Obat Anak: Langkah Pertama Atasi Demam Si Kecil dengan Cara Alami

22 Agustus 2017

Kenali langkah pertama dan alami yang tepat dalam mengangani demam si kecil

banner

Demam Si Kecil memang menimbulkan panik. Sebagai langkah singkat, para orang tua sering memberikan obat  yang mengandung bahan kimia karena mudah didapatkan. Selain mudah, harganya juga tergolong murah tergantung pada kebutuhan pemakaian. Namun, tahukah Anda bahwa penggunaan obat anak yang mengandung bahan dasar kimia memiliki efek samping? Oleh sebab  itu ada baiknya Anda mengurangi penggunaan obat-obatan tersebut apabila si kecil terserang demam. 

Selain obat-obatan yang biasa Anda beli di apotek, terdapat berbagai macam cara yang dapat digunakan sebagai langkah pertama menanggulangi demam anak. Salah satu di antaranya adalah dengan menggunakan obat-obatan herbal. Kenali beberapa inspirasi langkah pertama dan alami dalam mengangani demam si kecil dan menyediakan perlindungan untuk anak Anda berikut!



1. Dorong anak untuk beristirahat dan tidur

Demam pada anak bisa terjadi karena banyak faktor, mulai dari virus atau karena kelelahan. Sebelum memutuskan untuk membeli obat anak, mintalah anak Anda untuk beristirahat terlebih dahulu. Jika demam, anak biasanya akan sulit untuk tidur, padahal istirahat yang cukup sangat dibutuhkan untuk memulihkan kembali kondisinya. Bacakan cerita favorit atau dengarkan lagu kesukaan si anak agar ia bisa tidur dengan nyaman. Kalau perlu, temani anak Anda selagi tidur demi memantau istirahatnya yang optimal. Dengan istirahat yang cukup, stamina si kecil bisa lekas kembali pulih sehingga sel-sel baik dalam tubuhnya dapat melawan virus penyebab sakit secara alami.



2. Pastikan anak minum dengan cukup

Kandungan mineral yang ada dalam air putih memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Bukan hanya untuk anak-anak, melainkan untuk orang dewasa. Salah satu khasiat air putih yang dikonsumsi cukup setiap harinya adalah menurunkan demam, terutama pada anak. Tanpa menggunakan obat anak dengan berbagai risiko efek samping, konsumsi air putih yang cukup juga dapat menjadi pertolongan pertama bagi anak pengidap demam. 
Seperti yang diujarkan Duta ASI Indonesia, Dr. Atilla “Jika suhu anak meningkat hingga 37°C, bisa langsung diberikan air putih. Karena demam bisa disebabkan dari kurangnya konsumsi air atau dehidrasi.” Kurangnya kesadaran anak-anak akan kebutuhan asupan cairan, menjadikan keseimbangan cairan tubuhnya masih belum sempurna. Hal inilah yang bisa membuatnya terserang demam. Sebagai obat anak yang alami, ada baiknya Anda memastikan asupan cairan yang diminum anak secara cukup agar demam yang diderita cepat hilang dan tercegah untuk kembali lagi.



3. Kompres dan mandikan dengan air hangat

Mengompres dan memandikan anak dengan air hangat juga merupakan cara mudah menurunkan demam si kecil. Dengan mengompres anak dengan air hangat, pori-pori kulit anak dapat terbuka sehingga panas tubuh dapat keluar dengan mudah. Kompres yang benar untuk dilakukan sebagai obat anak ketika demam adalah pengompresan yang dilakukan dengan air hangat dan diletakan di daerah-daerah lipatan tubuh anak, bukan hanya di kening. Obat anak yang satu ini dapat dipastikan mampu menurunkan demam anak dengan optimal jika dilakukan secara benar, juga didukung oleh penerapan istirahat yang cukup dan asupan cairan yang cukup bagi anak Anda.

4. Berikan obat-obatan herbal  dan vitamin

Selain menerapkan cara-cara tradisional di atas, menurunkan demam pada anak juga dapat dilakukan dengan memberikan vitamin dan obat anak yang berasal dari ramuan herbal dan alamiah. Penggunaan obat anak berbahan herbal ini tidak kalah ampuh dibandingkan obat-obatan kimia. Dampaknya pun lebih aman karena kandungan alami yang lebih tinggi, serta toksisitasnya yang lebih rendah tidak memberikan efek samping. 

Beberapa tanaman herbal yang bisa digunakan untuk menurunkan demam anak Anda, antara lain kunyit, temulawak, meniran, air kelapa muda, dan masih banyak lagi. Anda pun tidak perlu khawatir akan sulit mendapatkannya, karena tanaman herbal ini dijual di mana saja, mulai dari swalayan sampai pasar tradisional. Dengan pengolahan yang benar juga konsumsi yang sesuai, obat-obatan ini dapat menyembukan buah hati Anda dari sakit demamnya dengan cepat.

Kesehatan anak pastinya merupakan hal yang penting untuk Anda jaga. Sebagai orang tua, Anda ingin melihat buah hati bertumbuh kembang dengan baik dan sehat. Mencarikan alternatif sebagai obat anak adalah salah satu upaya yang dapat Anda lakukan demi kesehatannya. Namun, menjunjung perlindungan orang-orang yang Anda cintai secara optimal akan sulit jika dilakukan seorang diri. Untuk menjawab kebutuhan Anda Zurich menyediakan Ziaga Life (BTN) sebagai perlindungan untuk sang buah hati juga keluarga. Pembiayaan premi tanpa tambahan dan pemilihan masa perlindungan asuransi yang fleksibel, dapat memudahkan Anda dalam mengoptimalkan kualitas hidup keluarga. Berikan yang terbaik bagi keluarga dan lihat selengkapnya di sini.