• Protect the environment. Think before you print.

Siapkan 5 Menu Makanan Sehat Mudah untuk Sarapan

15 November 2017

Awali hari Anda dengan menu makanan sehat yang baik untuk tubuh

Banner

Apakah sarapan pagi selalu menjadi aktivitas Anda sebelum memulai hari? Sayangnya, hingga kini masih banyak orang yang seringkali meremehkan kebaikan dan manfaat dari sarapan pagi, apalagi dengan menu makanan sehat. Dengan alasan tidak ada waktu yang cukup, waktu berharga ini pun terlewatkan. Tidak sedikit juga yang menyebutkan bahwa sarapan pagi akan memberikan efek ngantuk dan mengganggu aktivitas. Padahal, berbagai penelitian menyatakan bahwa sarapan pagi merupakan komponen utama agar tubuh dapat melakukan aktivitas secara maksimal sebab makanan sehat dan bergizi dapat memenuhi kebutuhan asupan energi yang diperlukan tubuh untuk bekerja.

Selain kegiatan sarapan itu sendiri, memilih menu yang akan dikonsumsi sangat penting. Pilihan yang tepat dapat mencegah lapar saat jam-jam berikutnya. Dengan nutrisi yang baik dari makanan sehat, Anda pun dapat menjalankan hari dengan penuh semangat. Siapa bilang makanan sehat sulit untuk dibuat? Yuk, siapkan sarapan sehat nan mudah dengan manfaat  5 menu sarapan berikut!

1.Omelet  sayur, makanan sehat praktis

Omelet merupakan jenis makanan berasal dari Perancis yang berbahan dasar telur. Dari bahan dasarnya, tentu Anda sudah tahu bahwa makanan ini sangat menyehatkan. Telur sendiri merupakan makanan yang tinggi akan protein, asam lemak dan omega3, sehingga baik untuk kesehatan. Terlebih, dengan campuran beberapa jenis sayur yang ditambahkan ke dalamnya dan tentunya mengandung berbagai jenis vitamin dan serat.
Cara pembuatannya cukup mudah! Pilihlah beberapa jenis sayur kesukaan yang mengandung nutrisi bagi tubuh, misalnya wortel, brokoli, atau kol. Setelah itu, potong kecil-kecil dan masukkan ke dalam telur yang telah dikocok. Lalu, tuang di atas wajan panas yang telah dilapisi minyak rendah kolesterol, misalnya olive oil atau sunflower oil.

2.Sandwich telur, mudah nan sehat

Menu sarapan pagi yang satu ini mempunyai kandungan gizi, mineral, dan vitamin yang lengkap. Selain dapat memberikan karbohidrat cukup, kadar lemaknya juga rendah jika Anda menggunakan roti gandum. Untuk tambahan protein agar lebih bertenaga, Anda dapat menambah olahan daging cincang, telur, atau salmon panggang, sesuai dengan selera. Jenis sayuran yang digunakan pun dapat menyesuaikan, walau umumnya selada dan bayam-lah yang digunakan. Sandwich telur sendiri tidak memerlukan waktu banyak dalam pembuatannya, dengan begitu Anda bisa melakukannya di pagi hari.

3.Smoothies, makanan sehat on the go

Tidak memiliki waktu yang panjang untuk sarapan pagi? Baiknya Anda mencoba makanan sehat berikut ini. Bila Anda berpikir smoothies hanya dibuat dari berbagai buah yang dihaluskan, kini saatnya mencampur berbagai sayuran kesukaan ke dalam smoothies! Hanya saja, pastikan untuk melakukan research lebih dalam mengenai kandungan dan bagaimana melakukan pencampuran kedua bahan alami tersebut.
Tidak suka sayuran? Bukan masalah! Dengan mengetahui nutrisi dari buah yang digunakan, layaknya fashion, Anda pun dapat melakukan mix n match buah-buahan yang melengkapi kebutuhan vitamin juga serat. Hanya perlu menghaluskan semua bahannya dan masukkan ke dalam tumbler favorit, breakfast on the go dapat Anda lakukan. Hemat waktu, bukan?

4.Salad buah, fresh for your day!

Who says that fruits are only for dessert? Bukan hanya jadi pencuci mulut yang manis, konsumsi buah di pagi hari sebagai menu utama sarapan juga bermanfaat! Selain karena makanan sehat ini memiliki rasa yang segar dan membuat Anda melek di pagi hari, buah juga menghindarkan tubuh dari rasa lemas. Ya, rasa kenyang yang diperoleh dari terlalu banyak karbohidrat di pagi hari dapat Anda hindari dengan mengganti menu sarapan dengan salad buah. Agar rasanya semakin lezat, gunakan madu, mayonnaise, atau fla pudding sebagai campurannya, ya!

5.Fruit bowl, si cantik nan sehat

Ingin sedikit lebih bertenaga? Campuran karbohidrat seperti muesli, granola, dan oatmeal bisa jadi jawabannya. Bukan hanya sehat, fruit bowl dengan campuran ketiga pilihan asupan karbohidrat itu juga cantik dilihat. Sarapan jadi lebih semangat, kan?
Ketiga pilihan ini bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya Anda ingin memotong asupan gula, maka hindarilah memilih granola. Lihat juga kandungan dari ketiga bahan tersebut dalam kemasannya dan pilihlah secara tepat. Lalu, campurkan buah-buahan favorit dan tambahkan kacang-kacangan untuk melengkapi kebutuhan protein. 

Dengan mengawali hari dengan makanan sehat, berarti Anda sudah memberikan kontribusi baik untuk meningkatkan kualitas hidup. Memperhatikan kualitas hidup sendiri, bukan hanya berarti untuk Anda. Namun, juga bagi keluarga Anda nantinya. Sama seperti Ziaga Jiwa hadir untuk memastikan agar keluarga Anda dapat tetap menjaga kualitas hidup mereka sekalipun sesuatu terjadi terhadap diri Anda sehingga masa depan keluarga pun tetap terjamin. Baca informasi selengkapnya di sini.