Meriahkan Ruangan dengan Inspirasi Hiasan Dinding Cantik Buatan Sendiri

01 April 2018

Tidak hanya ekonomis, hiasan dinding buatan sendiri ini akan mempercantik ruangan Anda.

banner

Dinding ruangan di rumah biasanya hanya diwarnai polos tanpa aksesoris yang memperindah tampilannya. Tahukah Anda, dengan sedikit sentuhan kreativitas, dinding yang membosankan akan terlihat lebih unik dan indah? Tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam, dengan material yang terbuat dari bahan sekitar dan seadanya, ruangan yang cantik dapat Anda peroleh. Selain menghemat cukup banyak biaya untuk mendapatkan ruangan yang cantik, pastinya ada kepuasan sendiri jika mampu membuat sesuatu yang bermanfaat. Yuk, percantik suasana dengan berbagai hiasan dinding buatan sendiri! Temukan berbagai inspirasinya berikut, ya!

 

1. Pola geometri dari kayu dan kertas warna-warni

Dinding yang bewarna-warni akan meningkatkan keceriaan pada hunian Anda, terlebih jika ada buah hati yang memeriahkan suasana. Adanya pola-pola geometri tersebut bukan hanya mempercantik ruangan, tetapi juga membantu pikiran Anda dan keluarga menjadi lebih tenang. Bilatertarik dengan pola geometri, Anda bisa membuat hiasan dinding dengan menggunakan kayu bekas dan kertas warna-warni. Cukup dengan cara mengumpulkan beberapa kayu bekas yang sudah dibersihkan dengan ukuran yang sedikit berbeda sebagai langkah awalnya. Lalu, gambar pola geometri yang Anda inginkan. Setelah itu, lem kertas warna-warni pada pola geometri yang sudah Anda gambar tadi. Ketika semua tahap sudah selesai, tempelkan hasilnya pada tembok yang Anda inginkan.

 

2. Hiasan dinding dari lilitan benang

Pernahkah Anda membayangkan benang dapat menghasilkan hiasan dinding yang cantik? Cobalah hal baru, yakni dengan membuatnya menggunakan material paku dan benang.Memang terlihat sulit, namun tidak ada salahnya dicoba. Cukup dengan menggunakan bahan dasar papan kayu bekas, paku, dan benang, lalu semua bahan dikumpulkan menjadi satu kesatuan yang selaras.

Untuk membuatnya, pertama-tama, cari pola yang ingin Anda buat terlebih dahulu. Setelah itu, lem pola yang sudah dibuat ke papan kayu sebagai alas hiasan dinding. Setelah pola terbentuk, ikatan benang dan tarik benangke segala arah dan kaitkan ke paku-paku sehingga membentuk pola tersebut. Pastikan benang benar-benar  terikat rapi. Terakhir, kunci ujung benang dengan mengikatnyakuat-kuat.

 

3. Typografi dengan gantungan papan clipboard atau talenan

Sedikit suntikan semangat di pagi hari akan jadi lebih mudah didapat dengan quotes favorit yang tergantung manis di dinding. Untuk membuatnya cukup mudah, yakni mulailah dengan menemukan kata-kata yang menjadi favorit Anda dari berbagai tokoh atau buatan sendiri. Setelah itu, gunakanlah Photoshop/photo editor untuk membuat typography sesuai dengan style Anda inginkan. Kemudian, print dengan ukuran yang sesuai dengan papan kayu berbentuk persegi atau persegi yang sudah disediakan sebelumnya. Voila! Hiasan dinding tersebut bisa Anda pajang di ruang tamu, ruang kerja, dan kamar Anda. Sehingga, setiap harinya Anda bisa termotivasi oleh hiasan dinding yang Anda buat sendiri.

 

4. Buat 3D Wall Sticker dari karton dan origami

Bagi Anda yang memiliki kreativitas tinggi, tidak salah mencoba hiasan dinding yang satu ini. Dengan efek-efek yang membuatnya lebih seperti hidup, hiasan dinding ini akan sangat terasa unik. Salah satunya efek 3 dimensi (3D) yang bisa digunakan sebagai hiasan dinding yang menarik dan akan membuat hidup hunian Anda. Botol bekas yang masih layak digunakan bisa menjadi media yang tepat sebagai pembuatan 3D Wall Sticker. Pertama-tama, belah botol plastik menjadi 2 atau 3 bagian dengan ukuran yang berbeda. Setelah itu, karton/origami yang berbeda warna  dapat Anda gunakan sebagai pelapis botol plastik bekas tersebut. Jika semua sudah terlapisi kertas, lem setiap sisi botol-botol tersebut sehingga muncullah efek seperti 3 dimensi layaknya sarang lebah.  Dengan begitu hunian Anda akan terasa hidup karena ada efek 3 dimensi di dalamnya.

 

Salah satu manfaat dari rumah yang sedap dipandang mata adalah dapat membuat penghuninya semakin nyaman berada di dalamnya. Untuk menyempurnakan rasa nyaman tersebut, berikan juga rasa aman bagi setiap penghuni rumah. Oleh sebab itu, lindungi rumah Anda dari segala bencana, seperti bencana kebakaran yang tidak akan terduga. Untuk mengatasinya, penting bagi Anda untuk menyiapkan perlindungan bagi rumah Anda seperti Asuransi Kebakaran dari Zurich yang akan memberikan ganti rugi jika harta benda yang Anda asuransikan rusak atau musnah akibat kebakaran atau penyebab lainnya. Temukan informasi lengkap mengenai Asuransi Kebakaran dari Zurich di sini.