Bagaimana Digital Mengubah Industri

12 Juli 2017

how diglitazation

Strategi Zurich adalah fokus pada nasabah dan melayaninya dengan sederhana, cepat dan nyaman. Teknologi yang inovatif memainkan peran dalam proses ini, jadi dalam beberapa bulan, kami akan menerbitkan beberapa artikel mengenai bagaimana digital bisa meningkatkan pengalaman berasuransi nasabah kami.

Jika Anda membaca artikel pertama dalam seri ini, Anda akan mengetahui bagaimana digital sudah ada tertanam di masyarakat kita. Artikel selanjutnya akan fokus pada bagaimana kemajuan digital dan mengubah wajah bisnis dan industry di dalamnya.

Proses digitalisasi baru saja dimulai

Ini adalah era terakhir dan permulaan bagi era lainnya. Kita telah menyaksikan bagaimana teknologi digital telah mengubah music, fotografi, dan industry rental video. Di 1995, Anda pergi ke toko video untuk film atau ke toko music untuk membeli CD favorit Anda. Hari ini, banyak diantara Anda memilih untuk menonton film atau televise secara online dan mengunduh music mereka untuk dimainkan di telepon atau pemutar MP3.

Ini hanya permulaan – gelombang pertama – tetapi saat ini, berbagai industry mulai sadar mengenai dampak dari digitalisasi ini. Mari lihat TV tradisional, media, rekrutmen, dan industry perjalanan terganggu oleh beberapa pemain baru diantaranya Netflix, LinkedIn, Uber, Airbnb, Booking.com dan platform lainnya. Ini adalah gelombang kedua, dan itu hanya permulaan dari gelombang lainnya yang bisa jadi lebih besar lagi.

Mari kita lihat peningkatan kebutuhan dan kesempataan di bidang ritel. Nike melakukan percobaan dengan mengintegrasikan pengalaman pelanggan online dan offline melalui media sosial dan menggunakan smartphone. Google mengembangkan contact lens digital yang bisa mengukur kadar glukosa dari air mata, sebuah terobosan riset bagi mereka yang mengidap diabetes.

Lihat lagi mobil yang bisa mengemudi sendiri. Tesla, sebagai contohnya, sudah memiliki banyak fitur mengemudi sendiri di mobil yang diproduksinya. Dalam kombinasi dengan internet of things (memperbolehkan perlengkapan, gedung, kendaraan, atau lainnya untuk ‘berbicara’ satu sama lain) dan artificial intelligence, kemungkinan era digital ini tidak akan ada habisnya. Gelombang ketiga yang akan datang tentunya akan mempengaruhi banyak industry.

*Sumber: Think digital is a big deal? You ain’t seen nothing yet. (McKinsey, 2017)

Apa yang dimiliki pemengaruh industry?

Kita tidak bisa memprediksi masa depan jadi kita tidak akan tahu apa yang berpengaruh nantinya, dan apa yang akan bertahan. Namun, kita bisa melihat kebelakang dan belajar dari sukses ‘si pengaruh’. Berikut adalah yang mereka miliki:
  • Mereka membuat kembali produk dengan menyediakannya dengan mudah, cepat, transparan atau lebih personal dan akhirnya mendefinisikan ulang harapan pelanggan.
  • Mereka menggunakan saluran baru (melalui smartphone, aplikasi, media sosial, atau lainnya) dan / atau membuat sesuatu yang menggabungkan online dan offline dan menciptakan pengalaman pengguna dan perjalanan pelanggan yang konsisten.
  • Mereka menyadari pentingnya komunitas and mengetahui bahwa rekomendasi dari teman terdekat adalah jalan terbaik untuk mempromosikan produknya.
  • Proses back-end mereka sangat otomatis dan ditangani computer.
  • Mereka secara struktural mengubah rantai yang ada, sering memotong jalan dalam hubungan pemasok konsumen tradisional.
  • Mereka membangun model bisnis berbasis platform yang menciptakan nilai dengan memfasilitasi pertukaran antara konsumen dan produsen melalui jaringan pengguna dan sumber daya terukur yang dapat diakses sesuai permintaan.
  • Mereka terobsesi dengan layanan pelanggan

Rasould Jalali, General Manager Uber Swiss, Jerman & Austria, baru-baru ini mempresentasikan kepada Customer Advisory Board kami mengenai kesuksesan perusahaannya. “Ketika kami memulai bisnis menggunakan aplikasi pada tahun 2010, tujuan kami adalah menghubungkan  konsumen dengan pengendara. Namun itu membawa kami ke suatu tempat yang tidak kita sadari bisa terwujud. Kami tidak pernah membayangkan bahwa penawaran kami bisa berkembang sedemikian rupa, dan kami terus belajar dari pelanggan kami, dan dari data yang kami kumpulkan setiap hari. "

Uber mendefinisikan dirinya sebagai perusahaan teknologi dan bukan perusahaan penyedia taksi. Proposisinya sangat mudah – perlu tumpangan, klik – naik. Mereka menawarkan pelayanan yang sama, namun jauh lebih cepat dan lebih nyaman juga mudah. Dengan hanya menyentuh smartphone Anda bisa memilih mobil dan lihat peringkat pengemudinya dari penilaian orang lain. Aplikasi akan melakukan semuanya.

Amazon adalah perusahan ritel berbasis internet di dunia menurut jumlah penjualan dan kapitalisasi pasar. Ketika mereka mendirikan perusahaannya pada 1994, fokus mereka hanya menjual buku, namun mereka dengan cepat melakukan diversifikasi ke dalam banyak kategori produk lainnya dan pada akhirnya membangun platform ritel raksasa. Fokus mereka sepenuhnya pada kenyamanan pelanggan.

Dalam sektor finansial, salah satu pemain yang mengambil kesempatan dalam era digital untuk memanfaatkan kebutuhan konsumen adalah PayPal. Orang-orang ingin uang mereka ada di tempat yang aman. Layanan PayPal memungkinkan Anda untuk mengirim dan menerima uang dengan hanya menggunakan alamat email dan password, yang mana terhubung dengan kartu kredit atau tabungan Anda. Sebagai tambahan, Paypal menawarkan Anda garansi uang kembali, jadi jika Anda tidak puas dengan produk atau pelayanannya, uang Anda akan dikembalikan.

Masa depan tergantung pada siapa yang mempersiapkannya sekarang – Disukai atau tidak, era digital akan tetap ada dan akan terus mengubah dunia. Perusahaan Asuransi, seperti Zurich, membutuhkan penyesuaian dalam revolusi ini karena pelanggan menginginkan kesederhanaan, eksekusi cepat, kenyamanan dan transparansi.

Anda menginginkan bacaan lainnya yang berhubungan dengan topic ini? Klik link berikut ini:

Carilah artikel yang akan datang mengenai dampak digitalisasi terhadap asuransi, inisiatif yang saat ini sedang berlangsung di Zurich, dan bagaimana Anda bisa melayani pelanggan dengan cara yang lebih sederhana, cepat dan mudah.