• Protect the environment. Think before you print.

5 Hobi Seru untuk Ibu Rumah Tangga. Berani Coba?

29 Maret 2018

Selain mampu melakukan banyak hal sekaligus, menjadi seorang ibu rumah tangga bukanlah hal yang membosankan. Anda bisa mencoba beberapa hal berikut ini yang sekaligus dapat dijadikan sebagai hobi seru.

banner

Menjadi seorang Ibu memang gampang-gampang susah. Seorang ibu harus mempunyai banyak keahlian dari mulai mengurus anak, mengatur keuangan keluarga sampai dengan menjadi motivator bagi sang suami. Memiliki peran yang begitu penting dalam keluarga, seringkali ibu rumah tangga dituntut untuk harus multitasking dalam berbagai hal. Sebagai seorang ibu hebat yang setiap waktu berhadapan dengan segala pekerjaan rumah, Anda juga dapat melakukan beberapa hal berikut ini di rumah sebagai hobi seru.

 

1. Hobi Menata Ruang

Rumah sebagai tempat tinggal seluruh keluarga, sudah seharusnya berada dalam kondisi paling nyaman. Sebagai ibu rumah tangga, sembari melakukan berbagai kegiatan membersihkan rumah, Anda juga dapat mencoba menata ulang beberapa bagian ruangan di rumah untuk menciptakan suasana baru agar terasa lebih nyaman dan tidak membosankan. Barang yang digunakan untuk menata ulang ruang pun tidaklah harus selalu baru, Anda dapat memanfaatkan barang-barang bekas yang dikreasikan kembali untuk menjadi perabot tambahan di rumah. Sebagai referensi, mulailah melihat inspirasi mengolah barang bekas untuk hiasan rumah atau trik menata rumah melalui website ataupun media sosial. Dengan menata kembali ruangan, Anda mungkin dapat menemukan beberapa barang atau mainan anak yang selama ini  dicari karena lupa di mana menaruhnya.

 

2. Hobi Menjahit

Ketika kancing seragam sekolah anak Anda terlepas atau sekadar ingin menambahkan pita untuk mempercantik baju, terkadang Anda harus mencari tukang jahit terlebih dahulu. Padahal hal sederhana tersebut dapat dilakukan sendiri jika memiliki keterampilan menjahit. Menjahit juga dapat menjadi hobi yang seru. Dengan melakukan kegiatan menjahit, membuat Anda lebih kreatif sekaligus melatih kesabaran dalam menciptakan sesuatu mulai dari awal. Tidak perlu menjahit sesuatu yang rumit, Anda dapat memulainya dengan mempelajari teknik dasar menjahit. Menjahit selalu berhubungan dengan jarum dan benang, karena itu sebaiknya Anda juga mengenali jenis-jenis teknik dasar menjahit yang biasa dilakukan secara manual. Teknik menjahit menggunakan tangan memang sudah seharusnya dipelajari karena Anda dapat menemukan lebih banyak variasi dibandingkan dengan menggunakan mesin. Jika Anda tertarik melakukannya dengan mesin jahit, mulailah untuk mencari tahu jenis mesin yang cocok untuk Anda sebagai pemula dan bagaimana cara dalam menggunakan mesin tersebut.

Informasi apapun mengenai hobi menjahit, dapat secara praktis didapatkan melalui Internet atau dengan mengikuti kursus singkat yang hanya butuh waktu sekitar 6 bulan.

Dengan menjahit pakaian sendiri, Anda juga otomatis dapat menghemat pengeluaran untuk membeli baju baru. Bahkan dengan kemampuan menjahit yang sudah mumpuni, Anda pun juga bisa menjadikan hasil karya menjahit Anda sebagai hadiah untuk orang terdekat.

 

3. Hobi Fotografi

Hobi mengabadikan momen lewat potret ini juga patut dicoba sebagai hobi seru untuk ibu rumah tangga. Semua kenangan bersama keluarga dan orang tercinta bisa Anda abadikan sendiri dengan mempelajari bagaimana teknik mengambil foto yang baik. Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi membayar mahal jasa foto untuk mendapatkan album foto keluarga. Anda bisa memulainya dengan mempelajari teknik dasar fotografi dari internet maupun buku-buku panduan fotografi di pasaran. Hobi fotografi tidak harus dilakukan dengan kamera mahal seperti DSLR. Anda bisa mencoba dengan kamera pocket atau pun kamera handphone. Selain sudut pemotretan dan objek foto yang tepat, hal terpenting yang perlu diketahui tentang fotografi adalah mengenai unsur-unsur fotografi seperti, teknik pencahayaan, komposisi objek dan momen yang tepat. Kemauan Anda dalam mencoba dan berlatih dengan mulai mengambil foto sendiri juga dibutuhkan, untuk kemudian mempelajari kekurangan dan kelebihan hasil foto tersebut.

 

4. Hobi Berkebun

Selain dapat mempercantik halaman rumah agar tidak tampak gersang, hobi berkebun juga bisa menjadi sarana olahraga yang menyegarkan pikiran bagi ibu rumah tangga. Kegiatan berkebun seperti memangkas rumput, menanam tanaman, memupuk sampai dengan menyiramnya akan membakar banyak kalori di tubuh. Jumlah kalori yang terbakar pun dapat mencapai hingga 380 kalori, melebihi jumlah saat Anda bersepeda. Disamping itu, berkebun juga dapat menurunkan stres karena membuat Anda sebagai ibu rumah tangga bersentuhan langsung dengan alam seperti bunga dan tumbuhan segar. Hal tersebut bisa menstimulasi otak dan membawa perasaan tenang serta nyaman pada diri Anda. Menghabiskan weekend dengan berkebun bersama keluarga juga akan menghadirkan suasana hangat.

 

5. Hobi Memasak

Memasak pasti sudah jadi kegiatan rutin Anda. Dengan memasak sendiri hidangan untuk keluarga, Anda dapat mengatur asupan gizi keluarga dan tak perlu khawatir tentang bahan apa saja yang digunakan sehingga kesehatan keluarga terjamin. Tak hanya itu, Anda sekaligus bisa menghemat uang karena tidak perlu lagi membeli makanan di luar. Mengenal berbagai bumbu dapur sampai dengan mengetahui cara memotong daging tertentu juga bisa didapatkan dengan menekuni hobi masak. Mulai dari melihat video masak hingga membeli buku resep hidangan kesukaan Anda. Memasak juga dapat memberikan kebahagiaan sendiri terutama saat makanan yang Anda masak disukai oleh seluruh anggota keluarga.

 

Memiliki kehidupan yang seimbang antara menjalani kewajiban dengan mengembangkan potensi diri sungguh  menyenangkan. Keluarga tidak kekurangan satu hal pun karena Anda menjalani kewajiban sebagai ibu dengan baik, pun sekaligus Anda menjadi pribadi yang lebih berkembang. Hidup akan jauh lebih berharga, berwarna dan jauh dari kata membosankan. Di saat kualitas rumah tangga Anda sudah terjaga dengan baik, biarkan Zurich Pro-Fit 8 yang memberikan perlindungan bagi kualitas hidup Anda sekeluarga di masa depan.  Klik di sini untuk menemukan keistimewaan dari manfaat yang akan Anda dapatkan.