• Protect the environment. Think before you print.

Wujudkan Masa Tua Tenang dengan 5 Jenis Usaha Setelah Pensiun

08 Februari 2018

Simak jenis usaha setelah pensiun yang bisa Anda lakukan di masa tua

banner usaha setelah pensiun

Sibuk bekerja di masa muda? Hal tersebut mungkin sudah biasa Anda lihat di kehidupan sehari-hari. Ya, masa muda memang menjadi masa berjaya dalam bekerja, baik seseorang itu karyawan atau pengusaha. Dengan tenaga dan semangat yang masih membara, aktif setiap hari bukan hal yang sulit demi usia tua yang lebih tenang dan terjamin. 

Walau masa muda identik dengan bekerja, bukan tidak mungkin Anda tetap melakukannya di usia senja nanti. Selain tetap memperoleh pendapatan dan mempertahankan pundi-pundi rupiah yang dimiliki, Anda pun akan tetap bugar karena tubuh dan pikiran masih secara aktif digunakan. Salah satu pekerjaan yang cocok di usia senja adalah membuka usaha setelah pensiun. Apa saja sih inspirasi usaha yang bisa dilakukan? Berikut pembahasannya!

 

1.Membuka usaha properti

Membuka usaha properti sudah jadi resep dari masa ke masa dalam menambah pundi-pundi rupiah ke dompet Anda. Rahasianya, tentu saja karena nilai properti akan selalu meningkat seiring berjalannya waktu. Keuntungan besar pastinya akan Anda dapatkan. Bila memiliki bangunan yang tidak dihuni, membuat bisnis penyewaan rumah bisa menjadi solusi untuk masa depan Anda. Bisnis penyewaan rumah/kontrakan kini mulai banyak digandrungi oleh banyak orang. Tanpa harus kehilangan bangunan dan tanah, Anda tetap bisa mendapatkan penghasilan yang stabil. Melakukan perawatan yang baik, bangunan milik Anda akan memiliki nilai plus dimata para penyewa. Dengan usaha setelah pensiun ini, walaupun Anda sudah sudah tidak bekerja, tetapi masih ada pemasukan yang signifikan.
 
Walau terlihat menjanjikan, memang butuh modal yang cukup besar dalam membuka bisnis setelah masa pensiun yang satu ini. Tidak perlu khawatir, kini telah tersedia beragam cara untuk memperoleh bangunan baik dengan KPR maupun sistem lainnya. Jika Anda belum tertarik memiliki properti sendiri, menjadi pihak ketiga/penjual juga bisa dilakukan.

 

2.Agrobisnis

Memiliki hobi merawat tanaman? Bila tanaman yang dulu hanya menjadi pemanis halaman rumah dan terkadang terabaikan karena kesibukan kantor, di usia lanjut nanti, justru bisa Anda jadikan salah satu sumber penghasilan!

Menanam sayuran menjadi salah satu usaha setelah pensiun yang bisa Anda lakukan. Selain mudah, menanam sayuran tidak memakan waktu yang lama dalam pertumbuhannya. Dengan begitu, menanam sayuran pada halaman rumah akan sangat mudah untuk dirawat. Namun bila Anda tidak memiliki halaman yang cukup, memanfaatkan lantai dua rumah bisa menjadi solusinya.

 

3.Usaha peternakan

Selain tanaman, usaha peternakan bisa Anda lakukan setelah melewati pensiun. Modal usaha setelah pensiun misalnya berternak tidak akan memakan biaya yang banyak, sehingga Anda tidak perlu khawatir pada saat pendanaan. Anda dapat mengembangkan ternak bebek atau ayam yang tidak sulit dalam penangannya. Usaha ini bisa dijalankan dengan membuat/membeli kandangan di belakang halaman rumah. Lalu, membeli induk ayam atau bebek dengan pejantannya agar dapat berkembang biak dengan cepat.

 

4.Investasi asuransi

Usaha setelah pensiun selanjutnya yaitu investasi asuransi, yang dapat menjamin masa tua. Sedini mungkin Anda harus mengambil keputusan untuk merencanakannya, sebab akan berdampak besar untuk hidup Anda kelak. Sehingga walaupun sudah tidak memiliki penghasilan, tetapi Anda masih memiliki uang pegangan. Dengan begitu setelah Anda pensiun dari perusahaan, masa usia senja pun akan terjamin

Cepat atau lambat setiap orang akan mengalami masa pensiun, mempersiapkannya sedini mungkin merupakan langkah terbaik. Dengan perencanaan dana pensiun, Mahacita Protection hadir untuk mempersiapkan kesejahteraan masa tua Anda.

Pelajari disini: Pilihan Jenis Asuransi Jiwa