• Protect the environment. Think before you print.

Kenali 5 Manfaat Mengonsumsi Buah - buahan untuk Diet

22 Agustus 2017

Yuk, simak manfaat lain dari mengonsumsi buah-buahan untuk diet berikut!

banner

Mengonsumsi buah demi mengurangi massa tubuh sudah dilakukan banyak orang sejak lama. Namun, selain berfungsi sebagai makanan yang dapat menyukseskan program penurunan berat, buah memiliki manfaat lainnya jika dikonsumsi. Tingginya kadar vitamin dan mineral alami yang dikandung buah-buahan untuk diet, membantu menurunkan berat badan serta menjaga nutrisi tetap terpenuhi bagi tubuh. Hal tersebut bukan hanya melancarkan program menurunkan badan Anda, melainkan menjadi nilai tambah yang bermanfaat bagi kebugaran dan kesehatan tubuh. Mari ketahui beberapa manfaat lain yang dihasilkan dari konsumsi buah berikut ini!

1. Menstabilkan berat badan

Melakukan program diet biasanya didasari oleh kesadaran akan baiknya hidup sehat atau sebatas untuk mempercantik diri dengan berat badan yang ideal. Upaya yang sangat umum untuk dijalankan sekarang untuk mencapai tujuan tersebut adalah olahraga dan mengatur asupan makanan. Dengan mengonsumsi buah-buahan untuk diet secara rutin, berat badan Anda akan berangsur stabil secara alami. 

Berkurangnya berat badan ini dipicu oleh fakta bahwa  kandungan buah-buahan rendah kalori juga lemak, sehingga sebanyak apapun Anda mengonsumsinya tidak akan berpengaruh dalam penambahan massa tubuh. Sebagian besar buah juga memiliki nutrisi yang sama dengan makanan harian, jadi Anda tidak perlu khawatir akan kekurangan nutrisi jika mengonsumsi buah dalam jumlah banyak. Jika Anda tertarik untuk memiliki berat badan yang stabil dengan cara ini, maka nanas, semangka, pisang, apel, jeruk, kiwi, beri, dan plum bisa jadi pilihan buah yang tepat



2. Kandungan nutrisi dan vitamin yang kaya membuat efek rasa kenyang yang lama

Kekayaan nutrisi dan vitamin yang dimiliki buah-buahan untuk diet tidak akan berbahaya jika dikonsumsi dalam jumlah yang cukup banyak. Selain itu, kandungan serat yang tinggi juga bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Salah satu contoh buah yang dapat membuat efek kenyang dengan durasi yang cukup lama adalah alpukat. Kadar kolesterol baik yang dimiliki buah tersebut pula dapat membunuh lemak jahat. Kayanya kandungan yang dimiliki alpukat mencapai 25 nutrisi, mulai dari vitamin, fosfor, magnesium, protein, dan beberapa fitokemikal bermanfaat. Sama dengan alpukat, mengonsumsi buah pir, raspberry, dan pisang pun akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Jadi pembatasan Anda akan konsumsi karbohidrat dan lemak yang terkandung dalam nasi atau daging-dagingan tidak akan terlalu sulit dihadapi dengan memakan buah-buahan tersebut.



3. Kalori yang rendah menurunkan potensi kolesterol

Buah-buahan untuk diet yang kaya serat dan rendah kalori dan lemak ini sudah pasti memberikan dampak lain sebagai pencegah munculnya kolesterol. Konsumsi yang dilakukan dengan intensitas yang teratur membuat tubuh Anda semakin banyak memproduksi sel-sel tubuh yang dapat membunuh lemak jahat. Lemak baik yang dimiliki oleh buah-buahan untuk diet tidak hanya membantu Anda merasa kenyang, namun menjaga Anda dari lemak-lemak jahat yang didapatkan dari mengonsumsi daging-dagingan.


 
4. Terdapat enzim alami yang membantu proses pencernaan

Dalam proses pencernaan makanan, enzim dalam tubuh manusia akan terkuras. Hal ini menyebabkan terjadinya beberapa penyakit kronik karena penurunan kadar enzim. Penyakit-penyakit tersebut adalah alergi, gangguan kulit, sampai kanker. 

Konsumsi makanan mentah akan membantu penggandaan enzim-enzim yang ada di dalam tubuh sehingga Anda terhindar dari penyakit, juga membantu tubuh dalam proses pencernaan. Terkait dengan hal ini, buah biasanya bisa langsung dimakan tanpa digoreng dan dimatangkan terlebih dahulu, tidak seperti daging ayam atau sapi.  Kandungan enzim tersebutlah yang nantinya dapat memenuhi kebutuhan produksi enzim dalam tubuh yang akan berdampak baik khususnya bagi kelancaran pencernaan. 



5. Kandungan antioksidan yang tinggi

Pengurangan porsi makanan berlemak tidak akan membuat Anda cepat lelah, karena kandungan antioksidan yang tinggi dalam buah-buahan untuk diet bisa menjaga kebugaran diri, mencegah penuaan dini, dan menjaga kekebalan tubuh. Antioksidan seperti vitamin C banyak terkandung dalam buah-buahan, contohnya saja jeruk, strawberry, dan anggur. Selain lezat, konsumsi buah-buahan untuk diet tersebut tidak akan menghambat aktivitas sehari-hari, bahkan dapat membantu Anda agar selalu tampil fit.

Fisik yang sehat akan selalu berkaitan dengan kesehatan jiwa Anda, oleh karena itu untuk menjaga kondisi tubuh tetap prima berbagai kiat sukses hidup sehat pun diikuti. Zurich menyediakan Protection Ziaga Jiwa BMI sebagai perlindungan untuk memastikan kualitas hidup Anda dan keluarga dengan uang pertanggungan maksimal 30 miliar. Lengkapi perlindungan terhadap diri dan jiwa Anda dengan melihat selengkapnya di sini