• Protect the environment. Think before you print.

Zurich dan Kompasiana Gelar Z Alert Bloggers Gathering

01 Mei 2017

Zurich merupakan satu-satunya perusahaan asuransi di Indonesia yang memiliki aplikasi mobile yang bertujuan memberikan peringatan dini jika terjadi bencana di sekitar Anda.

banner

Sejumlah cara bisa dilakukan untuk mengetahui gejala bencana di suatu wilayah. Selain lebih peka untuk membaca tanda-tanda alam, inovasi teknologi pun dibutuhkan untuk mengetahui risiko alam seperti apakah yang akan terjadi. Apalagi Indonesia dan karakteristik wilayah yang rawan terhadap terjadinya bencana. 
Terjadinya bencana alam di negeri kita memang tidak dapat dicegah, namun masyarakat bisa meminimalisir kerugian yang diakibatkan, baik kerugian berupa materi maupun jiwa. Di sinilah peran inovasi teknologi dalam menghadapi bencana. Mengingat secara klimatologis dan geologis, Indonesia terletak di wilayah rawan. Tujuannya dari adanya inovasi teknologi berbasis aplikasi ini nantinya adalah agar Anda dapat dapat tinggal dan beraktivitas dengan aman.

Didasari oleh hal tersebut, Zurich mewujudkan sebuah aplikasi untuk memudahkan Anda mengakses beragam informasi. Kini dengan smartphone, Anda dan lebih dari 130 juta pengguna lainnya di Indonesia, dapat melindungi orang yang dicintai dengan aplikasi Zurich Alert atau  Z-Alert. Z-Alert merupakan mobile application yang dapat di download secara gratis, sehingga warga Jakarta dapat mengakses informasi ter-update dan lengkap terkait bencana seperti banjir, kecelakaan lalu lintas, kebakaran, pemadaman arus listrik, serta kecelakaan atau bencana lainnya. 

Jika terjadi bencana, nantinya pengguna secara otomatis juga akan menerima notifikasi berupa peringatan lengkap dengan lokasi dimana bencana terjadi termasuk jarak pengguna dari lokasi bencana, bahkan kedalaman air banjir, sehingga dapat meminimalisir risiko kerugian akibat bencana secara signifikan. Sebagai contoh, dengan sistem peringatan dini yang dimiliki Z-Alert, risiko kerugian yang diakibatkan banjir berupa kerusakan kendaraan bermotor dapat direduksi hingga 50% dan kerusakan properti lebih dari 25%. Bahkan jika kendaraan Anda rusak di perjalanan, Anda dapat mencari bengkel terdekat lewat aplikasi ini.

Ini dikemukakan oleh Wirahadi Suryana selaku Director of Corporate Commercial PT Zurich Insurance Indonesia saat bertemu dengan bloggers dari Kompasiana. Beliau mengutarakan mengenai pentingnya peringatan dini diperoleh terutama bagi mereka yang bekerja di urban, karena dengan memanfaatkan teknologi seperti Z Alert, masyarakat bisa dengan cepat memperoleh info mengenai kejadian atau bencana lalu mereka bisa dengan leluasa memilih jalur lain jika mengharuskan berpergian ke suatu tempat. Selain itu mereka bisa memanfaatkan Z Alert sebagai tempat dimana mereka memberikan informasi mengenai kejadian atau bencana di sekitarnya.

Dian Wibowo, COO dari PT Zurich Insurance Indonesia menambahkan bahwa Z Alert ini saat ini baru bisa digunakan bagi warga Jabodetabek. Mudah digunakan, serta tersedia di berbagai platform yaitu untuk Android dan iOS. Motulz seorang bloggers terkemuka menambahkan, dengan mudahnya masyarakat mendapatkan dan memberikan informasi mengenai kejadian atau bencana di sekitarnya akan menambah keuntungan mereka karena dengan hanya sentuhan jari maka mendapatkan manfaat lebih. 

Unduh segera aplikasinya di http://bit.ly/Z_Alert