Ikut Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi Dengan Lakukan 5 Hal ini!

05 April 2018

Ketika pertumbuhan ekonomi meningkat, tak hanya berdampak baik untuk negara, manfaat positifnya juga bisa Anda rasakan secara langsung. Lalu, apa saja yang bisa Anda lakukan untuk ikut meningkatkannya? Ini jawabannya!

banner

Berbicara tentang pertumbuhan ekonomi, mungkin tak jauh beda dengan membahas tentang kondisi negara dan pemerintahan. Mengapa demikian? karena hal ini, bisa juga diartikan sebagai proses kenaikan kapasitas produksi suatu perekonomian yang diwujudkan dalam bentuk kenaikan pendapatan nasional.

Ketika ekonomi tumbuh pesat tak hanya berdampak baik untuk negara, manfaat positifnya juga bisa Anda rasakan secara langsung. Lalu, apa saja yang bisa Anda lakukan untuk ikut meningkatkannya? Ini jawabannya!

 

1. Perbanyak keterampilan dan tingkatkan Kualitas Diri

Sekali dayung, dua-tiga pulau terlampaui. Mungkin, inilah pepatah yang cocok untuk cara ini. Tak hanya menjadi pribadi yang lebih berkualitas tapi dengan memperbanyak keterampilan, Anda pun turut serta dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Hal ini dikarenakan, salah satu faktor yang membuat ekonomi tumbuh adalah potensi SDM atau Sumber Daya Alam yang baik. SDM yang kompeten sangat diperlukan untuk melaksanakan segala kegiatan yang menunjang meningkatnya perekonomian.

Salah satu cara untuk bisa tingkatkan kualitas diri adalah dengan mengembangkan passion yang dipunya. Misalnya, Anda bisa luangkan waktu untuk meningkatkan kemampuan hobi Anda. Alternatif lain, mengambil kelas bahasa asing juga menjadi hal menarik. Melihat perkembangan global yang terjadi saat ini, tentunya bahasa asing akan sangat berguna bagi masa depan Anda nantinya.

 

2. Kelola Potensi Sumber Daya Alam Sebaik- baiknya

Selain SDM, Sumber Daya Alam atau SDA juga menjadi salah satu aspek dalam pertumbuhan ekonomi. Tanpa adanya hal ini, pertumbuhan ekonomi mustahil bisa terjadi. Maka dari itu, mengelola potensi SDA sangat penting dilakukan. Dalam perekonomian, SDA berperan sebagai bahan dasar untuk setiap produksi, tanpa adanya hal ini maka suatu negara tidak akan memproduksi secara optimal.

Bagi Anda yang ingin ikut mengelola potensi SDA, banyak hal di kehidupan sehari-hari yang sebenarnya bisa dilakukan secara lebih bijaksana. Misalnya,  Anda bisa melakukan hal paling mudah yaitu mengurangi penggunaan energi seperti mematikan lampu saat siang hari. Selain itu, Anda juga bisa untuk mulai meminimalisir penggunaan air saat mandi. Sederhana, namun sangat berarti untuk dilakukan.

 

3. Update Dengan Berbagai Berita Teknologi Terbaru

Dengan adanya perkembangan yang menuju kehidupan modern, ilmu pengetahuan dan teknologi adalah pelengkap bagi manusia untuk berkembang menjadi lebih berkualitas. Memang, ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan dua unsur yang berbeda, tapi jika digabung  akan membentuk satu kesatuan yang besar dampaknya bagi pertumbuhan ekonomi.

Dengan menjadi seorang yang update akan berita terbaru dari teknologi, memungkinkan Anda untuk bisa menguasainya dengan lebih mahir. Tak hanya menjadi pribadi yang lebih berkembang tapi Anda juga bisa mengetahui berbagai cara serta taktik dalam mengelola sumber daya yang ada lebih efektif dan efisien.

 

4. Jaga Keutuhan Sarana dan Prasarana yang Tersedia

Kehadiran sarana dan prasarana menjadi penting, karena kelengkapannya mampu membuat mudah semua pihak yang bersangkutan dalam pertumbuhan ekonomi. Ketika sebuah sarana prasarana tidak mendukung, upaya untuk meningkatkan perekonomian bisa terhambat dan kurang optimal.

 

5. Mulai Lakukan Investasi di Pasar Modal

Hal kelima yang bisa Anda lakukan adalah, berinvestasi di pasar modal. Ada dua manfaat yang secara umum didapat dari keberadaan pasar modal, yaitu sebagai sarana atau sumber pendanaan bagi Anda untuk mengembangkan finansial dan sebagai sumber untuk mendapatkan tambahan dana bagi pertumbuhan ekonomi. Namun perlu diperhatikan, sebelum Anda memutuskan untuk terjun ke pasar modal, pilihlah investasi yang aman dengan manfaat yang lebih. Asuransi Investasi bisa menjadi jawaban Anda. Secara sederhana, prinsip kerjanya adalah sebagai berikut; dana yang ada akan dipecah menjadi dua bagian. Sebagian untuk asuransi, sementara lainnya akan disetorkan ke seorang manajer investasi.

 

Sekarang ini banyak produk asuransi yang menyatukan dua hal ini sekaligus, seperti Zurich Investa Plus dari Zurich Topas Life. Produk ini mengkombinasikan perlindungan jiwa dan investasi di Pasar Modal untuk pertumbuhan nilai investasi lebih potensial dengan manfaat bonus loyalitas, di mana Anda akan mendapatkan 2% bonus tambahan di setiap tahun kelima. Sangat menarik untuk dicoba, bukan?

Pelajari disini: Asuransi jiwa Zurich