• Protect the environment. Think before you print.

Tumbuhkan Sikap Peduli Anak dengan 4 Kegiatan Sosial

18 Oktober 2017

Dengan kegiatan sosial, yuk pacu sikap peduli dan empati anak!

Banner

Setujukah Anda bahwa pelajaran bukan hanya diperoleh dari bangku sekolah? Ya, salah satu nilai yang dapat dipelajari di luar pendidikan formal adalah perasaan untuk mampu berempati dan peduli terhadap berbagai hal di sekitar. Mendapatkan hal ini, salah satu caranya adalah dengan terbiasa terlibat dalam kegiatan yang bertema sosial. Mengikut sertakan mereka dalam berbagai kegiatan sosial menjadi penting, sebab penanaman nilai sejak masa kecil merupakan bekal untuk menumbuhkan rasa empati mereka. Yuk, ajak ia peduli dan berempati dengan mengajak mereka ke berbagai jenis kegiatan sosial berikut!

 

1.Ajak mereka berbagi dengan sesama
Berbagi adalah sebuah hal yang kecil, namun sulit dilakukan oleh semua orang. Namun, dengan pengenalan yang tepat semasa kecil, menumbuhkan buah hati yang peduli terhadap sesamanya bisa dilakukan. Di kemudian hari, ia pun tumbuh sebagai individu yang tidak hanya mementingkan diri sendiri, tetapi menghargai orang lain. 

Mulailah mengajak anak Anda untuk berbagi, misalnya berbagi makanan dengan teman sebangkunya. Selain itu, bujuk ia untuk meminjamkan mainannya kepada teman yang tidak memiliki atau menyisihkan sebagian uang jajannya untuk diberikan kepada mereka yang membutuhkan. Dengan memulai kebiasaan berbagi dalam berbagai kesempatan, sikap peduli akan terbangun dengan sendirinya dan ia pun siap menyambut masa dewasa nanti.

2.Ajak bermain permainan yang bertema sosial
Mengajaknya bermain permainan yang bertema sosial dapat membuatnya tersadar bahwa ia tidak hidup sendirian. Dengan ini, si kecil pun mengerti bahwa individu lain memiliki perasaan yang perlu dijaga sekaligus bersenang-senang sesuai dengan usianya. 

Tidak ada salahnya, seminggu sekali atau secara rutin, ajak buah hati bermain dengan anak sebayanya. Gunakanlah permainan interaktif yang membuatnya paham mengenai emosi orang lain, misalnya tebak emosi dengan kartu. Bisa juga, ajak ia melakukan permainan tim yang menyenangkan dengan teman-teman dari panti asuhan.

3.Ikut serta dalam kegiatan sosial yang melibatkan relawan
Jika ia sudah cukup usia, saatnya memperkenalkannya dengan berbagai kegiatan sosial seperti menjadi relawan dalam berbagai kegiatan sosial. Mungkin bukan hal yang mudah membebaskannya bertanggung jawab pada sebuah pekerjaan relawan. Namun, justru hal ini akan menjadi momen Anda untuk mengetahui kemampuannya, bukan?

Ceritakanlah mengenai permasalahan sosial yang terjadi di sekitar berikut dengan kegiatan sosial yang melibatkan relawan. Lalu, pancing minat si kecil untuk berkontribusi di dalam kegiatan tersebut. Namun, seleksi terhadap pekerjaan relawan tersebut perlu Anda lakukan terlebih dahulu dan disesuaikan dengan usianya. Misalnya, beri tahu ia mengenai program relawan untuk menghibur penghuni panti jompo. Pilihan lainnya adalah mengajak ia untuk ikut kerja bakti dalam menjaga kebersihan lingkungan. 
Menumbuhkan sikap saling peduli antar sesama pada si kecil menjadi sebuah peran penting bagi Anda sebagai orang tua. Sebab, jiwa peduli merupakan bekal yang dibutuhkan si kecil pada masa depannya saat terjun ke kehidupan sosial. Selain bekal pendidikan akan kepedulian dan empati yang diperoleh dari ikut serta berkegiatan sosial, penting juga menyiapkan hal lain bagi kehidupannya di masa yang akan datang. Salah satu bentuknya adalah menyiapkan perlindungan jiwa yang tepat dengan Zurich Proteksi 8. Mulailah hidup yang terjamin dengan asuransi jiwa modern yang tidak hanya memberikan perlindungan jiwa selama 8 tahun tetapi juga pengembalian premi sebesar 108% pada akhir masa pertanggungan serta pengembalian Premi ketika polis berakhir. Temukan informasi lebih lanjutnya di sini.