• Protect the environment. Think before you print.

Destinasi Wisata Alam yang Wajib Dikunjungi di Yogyakarta

24 Juli 2017

Kelima destinasi wisata alam di Yogyakarta ini dapat memberikan pengalaman berlibur yang menyegarkan untuk Anda.

banner destinasi yogyakarta

Dalam memilih destinasi berlibur, Anda pasti menginginkan pengalaman baru yang dapat menyegarkan kembali pikiran Anda. Yogyakarta merupakan salah satu lokasi berlibur yang mungkin Anda pilih karena ragam kekayaan yang dimilikinya, mulai dari budaya sampai kulinernya. Kawasan Yogyakarta memang sangat dikenal dengan adatnya yang kental. Oleh karena itu, wajar jika wisata budaya menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Namun tidak hanya kaya akan budaya, Yogyakarta juga menyimpan keindahan wisata alam yang sayang jika dilewatkan. Dari beragam kekayaan alam yang berlimpah, terdapat beberapa destinasi wisata alam yang wajib Anda kunjungi untuk merasakan pengalaman baru saat berlibur di Yogyakarta. Yuk, simak .beberapa rekomendasi tempat berikut ini.

  • Gumuk Pasir Parangkusumo

Pada mulanya, Gumuk Pasir Parangkusumo ini digunakan hanya sebagai objek penelitian mahasiswa. Banyak orang yang belum tahu kalau Yogyakarta memiliki kawasan layaknya padang pasir. Bahkan, warga lokal pun awalnya tidak menyadari bahwa gundukan pasir yang terletak di antara Pantai Parangtritis dan Pantai Depok ini merupakan kekayaan yang dapat dimanfaatkan sebagai objek wisata alam. 

Kini, lokasi wisata Gumuk Pasir sudah cukup terkenal di kalangan masyarakat karena keunikannya. Harga tiket masuk yang ditawarkan oleh tempat wisata alam ini pun relatif murah, hanya sebesar tiga ribu rupiah (belum termasuk parkir). Bagi Anda yang gemar fotografi, tempat ini sangat cocok untuk dijadikan latar bagi objek foto Anda. Tidak hanya itu, Anda pun bisa menambah pengalaman dengan mencoba permainan ski di atas pasir (sandboarding). Hanya dengan mengeluarkan dua ratus ribu rupiah, Anda sudah bisa merasakan keseruan bermain sandboarding bersama rekan berlibur Anda.

  • Cave Tubing Kalisuci

Di balik kegersangan perbukitan karst Gunungkidul, terdapat gua cantik yang berdampingan dengan aliran sungai yang tersembunyi. Jika Anda berlibur saat kemarau tiba, berwisata alam ke Cave Tubing Kalisari akan menjadi pilihan yang sangat tepat. Apalagi kalau Anda seorang pecinta petualangan.

Tempat wisata alam Cave Tubing Kalisari, bukan hanya menawarkan pemandangan yang indah, namun petualangan seru yang cukup menegangkan. Hanya dengan merogoh kocek sebesar Rp70.000 Anda akan disuguhkan pengalaman susur gua sekaligus body rafting yang menurut kabar hanya bisa dilakukan di 3 tempat, yaitu Mexico, New Zealand, dan Yogyakarta. Menarik, bukan? Tapi, kegiatan wisata alam ini sangat bergantung pada cuaca, jika hujan Anda tidak akan boleh melakukan cave tubing. Baiknya, Anda menelepon pengelola objek wisata alam ini terlebih dulu sebelum melakukan kunjungan.

  • Puncak Suroloyo

Puncak Suroloyo merupakan objek wisata alam yang terletak di daerah Dusun Keceme, Desa Gerbosari Kulonprogo. Untuk sampai ke sana, Anda akan menempuh jalan yang berkelok serta tanjakan yang berada di antara jurang dan bukit. Selain itu, Anda juga perlu menaiki 286 anak tangga. Walaupun perjalanan yang harus ditempuh cukup terjal, namun Anda akan terkesima dengan keindahan yang tersaji di Puncak nanti.

Kejenuhan menatap daerah kota yang dipenuhi polutan akan senantiasa terobati dengan pemandangan Yogyakarta dari atas Puncak. Melalui gardu yang disediakan, Anda bisa melihat Candi Borobudur yang dikelilingi Gunung Merapi, Merbabu, Sindoro, dan Sumbing dari Puncak Suroloyo sekaligus dalam satu waktu. Dan lagi, Anda juga dapat menikmati pemandangan menakjubkan ketika matahari terbit. Oleh karena itu, waktu yang paling ideal untuk mengunjungi objek wisata alam ini adalah sebelum waktu subuh sampai dengan pukul 10.00 WIB.

  • Telaga Biru Gunungkidul

Kolam bekas tambang di atas bukit yang digenangi air berwarna hijau ini, berlokasi di bukit Ngentak, Semin, Gunungkidul. Jika dengan mengunjungi Puncak Suroloyo Anda dapat menikmati indahnya sunrise, di wisata alam Telaga Biru Anda bisa menikmati sunrise sekaligus sunset yang dikelilingi pemandangan asri.

Banyak masyarakat yang menyebutnya sebagai “Raja Ampat”-nya Yogyakarta, karena keindahan lanskap yang ditawarkan memang sepintas mirip dengan daerah terkenal asal Papua tersebut. Wisata alam yang satu ini juga belum dikenakan tarif kunjungan. Jadi Anda cukup menyediakan Rp2.000 untuk biaya parkir kendaraan. 

Mencoba pengalaman berlibur yang baru memang sangat menyenangkan. Di Yogyakarta, Anda bisa mencicipi wisata alam dari yang menenangkan sampai menegangkan. Untuk merasakan pengalaman berlibur yang luar biasa tentunya Anda perlu menjaga kondisi tubuh. Bukan hanya itu, agar perjalanan senantiasa nyaman Zurich Domestic Travel menyediakan perlindungan yang mudah dan instan untuk Anda. Berbagai layanan pun tersedia melalui 24 hour Zurich Worldwide Travel Helppoint sehingga keamanan Anda dapat selalu terjaga. Lihat informasi selengkapnya di sini