Ketahui 4 Hal Ini Sebelum Ajukan Permohonan ke Perusahaan Asuransi

05 April 2018

Ketika memilih perusahaan asuransi, berarti Anda telah menjaminkan hidup. Sebuah perkara yang tidak mudah, bukan? Untuk itu, tentukan pilihan yang terbaik dengan memperhatikan 4 hal ini sebelum memilih perusahaan asuransi.

banner

Di zaman modern ini, asuransi bukan lagi menjadi barang konsumtif tapi sudah menjadi kebutuhan. Terbukti, asuransi menjadi salah satu produk yang paling banyak dipasarkan, baik melalui agen bahkan internet. Dengan banyaknya pilihan jenis serta kemudahan cara pengajuannya, terkadang menimbulkan banyak kebingungan dan keraguan.

Ketika memilih perusahaan asuransi, berarti Anda telah menjaminkan hidup. Sebuah perkara yang tidak mudah, bukan? Untuk itu, tentukan pilihan yang terbaik dengan memperhatikan 4 hal ini sebelum memilih perusahaan asuransi.

 

1. Ketahui Alasan Anda Ajukan Asuransi

Adanya asuransi bukan hanya untuk melindungi dan memberikan rasa aman dan nyaman bagi Anda maupun keluarga. Tapi, asuransi juga dirancang untuk membuat ketenangan hidup yang lebih bagi si pemegang polis. Sekarang ini, banyak jenis asuransi yang beredar di masyarakat. Mulai dari produk asuransi yang membantu jalannya pendidikan anak di masa depan hingga perlindungan jiwa.

Saat akan mengajukan permohonan kepada perusahaan asuransi, mengetahui alasan Anda memilih asuransi tersebut sangat penting. Mengapa demikian? Karena, saat memulai untuk melakukannya, berarti Anda telah terikat untuk membayar polisnya secara rutin kepada sebuah perusahaan asuransi di waktu yang ditentukan. Maka dari itu, pahami secara jelas apa alasan Anda. Jika Anda adalah seorang yang bertanggung jawab akan orang lain secara finansial, asuransi jiwa bisa menjadi pilihan. Alternatif lainnya, bila Anda seorang kepala keluarga yang memiliki anak, asuransi pendidikan untuk mempersiapkan masa depannya bisa Anda pilih. 

Jadi perlu dicatat dan Anda terapkan, bahwa mengetahui serta memahami alasan Anda sebelum mengajukan permohonan pada perusahaan asuransi penting adanya.

 

2. Ambil Produk Jangan Berlebihan, Sesuaikan dengan Kebutuhan Saja

Asuransi memiliki manfaat yang besar bagi kehidupan Anda. Tentunya, hal ini berbanding lurus dengan biaya premi yang akan dikeluarkan secara rutin kepada sebuah perusahaan asuransi pilihan Anda. Jadi pastikan Anda menyesuaikan kebutuhan yang diperlukan dan membeli produk asuransi seperlunya.

Ketika mengajukan permohonan kepada perusahaan asuransi, kemungkinan Anda akan ditawarkan juga beberapa produk yang berkesinambungan dengan produk pilihan Anda. Mengambil serta produk tersebut sebenarnya dianjurkan, tapi sebaiknya Anda perlu melakukan observasi terlebih dahulu. Misalnya, saat mengajukan asuransi kesehatan, biasanya Anda juga akan ditawarkan proteksi penyakit - penyakit kritis yang menambah jumlah premi. Sebelum berkata "iya", melakukan observasi mengenai riwayat penyakit adalah pilihan bijaksana. Apakah penambahan produk ini cocok? atau tidak?

Setelah itu, Anda pun akan lebih aman dan nyaman untuk menentukan asuransi sesuai kebutuhan.

 

 3. Pahami Detil Produk Asuransi Khususnya dari Sisi Manfaat dan Biaya Premi

Selain dua hal di atas, memahami secara detil manfaat dan biaya produk asuransi yang Anda ajukan kepada perusahaan asuransi juga tak boleh terlewatkan. Cara paling mudah untuk mempelajari hal tersebut adalah dengan bertanya langsung kepada agen asuransi. Tentunya, agen asuransi akan sangat bersedia untuk membantu Anda mengerti. Alternatif lain, Anda juga bisa berselancar di internet.

Di zaman modern seperti sekarang, tentu sangatlah mudah untuk mendapatkan berbagai macam informasi. Sebagai contoh,  ketika Anda mengajukan asuransi kesehatan, beberapa hal yang perlu diketahui dan dipahami adalah, besarnya premi serta plafon yang diberikan. Lalu, jangan sampai terlupa juga untuk mempelajari mekanisme untuk klaim. Hal-hal ini sangatlah penting, demi kenyamannan Anda nantinya.

 

 4. Pilih Perusahaan Asuransi Secara Bijaksana

Sudah mengetahui dengan jelas tiga hal di atas? Sekarang saatnya Anda menemukan dan memilih perusahaan Asuransi yang tepat. Sebelumnya Anda bisa melakukan survei atau riset guna meneliti secara menyuluruh sebuah perusahaan asuransi. Bandingkan semua fasilitas yang ditawarkan secara keuntungan dari perusahaan tersebut.

Pilihlah secara bijaksana. Pastikan Anda membeli produk dari tempat yang akan mendukung Anda secara stabil. Tak hanya itu, perusahaan yang baik juga mampu menginvestasikan premi dengan cakap guna membayarkan klaim dari pemegang polis seperti Zurich  Indonesia. Telah memiliki pengalaman, Zurich Indonesia hadir sebagai penyedia jasa perlindungan terkemuka yang melayani para nasabahnya di pangsa pasar lokal dan global. Zurich memberikan layanan dan produk asuransi umum serta asuransi jiwa yang lengkap. Pilih dan pelajari produk perlindungan secara lebih lengkap di sini.