Pengusaha Lokal, Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Terjun ke Perdagangan Internasional

02 April 2018

Munculnya peluang yang besar pasti akan datang tantangan yang juga tidak mudah. Untuk itu, sebelum terjun ke perdagangan internasional, perhatikan 5 hal ini.

Banner

Berkesempatan untuk terjun dan ikut serta dalam perdagangan internasional merupakan sebuah prestasi dan kesempatan yang berharga bagi usaha lokal yang Anda miliki. Tentu bukan hal yang mudah untuk dapat mencapai titik ini, bukan? Seperti biasanya, dengan munculnya sebuah peluang yang besar pasti akan datang tantangan yang juga tidak mudah. Hal ini juga berlaku bagi usaha lokal Anda yang kini akan ikut meramaikan perdagangan internasional.

Adanya tantangan saat akan menuju perdagangan internasional bukan berarti kesempatan Anda untuk sukses akan semakin kecil. Justru, dengan langkah yang tepat bisnis tersebut akan memberikan banyak keuntungan. Untuk itu, sebelum usaha lokal Anda merambah perdagangan internasional, perhatikan 5 hal berikut, yuk!

 

1. Strategi marketing

Strategi yang digunakan dalam menguasai pasar lokal, tentu saja berbeda dengan pasar internasional. Sebab, kini Anda harus mengenalkan produk Anda kepada konsumen asing. Pemahaman mengenai jenis pasar yang akan jadi sasaran penjualan perlu Anda kuasai. Salah satu cara paling efektif yang dapat dilakukan oleh pengusaha lokal dalam untuk menguasai perdagangan internasional adalah dengan mempelajari latar belakang budaya dan bahasa di negara-negara tujuan Anda berbisnis. Mulailah memahami kebiasaan dan pola pikir masyarakatnya. Dengan begitu, secara perlahan pengetahuan mengenai selera pasar pun akan Anda dapatkan.

Selain membuat strategi khusus, siapkan juga strategi marketing yang lebih umum (general). Setelah itu, buatlah penyesuaian dengan produk dari usaha lokal Anda. Sehingga, pasar yang lebih luas dan beragam pun dapat Anda kuasai.

 

2. Perluas koneksi

Meluasnya jangkauan usaha, mengharuskan Anda sebagai pengusaha untuk membuka jaringan yang juga lebih luas. Mungkin bukan hal sulit bagi Anda untuk menguasai pasar lokal, tetapi lain soal dengan pasar internasional. Sebab, Anda kini tidak lagi bermain di satu pasar. Demi membuka peluang bagi usaha lokal Anda di perdagangan internasional tersebut, perluaslah koneksi dengan membangun hubungan baik dan jaringan bisnis.

Selagi memperluas koneksi, bangun citra yang baik pada usaha Anda demi membuka kemungkinan untuk masuknya ajakan kerja sama dan suntikan dana melalui investasi. Bisa jadi usaha Anda memiliki peluang untuk dihampiri para investor atau perusahaan internasional yang menawarkan ajakan kerja sama  untuk membantu perkembangannya. Jadi, mulailah bertukar wawasan dengan para pebisnis lain sebagai bagian dari upaya saat mengembangkan usaha Anda.

 

3. Selalu terbuka dengan investasi

Keberadaan para investor dapat membantu usaha Anda. Oleh sebab itu, selalu buka kesempatan para investor untuk berinvestasi di usaha Anda tersebut. Dana investasi ini dapat digunakan untuk membuka cabang di luar negeri atau menyiapkan moda transportasi untuk kegiatan ekspor dan impor. Bisa juga untuk modal membuat produksi dengan skala yang lebih basar demi memenuhi permintaan. Dibandingkan dengan suntikan dana dengan model pinjaman, Investasi merupakan suntikan dana yang cukup lunak bagi bisnis Anda.

 

4. Mengontrol kualitas Produk

Persaingan yang nyata, pesaing yang banyak, dan lawan yang terus menerus melakukan inovasi tidak seharusnya membuat nyali Anda sebagai pengusaha lokal yang akan memasuki pasar perdagangan internasional menjadi ciut. Momentum ini seharusnya dimanfaatkan sebagai langkah awal dalam membuat usaha Anda lebih sukses. Untuk itu, pastikan Anda telah membuat produk dengan kualitas yang baik sehingga mampu bersaing dengan para lawan bisnis di dunia internasional.

Salah satu cara menghasilkan produk inovatif yang dapat sukses di perdagangan internasional adalah dengan selalu melakukan research dan melihat pergerakan lawan bisnis dengan cepat agar produk Anda selalu tampil menjadi yang terdepan Jangan berhenti untuk melakukan inovasi dan menciptakan produk yang lebih baik demi menarik perhatian konsumen. Sebab, dalam menguasai perdagangan internasional, kualitas yang baik akan selalu dinantikan oleh konsumen, di mana pun mereka berada.. Dalam mengutamakan kualitas produk, lengkapi juga perlindungan terhadap usaha Anda atas produk yang dihasilkan dengan Zurich Tanggung Gugat Produk yang memberikan jaminan dalam hal tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga. Sehingga, menjalani usaha pun menjadi lebih aman dan nyaman.

 

5. Perhatikan masalah pengiriman barang

Selanjutnya, saat akan masuk ke dalam perdagangan internasional, cobalah untuk memikirkan masalah pengiriman barang. Siapkanlah sebuah strategi yang tepat baik dalam pengiriman barang, baik ekspor maupun impor. Anda akan menemukan keuntungan dalam minimalisasi biaya operasional jika memiliki strategi yang baik saat melakoni perdagangan internasional ini. Strategi yang kurang baik akan membuat Anda mengeluarkan biaya yang lebih besar.

Beberapa biaya yang perlu diperhatikan misalnya transportasi dan bea cukai. Misalnya, terdapat negara memberlakukan peraturan khusus yang membebankan pajak bagi produk tertentu. Oleh sebab itu, Anda perlu memperhatikan bagaimana pengaruh adanya biaya tersebut terhadap bisnis Anda.