadapi hal ini atau sedang bersiap menanti pesaing baru, berikut ini adalah trik yang dapat Anda aplikasikan agar usaha tetap eksis dan berkembang ke depannya.

Membuat Inovasi Produk untuk Menghadapi Persaingan Bisnis

Dalam hal ini Anda harus menciptakan sebuah alasan kenapa konsumen harus membeli produk yang Anda miliki. Baik berupa inovasi pada produk atau menciptakan produk baru yang unik dan menarik. Trik ini salah satu yang cukup efektif, sehingga produk baru yang Anda buat memiliki pasar tersendiri. Sehingga Anda pun juga dapat mempunyai lahan pasar yang baru dengan adanya produk baru tersebut. 


 
Selain menciptakan produk yang baru, Anda juga dapat mengembangkan produk yang sudah Anda punyai menjadi produk yang lebih baik lagi.  Dalam hal ini bisa Anda tingkatkan lagi untuk kualitas produk, mempercantik kemasan, dan memperbaharui bentuk produk yang sudah Anda punyai. Tentu saja hal ini bukan hanya untuk produk barang saja, tetapi juga berguna untuk produk jasa yang Anda usahakan.

Tingkatkan Kualitas Produk

Untuk memenangkan persaingan bisnis selanjutnya adalah dengan meningkatkan kualitas produk. Lewat kualitas para pebisnis menentukan harga jual produk. Karena itulah, disini anda harus pintar-pintar menekan biaya ketika ingin meningkatkan kualitas. Meningkatkan kualitas ini sangat erat kaitannya dengan kelebihan, karena kualitas yang meningkat otomatis juga akan menambah kelebihan yang dimiliki oleh produk anda.



Tapi ada banyak bagian kualitas yang dapat Anda tingkatkan, selain harus memperhitungkan dampaknya terhadap harga, Anda juga harus mempertimbangkan bagian mana yang harus Anda tingkatkan terlebih dahulu, cobalah untuk mendahulukan bagian yang krusial terhadap minat konsumen.

Perluas Pasar dan Bangun Merk


 
Cara memenangkan persaingan bisnis yang berikutnya adalah dengan memperluas pangsa pasar dan membuat merk dagang Anda dikenal oleh masyarakat luas. Dalam merencanakan strategi ini Anda harus benar-benar jitu dalam menentukan pangsa pasar yang potensial. Jika diperlukan, Anda dapat membentuk proteksi hukum terhadap fitur atau aspek pada produk melalui mer dagang terdaftar (registered trademark). Hak-hak properti intelektual ini memberikan jaminan perusahaan dapat berinvestasi dengan aman dalam merk yang dikembangkannya.

Pemasaran dan Perlindungan yang Tepat


 
Trik persaingan bisnis sekanjutnya yang tak boleh Anda lupakan adalah bagaimana Anda dapat memasarkan produk tepat sasaran. Pemasaran yang tepat dan efektif dan efisien jelas akan mempermudah dalam mengenalkan produk kepada konsumen. Alhasil akan meningkatkan penjualan. 

Dalam menghadapi persaingan bisnis tak hanya berhenti sampai di situ saja. Anda membutuhkan perlindungan komprehensif untuk usaha Anda. Zurich Business Guard merupakan produk paket yang komprehensif bagi jenis usaha toko, fasilitas penginapan, fasilitas kesehatan, kantor, restoran, dan sarana pendidikan dengan nilai pertanggungan hingga Rp 20 milyar. 

Keistimewaan lainnya yang dapat Anda nikmati dari Zurich Busniness Guard adalah tersedia dengan tiga jenis jaminan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan, serta jaminan untuk membayar kompensasi terhadap pihak ketiga yang diakibatkan oleh operasional usaha Anda. 

Jadi sudah siapkah Anda untuk meghadapi persaingan bisnis dengan kompetitor lainnya? Bukan tak mungkin usaha Anda dapat menjadi yang terbaik di pasarnya. 

Baca juga: Produk Asuransi Jiwa Zurich