• Protect the environment. Think before you print.

Tidak Harus Ke Gym, Lakukan Olahraga Ringan Ini dari Meja Kerja

05 April 2017

Siapa bilang meja kerja hanya untuk melakukan segala tugas? Lebih dari itu, ada beberapa olahraga ringan yang bisa dilakukan dari meja kerja Anda.

olahraga di kantor

Sibuk selalu menjadi alasan utama orang untuk tidak berolahraga. Padahal, untuk sekadar aktif bergerak tak perlu ke gym dan Anda bisa melakukan olahraga ringan tanpa harus beranjak dari meja kerja. Memang, intensitasnya tidak seperti running ataupun melakukan gerakan fitness yang high impact. Tapi setidaknya cukup membantu untuk meregangkan otot dan memecah kejenuhan.

Tubuh manusia tidak didesain untuk duduk selama 12 jam dalam sehari. Itulah sebabnya, terlalu banyak duduk akan mendatangkan beragam penyakit. Menurut penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan di Medical College of Wisconsin di Amerika Serikat menyatakan, terlalu lama duduk dapat memengaruhi kesehatan jantung. Di sisi lain, kemampuan tubuh untuk merespons insulin pun semakin melambat yang berakibat pada penyakit kardiovaskular, diabetes, hingga kematian dini.

Oleh karena itu, para peneliti menganjurkan untuk melakukan olahraga setidaknya 15 menit dan lakukan secara perlahan, sedikit-demi sedikit, dan lakukan secara rutin. Gerakan sederhana yang Anda lakukan dapat berperan meningkatkan kadar oksigen dan aliran darah ke otot, sehingga Anda merasa lebih sehat dan lebih siap mengerjakan pekerjaan selanjutnya. Nah, olahraga ringan apa saja yang bisa Anda lakukan dari meja kerja?

Olahraga Ringan Chair Dips

Olahraga ringan yang satu ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan kursi kerja Anda. Caranya sangat mudah, letakkan kursi di belakang Anda. Lalu, dengan posisi membelakangi kursi, peganglah lengan kursi dengan kedua tangan. Ambil posisi yang nyaman saat pegangan, kemudian dengan lutut ditekuk, naik turunkan tubuh Anda. Lakukan gerakan ini sebanyak 10 kali untuk melatih otot dada, tricep, dan juga otot bahu.

Manfaatkan Tembok Kerja

Gerakan selanjutnya adalah Wall Sits yang menggunakan dinding ruang kerja sebagai medianya. Caranya, carilah dinding yang agak luas, lalu letakkan tubuh Anda di dinding dengan posisi menyender dengan lutut ditekuk seperti orang yang ingin duduk di kursi. Tahan posisi ini selama 60 detik untuk memperkuat otot pada kaki.

Bentuk Perut dengan Chair Leg

Ingin memiliki perut rata dengan otot yang kuat? Caranya sangat mudah, duduklah di kursi dengan posisi tegak. Lalu, angkat kedua kaki bersama, naik-turun secara perlahan. Kombinasikan dengan pengaturan nafas. Ketika kaki naik, ambil nafas panjang melalui hidung, lalu ketika kaki turun, buang nafas lewat mulut. Lakukan gerakan ini sebanyak 20 kali.

Kuatkan Otot Paha dengan Chair Lunges

Apabila Anda ingin menguatkan otot kaki dan bokong, salah satu olahraga ringan yang bisa Anda praktikan adalah Chair Lunges. Pada dasarnya, gerakan yang satu ini masih menggunakan media kursi. Caranya, taruh kursi di belakang Anda dan posisikan badan Anda membelakangi kursi. Taruhlah salah satu kaki di atas kursi. Dengan kedua tangan di pinggang, bergeraklah naik turun secara perlahan sebanyak 10 kali, lalu ganti dengan kaki lainnya. Olahraga ringan ini dapat menguatkan otot perut dan punggung, serta meningkatkan fleksibilitas pinggul. 

Push-up menggunakan Meja

Olahraga ringan terakhir yang bisa Anda lakukan di kantor adalah Desk Push-Up. Caranya, pegang tepian meja kemudian lakukan gerakan seperti push-up. Lakukan gerakan desk push up sebanyak 10 gerakan kemudian ulangi sampai 3 kali. Saat melakukan olahraga ini pastikan badan dan kaki Anda lurus. 

Selain melakukan olahraga ringan untuk hasilkan tubuh yang selalu bugar, lengkapi perlindungan tubuh Anda dengan asuransi perlindungan jiwa yang komprehensif, salah satunya Ziaga Life BTN. Ziaga Life hadir untuk memastikan Anda dan keluarga tetap menikmati kualitas hidup sekalipun terjadi risiko yang tak pernah terduga sebelumnya, sehingga masa depan keluarga Anda tetap terjamin. Ziaga Life yang didistribusikan oleh Bank BTN ini memiliki beragam keunggulan, seperti pilihan masa perlindungan asuransi hingga tertanggung berusia 80 tahun, tidak adanya perubahan premi selama masa perlindungan asuransi, tidak ada biaya tambahan selain premi, dan uang pertanggungan hingga Rp 30 milyar. Jadi, tunggu apa lagi? Segera berikan perlindungan pada diri Anda dan keluarga dengan asuransi terbaik di sini.