• Protect the environment. Think before you print.

Bangun Motivasi Bisnis dengan 5 Kebiasaan Ini

19 Oktober 2017

Banner

Bukan rahasia lagi jika memulai bisnis bukan hal yang mudah dan dibutuhkan kesungguhan dalam melaksanannya. Salah satu elemen penting yang diperlukan dalam membangun atau menjaga stabilitas adalah motivasi dari pemiliknya. Tentu menjaga motivasi bisnis tersebut tidak semudah membalikkan telapak tangan. Terlebih dengan berbagai hambatan yang mungkin dihadapi seperti stuck dalam ide maupun naik-turunnya keadaan bisnis.

Dengan motivasi bisnis yang tetap terjaga, hambatan di dunia bisnis harusnya bukan masalah. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk memacu motivasi bisnis tersebut. Nah, bagi Anda para pebisnis, yuk simak kebiasaan yang dapat membangun motivasi bisnis agar dapat terus bersemangat dalam menjalankannya!

1.Perbanyak bertanya
Mulailah melihat hal-hal di depan Anda dari sisi yang berbeda, setelah itu ajukanlah berbagai pertanyaan. Banyak bertanya bukan berarti Anda tidak menguasai sesuatu, melainkan berusaha untuk melihat lebih jauh. Ajukanlah pertanyaan-pertanyaan yang out of the box dan kritis, baik kepada diri sendiri maupun orang lainndapat orang lain untuk memancing motivasi bisnis. Sebab, ide dalam berbisnis dapat ditemukan di mana saja. Bisa saja, dengan mendengarkan keluhan teman dan keluarga dapat memberikan sebuah ¬insight yang menjadi ide bisnis, bukan?



2.Bangun lebih awal
Early bird gets the worm. Peribahasa yang terkenal di berbagai negara ini memang bukan sekadar kata-kata saja. Buktinya, banyak entrepreneur yang memilih untuk bangun lebih pagi setiap harinya. Memang, selain membuka kesempatan lebih besar, dengan bangun lebih pagi Anda dapat membantu tubuh dan pikiran untuk lebih terjaga dan fokus. Selain itu, tidak perlu khawatir untuk terburu-buru dan disibukkan dengan berbagai hal yang serba dadakan. Bangun pagi juga memungkinkan Anda untuk melakukan persiapan lebih banyak sehingga memancing motivasi bisnis. 

Saat bangun di pagi hari, bangunlah sebuah rutinitas yang memicu motivasi bisnis. Misalnya adalah dengan membuat perencanaan bisnis setelah berolahraga. Sisipkan juga kegiatan evaluasi atas kinerja bisnis Anda di hari sebelumnya sekaligus penentuan strategi mengenai apa yang akan dilakukan terhadap bisnis tersebut hari ini. Sedikit persiapanakan membuat Anda dan bisnis yang dimiliki menjadi lebih siap.



3.Get inspired
Inspirasi bisa datang dari mana saja. Akan tetapi, tidak ada salah nyamen gejar bola dengan mencarinya di tempat-tempat yang pasti memberikan pengetahuan baru mengenai dunia bisnis. Beberapa hal yang dapat dilakukan misalnya adalah dengan menonton berbagai acara yang menyuntikkan motivasi bisnis dari para pakarnya. Motivasi bisnis pun dapat diperoleh dengan mendengarkan berbagai podcast yang tersedia di internet. 

Cara lain untuk menjadi terinspirasi dan memancing motivasi bisnis adalah dengan melihat kegiatan yang dilakukan competitor terhadap bisnis mereka. Tidak ada salahnya melihat apa yang merekalakukan dan melakukan evaluasi kecil-kecilan. Carilah kelemahan dari bisnis mereka dan buatlah hal tersebut menjadi kelebihan dari bisnis Anda.



4.Jadi yang terdepan dengan membuat perencanaan
Salah satu ciri orang-orang yang sukses dalam berbisnis adalah mereka mengetahui secara rinci apakah yang mereka inginkan dan harus lakukan. Dengan mengetahui secara dalam mengenai seluk-beluk bisnis yang dijalani, Anda pun dapat lebih memiliki motivasi bisnis dan bersemangat. Sebab, Anda yakin betul apa yang akan dilakukan. Mulailah membuat rincian target Anda hari ini. Setelah itu, jabarkan juga langkah yang diambil. Buat juga pengingat agar Anda tetap on track setiap harinya.

Lindungi sekarang dengan Asuransi Jiwa