• Protect the environment. Think before you print.

Kenalkan Dunia Pendidikan dengan 5 Cara Menyenangkan

15 November 2017

Belajar bisa jadi menyenangkan! Ayo kenalkan dunia pendidikan dengan 5 cara berikut!

Banner

The goal of education is not to increase the amount of knowledge but to create the possibilities for a child to invent and discover, to create men who are capable of doing new things. - Jean Piaget

Seberapa penting kah pendidikan terhadap buah hati Anda? Tentu sebuah hal yang bernilai sangat tinggi, bukan? Dengan memperoleh akses terhadap dunia pendidikan, si kecil akan mengetahui banyak hal untuk menjadi bekal di masa depannya. Oleh sebab itu, dunia pendidikan penting untuk diperkenalkan sedini mungkin.

Di usianya yang masih belia, mungkin bukan hal yang mudah untuk membuka diri terhadap pengajaran yang diterima. Untuk itu, memperkenalkan dunia ini harus dilakukan dengan cara yang sesuai dengan usianya. Terlebih, jika ia belum duduk di bangku sekolah. Ingin tahu cara apa saja yang dapat dilakukan untuk memperkenalkan dunia pendidikan dengan cara yang menyenangkan? Berikut inspirasinya!

1.Kenalkan dunia pendidikan dengan fun experiments
It’s science time! Semasa kecil, pernahkah Anda terkagum-kagum pada percobaan sains? Kini saatnya si buah hati ikut melihat kehebatannya! Ajaklah ia untuk melakukan percobaan sains sederhana, misalnya menanam beberapa biji dan lainnya. Jika ia masih terlalu kecil, maka Anda perlu melakukannya untuk mereka. 

Dengan fun experiments ini, ilmu yang mereka dapatkan bisa beragam, mulai dari sifat-sifat benda di sekitarnya, sebab dan akibat dari perilaku yang mereka lakukan, dan beragam hal lainnya. Jadi, walau usianya belum cukup untuk mengenyam bangku sekolah, akses terhadap dunia pendidikan telah ia dapatkan dan pengetahuan dasar yang ia miliki bertambah. Sebuah langkah yang besar bagi perkembangannya, kan?

2.Memberikan akses dunia pendidikan dengan menunjukkan fenomena alam
Menunjukkan suatu hal yang besar dan kompleks seperti fenomena alam bagi buah hati hanya dari buku-buku teori akan terasa berat bagi ia yang masih berusia dini. Untuk itu, salah satu kuncinya adalah dengan menunjukkan kepadanya apa yang sedang terjadi di alam atau fenomena-fenomena yang biasa terjadi. Misalnya, jika Anda berpikir penting bagi ia untuk mengetahui tentang banjir, mulailah mengajak ia melihat bagaimana cara menanam pohon untuk mencegahnya. 

Selain memberikan pengetahuan, kemampuan lainnya yang berguna juga bisa diperoleh. Mengenalkan alam secara langsung membuatnya belajar mengenai sifat-sifat benda di sekitarnya. Termasuk juga apa yang harus ia lakukan terhadap hal lain, misalnya menghindarkan diri dari bahaya dan berhati-hati dalam melakukan sesuatu. Sebagai tambahan, dengan berada di alam dan melihat Anda aktif melakukan banyak hal, ia pun akan tertarik untuk ikut serta kemampuan motoriknya akan terasah.

3.Game it up!
Ingin bersenang-senang dan melihat buah hati Anda tumbuh serta belajar banyak hal? Banyak permainan seru yang dapat dicoba, lho! Memberikan edukasi bagi anak dengan game akan menjadi hal yang menyenangkan baginya. Bukan hanya melihatnya bermain dan gembira, pelajaran juga akan lebih mudah diingat karena menjadi sebuah memori yang menyenangkan. Mulai dari puzzle, kartu, bahkan permainan digital kini sudah dapat menjadi media anak untuk belajar. Selain itu, Anda pun dapat membuat mainan edukatif sendiri dengan berbagai ide di internet sebagai sebuah jalan memperkenalkan dunia pendidikan baginya.

4.Sing it out!
Sebuah cara lama, tetapi pastinya Anda tidak melupakan bagaimana cara ini membantu pelajaran saat masih kecil, bukan? Walau lumayan kuno, belajar dengan menggunakan medium lagu selalu saja berhasil. Lirik unik dan nada yang riang akan lebih dihafal, dibandingkan dengan harus menghafal sesuatu secara textbook. 
Berbagai penelitian bahkan telah menemukan keuntungan dari metode pengajaran bagi dunia pendidikan yang satu ini. Misalnya, penelitian dari University of Edinburgh menemukan bahwa dengan bernyanyi, belajar bahasa asing akan menjadi lebih mudah. Beberapa pelajaran yang Anda bisa berikan dengan metode ini selain bahasa asing, misalnya adalah hafalan dan segala sesuatu yang berurutan.

5.Go on a field trip
Siapa yang tidak suka jalan-jalan? Tentunya, si kecil akan menyambut dengan riang jika Anda akan mengajaknya berjalan-jalan. Bukan perjalanan biasa, kali ini trip Anda dan ia akan berisi hal-hal edukasi. Ya, dengan mengubah tujuan jalan-jalan Anda ke tempat yang penuh informasi akan menjadi metode apik untuk memperkenalkan dunia pendidikan kepada si kecil. Sudah siap membuat agenda ke art gallery, museum, peternakan, tempat edukatif lainnya?

Dunia pendidikan menjadi sebuah kebutuhan yang penting untuk menjamin masa depan si kecil.  Untuk itu, siapkanlah perlindungan yang tepat bagi masa depannya nanti dengan Zurich Pro-fit 8 yang akan memberikan Anda perlindungan dari segala risiko yang dapat terjadi serta manfaat masa depan yang bertumbuh. Temukan manfaat selengkapnya Zurich Pro-fit 8 di sini.