• Protect the environment. Think before you print.

Menelusuri 5 Destinasi Penting Umat Islam di Kota Madinah

18 Oktober 2017

Ketahui destinasi penting yang wajib Anda datangi ketika berkunjung ke Kota Madinah

Banner

Selama ratusan tahun, kota-kota di Timur Tengah terutama Arab Saudi selalu menjadi tempat yang sering dikunjungi oleh wisatawan. Tentu saja, selain predikatnya sebagai tempat yang menjadi cikal bakal munculnya agama Islam, berbagai tempat menarik menjadi alasan kota-kota ini dikunjungi. Kota Madinah, menjadi salah satu tempat yang paling sering dikunjungi. Nilai sejarahnya yang tinggi dan predikatnya sebagai pusat kejayaan Islam pada masa Nabi Muhammad SAW, serta menjadi salah satu lokasi penting bagi perkembangan agama Islam menjadi alasan tempat ini banyak dikunjungi.  Lalu, mana sajakah destinasi penting bagi umat Islam di kota Madinah yang dapat Anda kunjungi? Yuk simak 5 inspirasinya!


 
1.Jannatul Baqi, hamparan pemakaman mulia sahabat dan keluarga Nabi

Ketika berada di Kota Madinah, Anda akan disuguhkan dengan hamparan makam seluas 138 meter persegi. Makam tersebut merupakan pemakaman utama di kota ini dan menurut masyarakat setempat merupakan tempat bersemayamnya para sahabat dan keluarga Nabi Muhammad SAW.  Terletak berseberangan dengan Masjid Nabawi, letak Nabi Muhammad SAW dikuburkan, membuat Anda tidak perlu jauh-jauh berpindah lokasi kunjungan untuk mendapatkan pengalaman wisata religi. Salah satu keunikan yang terlihat dari Jannatul baqi yaitu karena makam-makam tersebut sangat banyak dan  berjejer dengan rapi dan teratur.


 
2.Jabal Uhud, si “Bukit Menyendiri”

Menjadi salah satu tempat terjadinya peristiwa kelam yakni peperangan, kini Jabal Uhud ramai dengan banyaknya wiasatawan. Tempat bernilai sejarah tinggi ini sangat dicintai oleh Rasulullah SAW sebab merekam momentum perjuangan para sahabatnya ketika perang. Jabal Uhud sendiri menjadi salah satu destinasi menarik yang dapat Anda datangi, karena predikatnya sebagai gunung tertinggi di kota Madinah. Berdiri dalam kesendiriannya, Jabal Uhud pun terlihat seperti sekelompok gunung yang tidak bersambungan layaknya gunung yang lain. Inilah mengapa penduduk di Kota Madinah memberinya sebutan Jabal Uhud yang artinya 'bukit menyendiri'.


 
3.Masjid Nabawi, masjid penting umat Islam

Datang ke Masjid Nabawi pada saat datang ke Kota Madinah, menjadi salah satu list wajib bagi  kebanyakan umat Islam. Pasalnya, masjid ini merupakan peninggalan Nabi Muhammad SAW yang dibangun sendiri oleh beliau. Di pelataran Masjid ini jugalah Nabi Muhammad bersemayam dan dikebumikan. Bangunan masjid yang dapat menampung hingga 535.000 jemaah ini sudah lama berdiri, yaitu sejak 1 Hijriah/622 M dan kemegahannya selalu menjadi daya tarik bagi wisatawan muslim maupun nonmuslim.

Kebanyakan wisatawan yang datang pun bukan hanya untuk beribadah. Namun juga menikmati keindahan bangunan masjid ini. Saat datang berkunjung, Anda dapat mendatangi raudhah (taman surga). Menurut kepercayaan setempat, bila Anda memanjatkan doa di taman surga, Allah SWT akan mengabulkan doa tersebut.


 

4.Madain Saleh Tombs

Tebing batu yang berukir menjadi salah satu bukti adanya sejarah penting pada masanya di Kota Madinah. Salah satu tempat yang perlu ditempuh dengan 7 jam perjalanan dari kota Jeddah ini, kini sudah disahkan sebagai kota warisan dunia. Banyak spekulasi mengenai tembok Madain Saleh ini, karena banyak penduduk setempat mengatakan bahwa tempat ini sudah dikutuk. Sebab di dalam tembok-tembok batu tersebut Anda dapat melihat kotak-kotak yang dulunya merupakan makam. Namun dengan pesonanya yang indah, Madain Saleh menjadi keunikan tersendiri bagi wisatawan yang ingin meilihat.


 

5.Manthaqotul Baido, si “Jabal magnet”

 

Hamparan bukit bebatuan dan pohon kurma menjadi santapan mata Anda saat berjalan menuju Manthaqotul Baido. Terletak 60 kilometer jauhnya dari Kota Madinah, Jabal magnet menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan dengan keunikannya. Tempat ini akan membuat Anda merasakan sensasi tarikan magnet yang mampu menggerakkan kendaraan walaupun dalam keadaan mati.

Mengerti akan kebutuhan atas perjalanan wisata religi yang menenangkan, Zurich Umroh dan Haji hadir untuk memberikan kesempatan bagi Anda untuk menunaikan ibadah umroh bebas dari rasa khawatir. Nikmati berbagai benefit, seperti risiko kecelakaan, biaya pengobatan, evakuasi medis darurat, akomodasi untuk kunjungan anggota keluarga, risiko kehilangan dokumen, hingga keterlambatan perjalanan dan bagasi. Untuk mengetahui produk asuransi ini lebih lengkap, klik di sini.