1. Home
  2. Tips #MudahkanHidup
  3. Percantik Rumah dengan Dekorasi Ruang Tamu Menggunakan Bahan Daur Ulang

Percantik Rumah dengan Dekorasi Ruang Tamu Menggunakan Bahan Daur Ulang

01 April 2018

Temukan inspirasi mempercantik rumah dengan dekorasi ruang tamu menggunakan bahan daur ulang dalam artikel ini.

banner

Anda tentunya ingin tinggal di rumah idaman dengan interior yang cantik, bukan? Demi kenyamanan keluarga dan impresi yang baik bagi tamu, Anda pun rela mengeluarkan kocek lebih untuk mendekorasi. Saat ini, tidak perlu lagi khawatir akan pengeluaran yang membengkak untuk mendekorasi rumah Anda. Dengan menggunakan bahan daur ulang Anda dapat menciptakan barang-barang yang bagus serta ciamik tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya. Yuk, simak beberapa cara memberi sentuhan cantic dengan dekorasi pada ruang tamu yang terbuat dari bahan daur ulang berikut!

 

1. Kursi dari ban bekas

Dekorasi ruang tamu identik dengan keberadaan kursi yang nyaman juga jumlahnya yang cukup menampung 5 sampai 6 orang. Kini, Anda tidak perlu mahal-mahal memesan kursi yang pas untuk hal tersebut. Anda bisa membuatnya sendiri dengan memanfaatkan barang-barang yang sudah tidak terpakai. Salah satunya adalah ban bekas. Memanfaatkan ban bekas sebagai dekorasi ruang tamu bukan hanya menambah nilai guna barang, pemanfaatan ini merupakan upaya mengurangi sampah agar lingkungan tetap terjaga kelestariannya. Dengan menambahkan beberapa bahan tambahan dan melakukan modifikasi, Anda dapat memiliki meja yang unik dan cantik. Anda juga bisa mendapatkan berbagai contoh model kursi beserta cara pembuatannya melalui internet. Mudah, bukan?

 

2. Lampu hias dari benang

Tanpa lampu hias, dekorasi ruang tamu rasanya kurang lengkap. Kerajinan lampu hias yang unik ini juga sudah mulai diminati oleh masyarakat umum. Bahan-bahan yang digunakan pun tergolong mudah didapatkan. Pantas saja banyak orang yang tidak ragu lagi untuk bereksperimen membuat lampu hias ini.

Anda pastinya memiliki alat jahit di rumah, entah untuk menambal baju atau menjahit kain yang bolong. Tidak hanya sebagai bahan untuk menjahit pakaian, benang juga dapat dimanfaatkan untuk membuat dekorasi ruang tamu berupa lampu hias. Membuat lampu hias di atas, membutuhkan peralatan yang memang sudah tersedia di rumah, seperti gunting, cutter dan lem. Anda hanya perlu membeli lampu serta penyangganya sesuai dengan keinginan. Untuk membuat membentuk benang menjadi bundar, balon tiup bisa digunakan sebagai wadah untuk pembentukkan benang. Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk membuatnya?

 

3. Hiasan dinding dari karton

JIka dahulu memperindah dinding dapat dilakukan dengan memakaikan wallpaper, kini untuk melengkapi dekorasi ruang tamu Anda bisa memanfaatkan bahan-bahan dari karton dan kertas. Beberapa tahun belakangan keberadaan wallsticker cukup menjamur di kalangan masyarakat. Desain yang variatif dan harga yang terjangkau membuat banyak orang tergoda untuk turut menggunakannya sebagai hiasan. Pembuatan hiasan dinding sesungguhnya bukanlah hal yang rumit. Anda bahkan dapat menghasilkan desain yang lebih sesuai dengan keinginan. Wallsticker yang biasanya memiliki permukaan yang rata, dengan menggunakan karton permukaan rata tersebut dapat dimodifikasi menjadi 3D sesuai dengan selera. Pemanfaatan karton dan kertas pula tidak kalah terjangkaunya dengan membeli wallsticker, hanya saja Anda perlu meluangkan sedikit waktu dalam pembuatannya.

 

4. Vas dari botol dan kaleng bekas

Mempercantik dekorasi ruang jamuan Anda ini juga dapat dilakukan dengan meletakkan vas bunga di ruangan. Vas bunga memiliki variasi yang sangat beragam serta unik. Harganya pun beragam, mulai dari yang murah hingga yang memiliki harga tinggi. Jika Anda merupakan orang yang gemar mengoleksi vas unik, tidak ada salahnya untuk mencoba membuatnya sendiri. Sudah terbukti bahwa vas bunga hasil daur ulang tidak kalah dengan vas-vas berharga ratusan ribu rupiah. Anda cukup memanfaatkan botol-botol bekas minuman yang biasanya akan langsung disimpan ke tempat pembuangan. Botol-botol tersebut dapat Anda bentuk sesuai dengan desain dan model yang dikehendaki. Dengan menambahkan beberapa bahan seperti benang, karto, atau tali-temali, botol-botol bekas ini dapat Anda hias menjadi sesuaitu yang menarik untuk dipajang melengkapi dekorasi tersebut. Tidak hanya ditempatkan di atas meja, vas-vas dari botol bekas juga dapat dimanfaatkan untuk digantuk di dinding. Pastinya, semua disesuaikan dengan keinginan Anda!

 

5. Frame kardus yang unik

Foto bersama keluarga menjadi benda yang kita temukan di hampir setiap rumah. Sudah tentu, foto tersebut dibingkai dengan frame yang bagus demi mempercantik dekorasi ruang tamu. Frame foto yang bagus dan elegan kini dapat didapatkan dengan memanfaatkan kardus bekas. Kelihaian dalam membuatnya sangat diperlukan agar frame tersebut tidak terlihat murahan. Jika tidak mau membuat sendiri, Anda juga bisa membeli frame-frame ini di toko kerajinan. Harganya dijamin lebih terjangkau.

 

Mempercantik rumah kini telah menjadi kebutuhan. Tentunya, hunian yang bagus dan nyaman untuk ditempati menjadi impian bagi setiap keluarga. Oleh sebab itu berbagai cara, dari mengeluarkan biaya lebih untuk dekorasi sampai memanfaatkan bahan daur ulang pun Anda lakukan. Sudah tentu Anda tidak menginginkan berbagai usaha yang dilakukan untuk mempercantik rumah sia-sia karena hal-hal yang tidak diinginkan terjadi pada rumah Anda, terutama kebakaran. Menjawab kebutuhan Anda, Zurich menyediakan Asuransi Kebakaran untuk memberikan ganti rugi jika harta benda yang Anda asuransikan rusak dan musnah akibat kebakaran atau penyebab lainnya sesuai dengan yang tercantum dalam polis. Untuk mengetahui keuntungan apa saja yang bisa Anda dapatkan, temukan informasinya di sini, email ke zii.info@zurich.com, atau telepon Customer Care Center Zurich di 1500 987.

Komentar menggunakan LinkedIn

Logged In Logout

TextArea Error Message

0/180