• Protect the environment. Think before you print.

Mengenal 5 Kota Suci yang Paling Sering Dikunjungi di Dunia

08 Juni 2017

Nikmati perjalanan ke 5 kota suci dunia yang indah dan juga bernilai historis

thumbnail

 Terdapat beragam agama dan kebudayaan yang saling mengisi, melengkapi, dan penuh dengan pengetahuan yang dapat dipelajari di dunia ini. Beruntung, kita masih dapat melihat jejaknya dengan mengunjungi sejumlah kota suci peninggalan agama dan kebudayaan tersebut. Lalu, apa sajakah kota suci yang paling sering dikunjungi di dunia? Simak ulasannya berikut, ya!

1.Mekah, Saudi Arabia

Keberadaan Islam sebagai salah satu agama besar di dunia membuat Mekah, Arab Saudi sebagai kota asal agama ini pun menjadi destinasi wisata religi yang diperhitungkan. Sebuah kota dengan bukit perpasir di Arab Saudi ini merupakan salah satu kota suci umat Islam. Hal ini disebabkan Nabi Muhammad, sebagai penyampai wahyu lahir di kota Mekah. 

Ramainya kunjungan ke kota Mekkah bukan hanya dipicu oleh nilai historisnya. Namun, keberadaan  perintah ibadah yakni “pergi haji” dan tempat-tempat yang disucikan menjadikan tempat ini sebagai destinasi wajib bagi pemeluk agama Islam. Bahkan, setiap tahunnya pengunjung kota Mekkah hingga mencapai jutaan orang. 

 

 

2.Bethlehem, Yerussalem

Nama Bethlehem juga terkenal sebagai salah satu kota yang dianggap suci di dunia. Tentu saja, Hal ini tidak terlepas dari keberadaan berbagai agama dan kebudayaan yang menorehkan nilai historisnya di tempat ini, misalnya Kristen dan Islam. Kota kecil yang terletak 10 KM dari kota Yerussalem ini bahkan disebut dalam lebih dari satu kitab suci di dunia dan diyakini sebagai sebuah kota suci, tempat berdoa Nabi Muhammad saat melakukan sebuah perjalanan.

Sebagai salah satu kotas suci bagi umat Kristiani, Bethlehem mencapai titik teramainya pada saat Natal. Tempat lahir Yesus Kristus, terutama di bagian Manger Square akan dipenuhi dengan beragam pohon natal. Tidak perlu membutuhkan waktu yang lama dalam mengelilingi kota suci ini, ukurannya yang kecil memungkinkan Anda untuk melakukan one day tour. Beberapa tempat yang selalu menjadi destinasi pengunjung misalnya Gereja Nativity, Rachel’s Tomb, dan juga Masjid Omar. Untuk mencapai tempat-tempat favorit di kota suci tersebut juga bukan merupakan perkara yang sulit. Sebab, ukuran kotanya yang kecil membuat harga taksi tidak terlalu mahal. Jika perjalanan 2KM berjalan kaki bukan hal yang sulit bagi Anda, maka tur dengan berjalan kaki sambal melihat arsitektur kota akan jadi hal yang menyenangkan. 

3.Vatican

Dengan ukurannya yang kecil yakni sekitar 44 Hektar, Vatikan lebih cocok disebut sebagai kota dibandingkan dengan negara. Namun, dari segi politik, kota suci yang berpopulasi kurang dari 900 jiwa ini memang memiliki pemerintahannya sendiri yang dipimpin oleh Paus. Bagi penganut Katolik, Vatikan merupakan destinasi yang suci, sebab menyimpan pengetahuan dan sejarah agama ini. Sehingga, kesempatan untuk berkunjung ke kota suci ini merupakan hal yang tidak boleh dilewatkan.

Jika berkunjung ke kota suci Vatikan, Anda akan melihat orang-orang yang mendatangi Basilica Santo Petrus, salah satu gereja terbesar di dunia. Dengan arsitektur yang mengagumkan baik pada eksterior dan interiornya, Anda akan terhipnotis dengan keindahan tempat ini. Selain Basilica Santo Petrus, terdapat pula destinasi lainnya yang begitu indah. Salah satunya adalah Museum Vatikan yang berisi karya seni hasil tangan seniman-seniman besar dunia seperti Leonardo da Vinci.

4.Tirupati, India

Tirupati merupakan sebuah kota yang terletak di negara bagian Andra Pradesh, India. Bagi umat Hindu India, tempat ini memiliki makna yang penting, yakni sebagai pintu bagi ritual “naik haji” mereka. Setiap tahunnya, ribuan umat hindu berbondong-bondong mendatangi tempat ini untuk melakukan pemujaan terhadap Dewa Venkateswara yang biasa disebut Sri Balaji. Umat Hindu India meyakini bahwa Sri Balaji  merupakan penjelmaan dari Dewa Wisnu.

Selain tempat untuk beribadah, Tirupati juga kerap dijunjungi karena keindahan kuil-kuilnya. Anda pun dapat menikmati lezatnya masakan India di restoran-restoran lokal. Per tahunnya, terdapat 18.25 juta pengunjung di kota suci ini. Cukup banyak, bukan?

5.Lhasa, Tibet

Ibukota Tibet, yakni Lhasa, dapat ditempuh hanya dengan perjalanan darat selama satu jam dari bandara Gongga. Lhasa dikenal sebagai pusat bagi kebudayaan Buddhisme dan sebuah region tertinggi di dunia. Bagi penganut Buddha, Lhasa merupakan kota suci, tempat para dewa dan lokasi untuk beribadah serta melakukan ritual di kuil. 

Pada malam hari, suhu di Lhasa mencapai -4 hingga -10 derajat celcius. Berbeda dengan siang hari yang mencapai 21 derajat Celcius. Bagi Anda yang tinggal di daerah tropis seperti Indonesia, tentu saja persiapan kebugaran harus dilakukan sebelum mempersiapkan tempat ini. Selain karena cuaca dingin, stamina juga perlu dijaga karena medannya. 

Selain mempersiapkan kebugaran Anda, dalam mengunjungi kota suci di luar negeri ini Anda juga perlu menyiapkan perlindungan menyeluruh, yakni dengan Zurich EaZi Travel. Perlindungan tanpa batasan usia yang dilengkapi dengan layanan medis serta tanggungan biaya di luar negeri akan menciptakan rasa aman bagi perjalanan Anda. Dapatkan infomasi selengkapnya di sini