• Protect the environment. Think before you print.

Tantang Diri Anda di 5 Spot Downhill Indonesia Terbaik

03 Juli 2017

Pacu adrenalin! Tantang diri Anda di 5 Spot Downhill Indonesia berikut.

downhill

Menyusuri lekuk perbukitan dengan rintangan yang tentu saja tidak ramah menjadi hal yang menantang bagi penggemar olahraga sepeda downhill. Rumitnya trek justru menjadi pemicu untuk menaklukannya. Semakin sulit trek yang dilalui, adrenalin Anda sebagai pelaku olahraga ekstrem ini akan semakin terpacu. Untungnya, Indonesia memiliki beragam kekayaan alam yang dapat memberikan kemudahan bagi pecinta olahraga ini untuk mencari spot downhill. Nah, para pecinta olahraga downhill Indonesia, sudahkah Anda menaklukkan trek-trek downhill favorit berikut?



1. Cikole, Bandung

Trek downhill Indonesia Cikole berlokasi di Lembang, Anda dapat menempuh perjalanan ke Cikole melalui jalan Dago Bengkok sampai keluar Lembang dan memasuki gerbang Tangkuban Perahu. Jika Anda beruntung, Anda bahkan tidak perlu membayar tiket masuk Tangkuban Perahu terlebih dahulu. Pembayaran tiket biasanya dapat dinegosiasikan dengan penjaja tiket di gerbang Tangkuban Perahu.

Bagi yang masih pemula, Anda dapat melalui lintasan yang tersedia untuk para penikmat baru olahraga downhill Indonesia. Namun, jika Anda ingin melakukan perjalanan yang lebih menegangkan, trek downhill Indonesia di Cikole akan lebih seru jika digunakan pada saat hujan sedang berlangsung. Anda pun akan terhibur dengan pemandangan indah Bandung yang tersuguh di balik pohon-pohon pinus yang terhampar dari trek awal sampai finish.

 

2. Kampung Sapedah Gentong, Bandung

Suasana asri kampung merupakan salah satu ciri khas yang dimiliki kampung sapedah gentong. Lokasinya juga sangat mudah diakses, hanya sekitar 12 km dari pintu Tol Buah Batu atau Mochamad Toha dengan waktu tempuh sekitar 45-60 menit. Tempat ini sudah diakui oleh Pengda ISI Jawa Barat sebagai trek yang lebih baik dari trek-trek downhill Indonesia lainnya yang ada di Jabar. Akan ada banyak belokan letter S yang mungkin membuat Anda cukup kepayahan saat melakukan. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena di sana terdapat pula Lingkung Seni Pewayangan Keluarga Abah Sunarya yang bisa Anda kunjungi setelah lelah melakukan perjalanan ekstrem.



3. Cisaruni, Garut

Berbeda dengan Kampung Sapedah Gentong dan trek Cikole yang disuguhkan dengan pemandangan asri Bandung dan perkampungan asri, trek Cisaruni Garut berada di tengah-tengah kebun teh.  Lintasan di Cisaruni memang tidak terlalu terjal, namun terdapat beberapa tanjakan yang membutuhkan tenaga ekstra untuk memutar pedal Anda. Bila tidak kuat Anda tidak perlu malu untuk turun dan menuntun sepeda, karena tanjakan pertama diperkirakan naik dari 1235mdpl ke 1397mdpl sejauh 1,65KM. Anda juga akan melalui jalanan tanah setelah Anda melewati turunan lembah. Setelah itu, Anda akan melalui beberapa tanjakan dan turunan sampai pada akhirnya sampai di pabrik teh PTP Nusantara VIII. Siap-siap kebanjiran keringat ya, bagi Anda para pecinta downhill Indonesia!



4. Umbul Sidomukti, Semarang

Trek downhill Indonesia di Umbul Sidomukti memiliki panjang lintasan 1448 meter. Trek ini pernah digunakan untuk perlombaan yang diadakan oleh Indonesian downhill 2016. Lintasan downhill di Umbul Sidomukti merupakan trek dengan obstacle yang cukup lengkap. Di sana terdapat jembatan, speed jump, rock garden, double jump, table top, super bowl hingga drop. Trek ini berada di kawasan wisata dengan berbagai fasilitas  seperti taman renang, camping ground, pondok lesehan, dan lain-lain. Perjalanan ke Umbul Sidomukti dapat ditempuh dari arah Semarang menuju Solo, tepatnya di sisi kiri Pasar Jimbaran.



5. Bukit Sulap, Lubuk Linggau

Tahun 2014, lokasi ini digunakan oleh Asian Mountain Bike Championship (AMBC) untuk mengadakan kejuaraan. Bukit Sulap merupakan area TNKS dengan ketinggian 600 mdpl dengan kontur bebatuan dan pertahanan yang terjal. Tingkat keterjalan yang dimiliki lintasan Bukit Sulap Lubuk Linggau, membuat ISSI kembali menunjuknya sebagai tuan rumah gelaran National Championship untuk downhill dan cross-country yang akan berlangsung pada bulan Juli 2017 ini. Kira-kira beranikah Anda mencoba lintasan ekstrem downhill Indonesia di Lubuk Linggau ini?

Kita menyadari banyaknya resiko yang akan kita hadapi ketika menjalankan hobi-hobi ekstrem seperti olahraga downhill ini. Pastikan risiko tersebut tidak mengganggu hobi Anda untuk menyusuri trek downhill Indonesia dengan menyediakan perlindungan untuk diri Anda, yakni dengan Ziaga Proteksi Plus (BTN). Terdapat tiga paket perlindungan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Dapatkan informasi selengkapnya di sini.