• Protect the environment. Think before you print.

Mengenal 5 Komunitas Mobil Antik yang Ada di Indonesia

01 April 2018

Makin tua, makin berkesan! Simak 5 komunitas mobil antik yang tetap eksis.

banner

Seperti tergerus oleh zaman, kini sudah banyak masyarakat yang meninggalkan mobil antik dan menggantinya dengan yang lebih modern. Selain mudah dalam perawatannya, mobil modern juga tidak seperti mobil tua yang susah mencari spare part untuk kebutuhan mesinnya. Tidak mudah memang menentukan nilai mobil antik. Bahkan, tidak ada pasar yang dapat dijadikan acuan harga. Seringkali harga terbentuk berdasarkan sisi emosional dari pemiliknya. Namun, semakin tua tahun produksi, semakin langka jumlahnya, kepuasan saat memilikinya pun semakin tinggi. Tingkat orisinalitas dan peristiwa sejarah yang terkait turut memengaruhi nilainya.

Namun, masih banyak komunitas mobil yang masih setia mengunakan dan menjaga mobil antik tersebut. Usia boleh tua,  tapi benda klasik satu ini tidak akan kehilangan pesonanya dan selalu menjadi favorit banyak orang. Meskipun identik dengan kata kuno, hal ini tidak menurunkan semangat komunitas mobil yang masih setia menjaga dan merawatnya. Ingin tahu komunitas mobil antik apa saja yang berada di Indonesia? Simak ulasan berikut, ya!

1. Volvo Freaks Indonesia

Keberadaan Volvo Freaks Indonesia merupakan salah satu dari deretan beberapa komunitas mobil antik yang berdomisili di Jakarta dan masih bertahan hingga kini. Volvo Freaks tidak menganggap diri mereka komunitas, melainkan penggila mobil Volvo. Komunitas mobil ini sendiri disahkan pada tanggal 10 juli 2010. Komunitas mobil ini sering di sebut-sebut sangat loyal pada brand Volvo sendiri. Saat ini anggotanya hanya 25 anggota, terbilang sedikit jika melihat keadaan bahwa Volvo merupakan mobil favorit yang dahulu sangat didambakan setiap orang. Perekrutan untuk anggota baru memang sangat ketat. Hal tersebut dilakukan sebab anggota yang ada sangat mengedepankan kualitas dalam mengembangkan serta membangun Volvo Freaks. Kopdar komunitas dilakukan di basecamp mereka sendiri, yaitu Bengkel Enrico Jaya Motor. Tidak hanya sekedar kopdar, agenda pertemuan mereka juga diramaikan dengan diskusi mengenai keperluan yang dibutuhkan oleh mobil-mobil tua mereka.

2. Djadoelers Indonesia

Berawal dari akun grup media social facebook yang membahas tentang barang barang kuno, munculah ide untuk membuat sebuah komunitas. Seiring berjalannya waktu komunitas Djadoelers Indonesia terus menjadi pusat perhatian. Bagaimana tidak, ketika itu pengikutnya hanya 10 orang yang datang dari berbagai daerah di Indonesia. Kini, anggota Djadoelers Indonesia mencapai jumlah 1000-an. Akan tetapi, hanya 150-200 orang yang menjadi anggota aktif dari komunitas Djadoelers Indonesia. Berdiri hampir 7 tahun, komunitas ini sudah tidak perlu diragukan lagi dalam eksistensinya dan cukup aktif bergabung engan berbagai event otomotif.

3. Classic Car Coupe

Triple C adalah panggilan lain untuk komunitas Classic Car Coupe yang didirikan pada 16 Juni 2012. Seperti halnya beberapa komunitas mobil yang berdomisili di Jakarta, tidak terkecuali juga komunitas Triple C. Komunitas mobil yang awalnya terbentuk dari komunikasi di Blackberry Messenger ini memayungi para pemilik mobil classic coupe dua pintu yang mewah. Beberapa mobil yang tergabung dalam komunitas ini di antaranya Karmann Ghia keluaran tahun 1961 dan Mitsubishi Galant GTO tahun 1970.

4. Indonesia Mazda Auto Club

Bagi penggemar mobil Mazda, Anda pun dapat menyertakan diri ke dalam komunitas khusus pemilik mobil tersebut yakni Mazda Auto Club (I-MAC). Komunitas ini tidak membatasi mobil tahun tertentu untuk ikut serta dan bahkan menjadi induk komunitas Mazda lainnya yang berada di Indonesia. Terbentuk 22 Mei 2004, kini komunitas I-MAC telah berdiri selama 13 tahun dan menaungi sekitar 500 anggota. Sebagai sebuah komunitas yang besar, I-MAC aktif melakukan berbagai kegiatan seperti touring dan gathering.

5. W124 Mercedes-Benz Boxer Club Indonesia

Pernah mendengar komunitas mobil ini sebelumnya? W124 Mercedes-Benz Boxer Club Indonesia adalah suatu komunitas bagi para pemilik dan penggemar mobil Mercedes Benz. Komunitas ini didirikan dengan tujuan untuk menaungi para pemilik dan penggemar mobil Mercedes Benz. Komunitas mobil ini hanya dikhususkan untuk mobil W124 yang biasa disebut “BOXER”. Berdiri pada tanggal 12 April 2003, komunitas W124 Marcedes-Benz Boxer Club Indonesia disahkan langsung oleh pihak Mercedes Benz Indonesia pada tanggal 25 April 2005.  Tidak hanya itu, komunitas yang sering disingkat W124MBCI juga resmi diakui sebagai anggota Mercedes Benz Clasic Car Club International Ltd di Jerman.

 

Sebagai sebuah asset maupun hobi, mobil menjadi hal yang berharga. Untuk itu, segala risiko yang akan terjadi pada mobil tersebut haruslah dihindari. Tidak ada salahnya melakukan yang terbaik untuk aset yang Anda miliki sekarang dengan Zurich Mobil Z, sebuah asuransi mobil terlengkap dari Zurich yang memberikan perlindungan menyeluruh atas kerugian pada mobil Anda dari beragam risiko yang tak terduga. Sayangi mobil anda dengan Zurich Mobil Z, temukan informasi lebih lanjut mengenai perlindungan yang tepat di sini.

 

Selengkapnya : Asuransi Kendaraan Bermotor Terbaik