• Protect the environment. Think before you print.

Ketahui 5 Alasan Pentingnya Agenda Liburan Keluarga

19 Oktober 2017

Momen liburan keluarga bukan hanya menyenangkan, namun juga penting. Ini alasannya!

Banner

Menyisihkan waktu liburan dipercaya dapat membuka kesempatan untuk beristirahat dan rileks setelah penat dengan berbagai aktivitas. Ternyata, lebih dari itu. Selain sebagai momen beristirahat sekaligus menghidupkan kebersamaan dan keharmonisan, liburan keluarga memiliki manfaat lebih. Bahkan, agenda yang satu ini tidak boleh dilewatkan oleh keluarga Anda, terutama yang sudah dikaruniai buah hati. Tahukah Anda alasan pentingnya agenda liburan keluarga? Simak penjelasannya berikut, yuk!

1.Menghadirkan momen manis untuk diingat

Setiap detik bersama keluarga tercinta memang menghadirkan perasaan tenteram. Bahkan saat keluarga berkumpul di rumah pun akan terasa spesial. Namun, tidak ada salahnya melakukan sentuhan yang sedikit berbeda bagi memori Anda dan keluarga, bukan? Bertahun-tahun kemudian, Anda dan keluarga akan mengingat betapa berharganya waktu yang telah terlewati dan momen manis yang ada di dalam liburan tersebut.

2.Bermanfaat bagi si kecil

Belum banyak yang tahu bahwa liburan keluarga dapat membantu perkembangan otak bagi buah hati. Setidaknya, tiga aspek yang dibutuhkan oleh si kecil saat sedang bertumbuh dapat memperoleh manfaatnya. Manfaat pertama yang dapat dirasakan saat liburan yakni dua sistem otak yakni “Play” dan “Seeking” akan terlatih. Kedua sistem ini bermanfaat dalam membuat anak mampu memiliki keinginan dan berantisipasi terhadap berbagai hal yang terjadi di sekitarnya.

Selain itu, liburan keluarga  yang disertai kegiatan bermain bersama pun memberikan manfaat bagi rasa percaya diri pada anak. Sebab, saat itu anak akan secara tidak langsung menerima pesan bahwa ia diperhatikan dan keluarganya senang menghabiskan waktu dengannya. Rasa percaya diri yang tumbuh ini bisa jadi bekal untuk menghadapi kehidupan sosial yang akan dijalaninya. Terakhir, sebuah penelitian pun menyatakan bahwa tingkat konsentrasi dan perhatian anak akan meningkat jika ia berada di alam selama minimal 20 menit.



3.Sebuah sarana edukasi

Setujukah Anda bahwa pengajaran bagi si buah hati bukan hanya berasal dari lembaga edukasi yang resmi? Ya, lingkungan dan berbagai kegiatannya juga merupakan sarana bagi proses tumbuh dan kembangnya. Untuk menambah daftar pengalaman si kecil, ajaklah ia mengikuti liburan keluarga ke tempat yang belum pernah didatangi sebelumnya. Di sana, ia akan mulai mengenal banyak hal, misalnya mengenai arah, bersosialisasi, bahkan menghargai perbedaan dan perlahan menguasainya.

Sebagai referensi, ajak si kecil yang telah cukup usia mengunjungi perkotaan agar ia tahu bagaimana caranya menggunakan soft skill seperti berkomunikasi, berusaha mencari lokasi, dan memicu keberaniannya untuk bepergian. Jika ingin memberikan pengajaran mengenai alam, ajaklah ia bepergian ke pantai atau lokasi lainnya. Bisa jadi, Anda akan dikejutkan dengan betapa mahirnya si kecil dalam mengerjakan sesuatu yang belum pernah dilakukan sebelumnya.


 
4.Berbagi waktu yang berkualitas dengan tiap anggota keluarga

Jika buah hati telah memasuki masa-masa berpikir bahkan usia remaja, liburan menjadi sebuah momentum tepat untuk saling mengerti dan menyelami pikiran satu sama lain. Obrolan mengenai berbagai hal di sekitar yang tidak dilakukan di rumah, bisa menjadi sebuah pintu bagi terhubungnya pikiran Anda dan anak Anda. Terlebih, jika ia sedang berada dalam masa remaja yang memungkinkannya untuk memiliki kemampuan berpikir baru dan adanya pengaruh hormon di tubuh. Dengan berada di tempat yang tepat dan waktu yang sesuai, pikiran dan isi hati pun akan lebih mudah tersampaikan.

Jadi, tunggu apa lagi? Segeralah rencanakan sebuah momen liburan keluarga nan menyenangkan dengan si buah hati. Jangan lupa, ajak mereka untuk ikut dalam perencanaannya agar kemampuan dan rasa percaya diri dapat ikut terbentuk. Sebagai sebuah perlindungan terhadap Anda dan keluarga, pastikan juga perjalanan liburan kali ini terproteksi Zurich Passport. Rasakan berbagai kemudahan dan kenyamanan dalam liburan dengan aplikasi perlindungan secara online yang mudah dan instan melalui Zurich Click, perlindungan bagasi pribadi, perlindungan kehilangan uang beserta dokumen perjalanan.