• Protect the environment. Think before you print.

5 Kebiasaan Agen Asuransi yang Efektif

05 April 2018

Di balik kesuksesan seorang agen asuransi yang dapat membuat para nasabah memberikan kepercayaan penuh, beberapa hal penting berikut ini seharusnya dilakukan oleh orang yang bekerja sebagai agen asuransi!

banner

Setiap pekerjaan tentu menuntut Anda menjalaninya dengan sebaik mungkin. Begitu juga dalam menjadi seorang agen asuransi yang baik, tentu memerlukan berbagai usaha efektif dan efisien yang perlu diterapkan ke dalam kebiasaan kerja. Sebagai upaya meningkatkan kelangsungan produktivitas pekerjaan, Anda perlu merutinkan kebiasaan-kebiasaan berikut.

1. Kelilingi diri Anda dengan rekan yang membawa pesan positif

Saat dikelilingi orang-orang yang sudah lebih berpengalaman dengan hal yang sedang ditekuni, Anda dapat mengambil banyak hal dari mereka sebagai bahan pembelajaran dengan sekadar mengobrol sembari bertukar pikiran. Anda juga dapat bertanya seputar cara jitu menghadapi nasabah dengan berbagai karakter dan persoalan. Lebih dalam lagi, Anda juga dapat menggali bagaimana kunci sukses dari pencapaian yang sudah mereka raih selama ini. Dari berbagai ilmu yang Anda dapatkan melalui berbagai orang yang berbeda, Anda dapat memilah cara mana yang mungkin sesuai untuk diterapkan pada kehidupan Anda sebagai agen asuransi.

Selain rekan yang bekerja dalam bidang yang sama, berkumpul dengan teman yang membawa pesan positif misalnya sering terlibat dalam kegiatan amal dan lain sebagainya juga dapat memicu kepedulian tinggi pada diri Anda. Anda pun akan tertular kebahagiaan yang mereka miliki. Hidup akan lebih menenangkan, bukan?

2. Disiplin dalam membuat jadwal sendiri

Sama seperti setiap pekerjaan lainnya, menjadi seorang agen asuransi tentu memiliki banyak target seperti menjual polis baru, memperbaharui polis yang sudah berakhir, sampai dengan menemukan nasabah baru. Untuk itu, Anda dapat menyusun berbagai rencana. Baik yang akan atau sudah Anda lakukan ke dalam sebuah jadwal atau catatan khusus. Setiap agen sudah seharusnya memiliki trik mengatur waktu tersendiri yang dapat disesuaikan dengan kemampuan dan target tertentu. Selain sebagai manajemen waktu, menjadi orang yang teratur juga penting demi menjaga efektivitas kerja Anda.

 

3. Perbanyak Pengetahuan

Untuk dapat menjual sebuah produk, tentu dibutuhkan pemahaman mendalam mengenai produk dan bagaimana cara menjualnya serta didukung dengan kemampuan komunikasi yang memadai. Hal tersebut juga berlaku dalam hal menanamkan kepercayaan nasabah terhadap Anda.

Tidak dapat dipungkiri, agen asuransi yang telah memiliki banyak nasabah akan lebih mudah mendapatkan nasabah baru karena pengalamannya. Untuk menjadi agen asuransi yang mumpuni memang membutuhkan waktu lebih seiring bertambahnya pengalaman. Oleh karena itu, mulailah dengan mencari tahu sejauh mana kemampuan Anda, seperti kelebihan yang dapat dipertahankan dan ditingkatkan serta kekurangan yang perlu diperbaiki terutama mengenai produk dan strategi penawaran yang Anda lakukan selama ini.

4. Jadilah pendengar yang baik

Selalu ada dan jadi pendengar yang baik bagi setiap nasabah juga merupakan strategi dalam menunjukkan profesionalisme dan tanggung jawab Anda sebagai agen asuransi. Menjadi pendengar aktif juga merupakan keterampilan yang berguna sebagai sumber informasi lebih yang bisa Anda dapatkan untuk bisa lebih memahami nasabah dan apa saja kebutuhan mereka dari produk yang Anda tawarkan. Hal yang dapat Anda lakukan adalah aktif menjawab pertanyaan, menindaklanjuti kontak awal dengan nasabah sampai dengan memastikan masalah mereka terpecahkan.

5. Mengedepankan Nilai-Nilai

Selain profit oriented, pekerjaan sebagai seorang agen asuransi sudah seharusnya mengedepankan nilai-nilai kemanusiaan yang berkaitan dengan nurani. Anda dapat menanamkan keinginan membantu sesama, menolong orang lain dari permasalahan dan risiko dalam kehidupannya. Dengan hal tersebut, Anda akan lebih mudah menyelami permasalahan yang terjadi pada nasabah Anda serta membuat mereka merasa dihargai oleh Anda.

 

Saat Anda memulai untuk berasuransi, memiliki agen asuransi yang terpercaya dan handal adalah hal penting.  Seorang agen yang baik mampu memberikan informasi secara lengkap, cepat dan sigap saat nasabah memiliki kesulitan atau ketidaktahuan. Karenanya, Zurich hadir dengan layanan nasabah yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Klik di sini untuk informasi selengkapnya.