• Protect the environment. Think before you print.

Bukan Hanya Sehat, Kenali Manfaat Lari Pagi untuk Pikiran

03 Juli 2017

Kesehatan tubuh bukan satu-satunya manfaat lari pagi. Simak 5 manfaat lainnya bagi pikiran Anda!

lari pagi

Lari pagi telah lama dikenal sebagai salah satu aktivitas favorit yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan. Selain mudah dilakukan, aktivitas olah raga yang satu ini pun dapat dibilang ekonomis dari segi biaya. Tidak perlu persiapan yang berlebihan, Anda dapat melakukannya dengan mudah.

Mudah dilakukan, bukan berarti Anda tidak akan mendapatkan manfaat yang besar. Nyatanya, manfaat lari pagi bukan hanya memberikan Anda tubuh yang bugar dan sehat. Kesehatan otak dan peningkatan kemampuan berpikir dalam mengontrol aktivitas tubuh pun dapat Anda peroleh jika rutin melakukan lari pagi. Apa sajakah manfaat lari pagi untuk kesehatan pikiran tersebut? Simak beberapa manfaatnya berikut.  



1.Membantu otak untuk mengingat kembali

Hormon neurotropik memiliki fungsi untuk merangsang pertumbuhan sel-sel dalam otak. Suplai  hormon aktif ini menambah daya ingat pada otak Anda sehingga mengurangi kemungkinan mengalami pikun atau kelupaan. Anda dapat mengoptimalkan produksi hormon tersebut dengan melakukan aktivitas lari, khususnya di pagi hari. Kondisi lupa bisa membuat Anda kerepotan, apalagi jika Anda mengalaminya di saat-saat genting. Anda pasti tidak ingin membuat pekerjaan lebih lama terselesaikan atau timbul berbagai masalah akibat pikun yang tiba-tiba melanda, kan? Oleh sebab itu, untuk merasakan manfaat lari pagi yang satu ini, Anda harus mulai melakukan aktivitas lari pagi secara konsisten.



2.Memicu pandangan positif

Melakukan lari pagi terbukti dapat membuat diri Anda merasakan euforia. Perasaan euforia inilah yang kemudian meningkatkan mood untuk melanjutkan aktivitas lainnya seharian penuh. Manfaat lari pagi yang dapat Anda rasakan ini, disebabkan oleh terlepasnya hormon-hormon yang dapat memicu kebahagiaan di dalam tubuh. Hormon tersebut adalah endorfin, serotonin, dan dopamin. Produksi hormon serotonin akan meningkat jika Anda berada di bawah sinar matahari, sedangkan dopamin dan endorfin dapat meningkat apabila Anda melakukan olahraga lari secara rutin. Peningkatan mood yang disebabkan oleh manfaat lari pagi berupa optimalisasi produksi hormon. Hal ini menyebabkan perasaan cemas dan depresi yang menurun, sehingga membuat otak terpicu untuk menyuguhkan pandangan positif terhadap berbagai kegiatan yang Anda jalani seharian nanti maupun untuk jangka panjang. 



3.Membantu otak dalam hal perencanaan

Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa lari pagi mampu meningkatkan intelektualitas dengan mengoptimalkan fungsi kognitif otak. Saat Anda lari pagi, meningkatnya hormon endorfin dalam tubuh akan sejalan dengan menurunnya kadar kortisol yang merupakan hormon stres. Rasa nyaman yang timbul saat kadar kortisol menurun inilah yang akan membantu otak dalam meningkatkan kreativitas dan fungsi kognitif otak. Sehingga, Anda dapat terbantu dalam melakukan perencanaan dan mengatur kegiatan. 



4.Meningkatkan fokus

Tidak dapat dipungkiri bahwa otak merupakan sumber kontrol bagi aktivitas yang dilakukan tubuh. Oleh sebab itu, Anda harus terus memberi asupan terhadap otak Anda. Manfaat lari pagi, lagi-lagi memberikan kesempatan bagi sel otak untuk mengalami interkoneksi akibat pertumbuhan neuron-neuron barunya. Proses yang dialami otak tersebut, dapat membuat konsentrasi dan fokus Anda lantas meningkat. Bahkan, lari pagi secara rutin juga dapat digunakan untuk penanganan ADHD (Attention Deficit Hyperkinetic Disorder).



5.Membuat pikiran kembali segar

Telah disebutkan sebelumnya, manfaat lari pagi dalam menyegarkan pikiran dapat dirasakan akibat terproduksinya hormon-hormon pemicu kebahagiaan. Kondisi tubuh yang nyaman dapat menggantikan sel saraf yang rusak akibat pengalaman stres Anda. Hal ini mendukung pikiran Anda untuk kembali segar karena penurunan produksi hormon kortisol. Berbagai beban yang Anda rasakan dalam hidup Anda dapat perlahan-lahan luntur dengan melakukan olahraga lari di pagi hari.

Sadar atau tidak, Anda akan terus menuai manfaat dari rutinitas lari pagi bagi kesehatan. Bukan hanya lari pagi yang dapat memberikan manfaat bagi kesehatan jiwa Anda, Zurich Protection Ziaga Jiwa BMI kini hadir untuk memastikan agar Anda dapat menjaga optimalisasi kualitas hidup dan menjadikan masa depan lebih terjamin. Ziaga jiwa dapat menjanjikan masa perlindungan asuransi selama 10—25 tahun lamanya, bahkan hingga tertanggung usia 80 tahun. Lihat manfaat apa saja yang dapat kami berikan di sini.