• Protect the environment. Think before you print.

4 Ide Usaha Kreatif yang Cocok untuk Anak Muda

29 Maret 2018

Masa muda menjadi waktu yang tepat dalam mewujudkan berbagai ide kreatif. Berikut 4 ide usaha kreatif yang cocok dilakukan oleh anak muda!

banner

Masa muda menjadi waktu tepat dalam mewujudkan berbagai ide kreatif. Kreativitas yang tanpa batas dan kekuatan fisik yang juga masih dalam kondisi prima membuat Anda bisa melakukan segalanya dan berkreasi sebebas-bebasnya. Selain sebagai proses aktualisasi diri atau sekadar hobi, kreativitas juga dapat menjadi sumber mata pencaharian atau sekadar menambah uang jajan. Butuh suntikan ide usaha kreatif apa yang dapat Anda coba? Berikut 4 ide usaha kreatif yang cocok dilakukan oleh anak muda! Berani coba?

 

Creative Furniture

Tidak bisa dipungkiri, kebutuhan atas papan atau perumahan meningkat setiap tahunnya. Sejalan dengan itu, kebutuhan akan furnitur untuk melengkapinya juga meningkat. Namun, kebutuhan akan furnitur ini bukan lagi hanya berkutat pada fungsinya, lho! Desain yang futuristik dan multifungsi juga jadi pertimbangan pemilihan furnitur bagi pemilik rumah.

Ini kesempatan Anda untuk menjadikannya sebuah ide usaha! Untuk membuat bisnis creative furniture yang sukses, pastikan hasil karya Anda memenuhi gaya yang tidak standar tetapi nyaman digunakan. Bahannya pun dapat diperoleh dengan cara beragam, misalnya menggunakan bahan-bahan daur ulang sehingga dapat menambah nilai plus dari produk yang dihasilkan.

 

Social Media Management

Perubahan dunia digital yang pesat juga bisa jadi pintu untuk membuka kesempatan Anda mewujudkan usaha. Salah satunya yang kini sedang marak dan cukup dibutuhkan adalah menjadi salah satu penyedia jasa social media management. Butuh beberapa skill khusus untuk melakukannya, pertama adalah kemampuan dalam melihat tren. Untuk mendapatkan perhatian di dunia digital, konsep yang out of the box juga diperlukan.

Selain menyiapkan konsep yang tepat dan sesuai dengan perkembangan zaman, keahlian lainnya yang dapat dipelajari adalah kemampuan dalam menulis. Pastikan konten yang Anda buat disampaikan dengan tepat sasaran. Selanjutnya dan yang memegang porsi cukup penting terutama jika Anda menggunakan platform Instagram atau Facebook adalah kemampuan fotografi dan desain grafis yang juga baik. Jika Anda memiliki semua kemampuan tersebut, paket komplit social media management bisa Anda tawarkan.

 

Sustainable Fashion

Ingin mewujudkan ide usaha kreatif dan juga berkontribusi bagi lingkungan? Dunia fashion punya jawaban yang tepat melalui konsep sustainable fashion. Ide yang satu ini berangkat dari kesadaran akan permasalahan lingkungan yang muncul akibat produksi besar-besaran di dunia fashion. Namun, siapa sangka bila bukan lagi hanya memenuhi peran sebagai salah satu pilihan untuk go green, sustainable fashion kini hadir dengan berbagai desain yang menarik.

Untuk dapat melakukan ide ini, tentu saja Anda perlu memahami berbagai cara pembuatan pakaian tersebut. Tidak lupa dan salah satu yang paling penting, desain yang Anda buat juga harus cukup menarik dan nyaman digunakan. Satu lagi, aspek ramah lingkungan juga menjadi sebuah konsep yang membungkus hasil karya Anda menjadi lebih menarik.

 

Travel Coordinator

Setujukah Anda bahwa saat ini traveling sudah menjadi sebuah bagian dari gaya hidup? Bukan hanya liburan pelepas penat, jalan-jalan kini sudah menjadi kebiasaan yang dilakukan untuk berbagai kepentingan tertentu. Menyiapkan tiket atau penginapan  dan menyiapkan itinerary bukan lagi beberapa hal yang harus Anda lakukan. Sebagai travel coordinator di era ini, Anda pun perlu menyiapkan konsep traveling hingga kebutuhan dalam sisi kreatif, misalnya menyediakan jasa fotografer liburan hingga “branding”-an dari trip itu sendiri sebagai salah satu usaha. Menyenangkan, bukan?

 

Dengan ide yang out of the box dan manajemen yang baik, ide usaha kreatif dapat menjadi bisnis yang tepat bagi anak muda. Alangkah baiknya jika berjalannya usaha tersebut juga diiringi dengan perlindungan masa depan yang tepat melalui cara investasi. Jadi, pendapatan Anda bukan hanya dari usaha itu sendiri, namun juga dana dari investasi yang bertumbuh. Pastikan Anda menempatkan investasi yang tepat, yakni yang juga memberikan perlindungan atas Anda dan investasi Anda.

Baca lebih lanjut: Manfaat Asuransi Jiwa