Kenali 5 Kebiasaan Pengusaha Sukses Ini

24 Agustus 2017

Yuk, lihat berbagai kebiasaan pengusaha sukses yang bisa Anda tiru berikut

banner-pengusaha-sukses

Menjadi pengusaha sukses tidaklah mudah. Dibutuhkan kerja keras dan berbagai keahlian untuk mewujudkannya. Anda sebagai pengusaha pasti menginginkan kesuksesan. Demi mencapainya, dibutuhkan kerja keras serta kegigihan. Terdapat bermacam-macam cara yang dapat dilakukan agar impian Anda menjadi pengusaha sukses bisa terwujud. Salah satunya dengan mengetahui kebiasaan-kebiasaan yang dimiliki pengusaha sukses terdahulu yang mungkin bisa Anda tiru. Berikut adalah 5 kebiasaan yang dimiliki oleh para pengusaha dunia dan dapat menjadi inspirasi bagi Anda, beberapa di antaranya adalah menjaga kesehatan dan berinvestasi.

 

1. Bangun lebih pagi dan menjaga kesehatan dengan baik

Pernahkah Anda mendengar mitoskalau bangun siang, nanti rezekinya dipatok ayam? Jenis ungkapan yang sering dinyatakan oleh para orang tua ini bisa jadi ada benarnya. Percaya atau tidak, nyatanya pengusaha-pengusaha sukses pasti memiliki kebiasaan bangun lebih pagi setiap harinya. Richard Branson adalah salah satunya. Pengusaha sukes asal Inggris yang memiliki kekayaan bersih 5 miliar USD menurut Forbes ini, memiliki kebiasaan bangun pukul 5 pagi. Hal tersebut dilakukan agar ia memiliki waktu bersama keluarga dan bisa melaksanakan rutinitas olahraga. 

Untuk menjadi pengusaha sukses, Anda harus pandai mengatur waktu agar hidup tetap seimbang. Dengan bangun lebih pagi, Anda jadi memiliki waktu untuk merencanakan berbagai hal. Beberapa penelitian juga sudah membuktikan bahwa bangun lebih awal dapat membuat pikiran lebih jernih, juga memiliki dampak-dampak positif lainnya bagi kesehatan dan psikologis manusia. Anda pastinya tidak mau bukan, usaha yang Anda bangun dengan jerih payah terusik karena kelalaian menjaga kesehatan


 
2. Membuat rancangan agenda kegiatan dan target pencapaian

Kebiasaan yang satu ini, biasanya dilakukan para pengusaha sukses untuk membuat segala urusannya lebih terorganisasi dan tetap di bawah kendali. Menuliskan jadwal kegiatan akan membantu Anda mengingat semua janji yang sudah dibuat, dari yang bersifat pribadi hingga kepentingan untuk bisnis. Setelah itu, kini Anda pun bisa memetakan pengerjaan hal-hal sesuai dengan prioritas. Tidak hanya itu, dengan adanya jadwal kegiatan, menyusun perencanaan dalam pengembangan bisnis tersebut juga akan terasa lebih mudah. 

Berdampingan dengan perencanaan, target pencapaian juga harus disertakan. Pengusaha sukses biasanya bisa mengukur kemampuannya dan menjadikan hal tersebut sebagai peluang bisnis di masa mendatang. Dengan mengetahui tujuan dan bersikap tertib pada diri sendiri, niscaya peluang-peluang dapat Anda raih dengan mudah untuk memajukan bisnis.



3. Berusaha untuk selalu up to date

Selalu berusaha untuk tahu hal-hal terbaru juga menjadi bagian dari kebiasaan yang bisa menunjang Anda sebagai pengusaha sukses. Banyak perusahaan yang gulung tikar akibat tidak bisa mengikuti perkembangan zaman yang begitu cepat. Informasi bisa Anda dapatkan dengan mudah saat ini. Cukup dengan berinteraksi dengan teman-teman untuk membicarakan hal-hal yang sedang populer atau dengan membaca berita-berita terkini yang bisa didapatkan secara online. Terus berusaha up to date dengan kebutuhan pasar dan perkembangan pasar memungkinkan Anda untuk melakukan pengembangan dalam bisnis dan mendapatkan profit yang lebih besar. Instagram merupakan salah satu perusahaan yang berusaha untuk selalu mengembangkan fitur-fiturnya demi memuaskan customer. Hal ini membuat pendapatan Kevin Systrom, sang pemilik Instagram pun melonjak drastis dari 280juta USD di tahun 2012 menjadi 1,24 miliar USD per 17 April 2017. Terbukti bukan, bahwa membiasakan diri untuk tetap up to date bisa menguntungkan?


 
4. Fokus dalam mengasah produktivitas

“Successful people maintain a positive focus in life no matter what is going on around them. They stay focused on their past successes rather than their past failures, and on the next action steps they need to take to get them closer to the fulfillment of their goals rather than all the other distractions that life presents to them.” --Jack Canfield, Writer

Kebiasaan lain yang dimiliki pengusaha sukses adalah selalu fokus dalam mengembangkan bisnisnya, terlebih lagi mengasah produktivitasnya. Kesibukan yang membabi buta tidak dijadikannya hambatan untuk mengembangkan diri dan berinovasi dalam bisnis. Dengan membiasakan diri untuk berlaku disiplin dengan bangun pagi dan menjaga kesehatan secara teratur, sampai menentukan target pencapaian, berfokus bukanlah hal yang sulit untuk Anda terapkan. Kunci yang satu ini bisa terus dipertahankan jika Anda tidak mudah merasa puas dengan pencapaian yang sudah diraih.



5. Berani Berinvestasi

Menjadi pengusaha memang membutuhkan keberanian untuk menghadapi berbagai kemungkinan, termasuk kegagalan. Tidak cukup keberanian, para pengusaha sukses biasanya melakukan ivestasi  karena mereka selalu memiliki pikiran yang panjang dan berkeinginan untuk selalu meningkatkan kualitas hidupnya. Dengan meniru kebiasaan yang satu ini, Anda bisa merasakan keuntungan yang bisa dihasilkan dari berinvestasi. Jenisnya yang banyak, memiliki tingkat risiko serta takaran keuntungan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan research terlebih dahulu untuk memastikan jenis investasi yang pas. 

Zurich Investa Plus, kini hadir sebagai asuransi unit link yang mengkombinasikan perlindungan dengan manfaat meninggal dunia dan investasi di pasar modal untuk pertumbuhan nilai investasi yang potensial. Fleksibilitasnya juga memungkinkan Anda untuk memaksimalkan pertumbuhan nilai investasi dengan melakukan Ad Hoc Top Up secara berkala. Tidak hanya itu, Anda juga mendapatkan jaminan perlindungan asuransi jiwa dengan  manfaat meninggal dunia sebesar 125% uang pertanggungan dari premi tunggal yang dibayarkan.