• Protect the environment. Think before you print.

Menelusuri 4 Destinasi Peninggalan Peradaban Islam di Eropa

24 Juli 2017

Pelajari sejarah peradaban Islam di Eropa dengan mengunjungi tempat-tempat ini.

banner peradaban islam

Punya rencana berkunjung ke Eropa? Bukan hanya menikmati kopi dari kafe di Perancis atau berbelanja di berbagai pusat perbelanjaan di Eropa yang dapat dilakukan untuk mengisi perjalanan Anda. Salah satu kegiatan lain yang bisa dilakukan adalah wisata religi, yakni berkunjung ke tempat-tempat bersejarah bagi berbagai umat beragama. 

Berbicara mengenai religi di Eropa, Islam pun pernah meninggalkan jejak kejayaannya di sana. Faktanya,  peradaban Islam di Eropa sudah dimulai dari abad ke-7 karena adanya migrasi yang dilakukan secara masif oleh umat muslim. Keempat negara di Eropa berikut memiliki tempat bersejarah yang menjadi saksi peradabannya. Tidak kalah dengan tempat wisata religi ternama di negara Islam, kecantikan negara-negara berikut juga dapat dimanfaatkan sebagai objek wisata sekaligus tempat untuk mempelajari peradaban yang megah tersebut. Tertarikkah Anda mengunjunginya?

  • Spanyol

Negara yang terkenal dengan Corrida de torros atau olahraga adu banteng ini, banyak ditinggali jejak-jejak peradaban umat Islam. Keindahan arsitektur dan kemegahan bangunan-bangunannya merupakan salah satu hal yang mendapat pengaruh dari nuansa Islam pada masa lampau. Jika Anda berkunjung ke Eropa, jangan sampai melewatkan kesempatan menyaksikan keindahan yang ditawarkan negara yang satu ini.

Kejayaan Islam di Spanyol merupakan awal mula berkembangnya peradaban Islam di negara-negara Eropa. Sebagian besar bangunan tua peninggalan Islam di Eropa pun masih ada dan bisa dikunjungi. Jika Anda berlibur ke Spanyol, Anda dapat turut menyaksikan penggalan kisah sejarah Islam di Eropa ini dengan mengunjungi kota Cordoba, Seville, atau Granada. Ketiga kota ini memang terkenal akan jejak-jejak peradaban muslimnya. Bangunan kuno nan megah tidak akan sulit Anda temui. Salah satu bangunan yang paling terkenal adalah Masjid Cordoba dan Mezquita, pasalnya masjid ini dianggap sebagai lambang kesatuan muslim, kristen, dan yahudi. 

  • Bosnia-Herzegovina 

Negara pecahan Uni Soviet ini dikabarkan sebagai negara yang multireligius. Keragaman agama yang ada di dalamnya menjadikan keberadaan penduduk agama tertentu sebagai mayoritas tidak pernah mutlak. Tidak hanya dihuni oleh penduduk penganut agama Islam, penduduk beragama Kristen Ortodoks, Protestan, Katolik, hingga beragam agama lainnya hidup berdampingan secara harmonis di negara ini.

Pada waktu silam, Islam masuk ke Negara Bosnia bersamaan dengan invasi kerajaan Ottoman. Keberadaan jembatan tua Stari Most di Bosnia merupakan bukti peninggalan kejayaan Islam di Eropa pada masa lampau. Keberadaan dua menara yang melindungi pintu masuk ke jembatan, serta bebatuan kapur tenelija yang melapisi jembatan ini menjadi ciri khas kesederhanaannya yang elegan. Terdapat pula bangunan-bangunan masjid yang masih berdiri kokoh di Old Town Bosnia-Herzegovina yang dapat Anda lihat keunikannya.

  • Yunani

Museum Benaki merupakan bangunan bersejarah yang dapat menampilkan jejak peninggalan Islam Eropa selama 13 abad, pada zaman dahulu. Museum ini menyorot peranan Islam di Mediterania. Tzisakaris Mosque adalah destinasi yang patut Anda kunjungi ketika berkunjung ke Yunani. Selain Masjid Tzistarakis di Monastiraki, terdapat masjid masjid lain seperti Parthenon, Masjid Fatih Sultan yang bisa Anda telusuri keindahannya.

  • Perancis (La Grande Mosquee de Paris)
Tidak hanya Eiffel Tower yang mengandung banyak nilai historis. Beberapa tempat di Perancis lainnya bahkan ada yang mengandung kisah sejarah peradaban Islam yang pernah berjaya di Eropa. Keberadaan La Grande Mosquee yang menawan di jantung Kota Paris merupakan salah satu contohnya.

Melalui para imigran dari Aljazair, Maroko, Libya, dan lainnya, peradaban Islam ini di Eropa berkembang dengan pesat pada abad ke-19 dan ke-20 M, khususnya di kawasan Perancis. Negara Perancis juga sempat dinobatkan sebagai negara dengan penduduk muslim terbanyak di Eropa, karena jumlah pemeluk Islam sudah melampaui 7juta jiwa. Sampai saat ini pun terdapat ribuan masjid yang berdiri kokoh di negari spaghetti ini. Kalau mampir ke Paris saat berlibur, lengkapi wisata Eropa Anda dengan mengunjungi Museum Louvre. Pada 2012 lalu, museum ini sudah meresmikan salah satu bangunannya sebagai memoar yang berisi peninggalan-peninggalan sejarah agama Islam di Eropa sejak era kejayaan hingga kini.

Dengan mengunjungi tempat-tempat yang mengandung sejarah Islam di Eropa, Anda tidak hanya mengisi waktu berlibur dengan bersenang-senang, namun sekaligus mendapatkan pengetahuan tentang sejarah Islam. Berwisata ke luar negeri memang sangat seru. Namun, banyaknya hal yang harus dipersiapkan membuat perjalanan terasa tidak mudah. Asuransi Perjalanan Zurich melalui Zurich EaZi Travel kini hadir untuk memberikan Anda perlindungan dengan akses yang mudah. Anda bisa mendapatkan manfaat perlindungan hingga USD 100.000 dan berbagai keuntungan lainnya hanya dengan tiga tahapan. Hubungi Asuransi Zurich untuk mendapatkan asuransi perjalanan di 1500 987 atau beli secara online dalam empat langkah cepat dan mudah di sini.