• Protect the environment. Think before you print.

6 Persiapan Wajib Sebelum Mudik dengan Kendaraan Pribadi

02 Mei 2018

6 Persiapan Wajib Sebelum Mudik dengan Kendaraan Pribadi

Mudik menggunakan kendaraan pribadi memang dirasa lebih hemat dan tentunya bisa lebih santai. Apalagi jika perjalanannya bersama keluarga dan banyak yang harus dikunjungi di kampung halaman, maka lebih disarankan untuk menggunakan mobil pribadi. Akan tetapi ada banyak hal dan persiapan yang harus dilengkapi sebelum berangkat menggunakan mobil pribadi. Perhatikan beberapa persiapan berikut ini yang wajib diteliti sebelum mudik menggunakan kendaraan pribadi.

Servis Mobil Dari Jauh-Jauh Hari



Pastikan bahwa mobil sudah dalam kondisi fit sejak jauh-jauh hari. Banyak bagian yang harus diperiksa sebelum mengendarai kendaraan tersebut. Apalagi jika perjalanan yang akan dilalui memiliki rute yang panjan dan medan yang cukup berat. Kesiapan mobil akan dibuktikan nantinya dengan kondisi jalanan yang padat dan ramai. Ada baiknya jauh sebelum waktu mudik minimal kurang 2 minggu sebelum mudik, mobil sudah dalam kondisi fit. Jika ada masalah segera lakukan service di bengkel terdekat.

Perhatikan pada rem dan gas sebagai modal utama dan bagian terpenting dari mobil. Kondisi mesin yang prima juga sangat dibutuhkan sehingga tidak ada gangguan yang bisa mengganggu gas dan rem. Kemudian kondisi roda juga perlu untuk diteliti kembali. Pastikan roda dalam keadaan siap dan tebal sehingga bisa mengantisipasi pada kondisi jalan yang panas dan licin karena hujan. Masih banyak lagi yang harus diperiksa mulai dari perlengkapan onderdil, ban serep, kondisi AC, dan oli mesin.

Cek Kondisi Kendaraan Sebelum Berangkat


Inilah tahap terpenting sebelum memulai perjalanan jauh atau mudik menggunakan mobil pribadi. Cek persiapan akhir sebelum mengendarai mobil dan pastikan semua dalam kondisi siap. Ada baiknya untuk mencoba terlebih dahulu mobil dalam rute yang tidak terlalu jauh agar mesin lebih hangat dan siap untuk digunakan. Saat mencoba jalanan tersebut jangan lupa untuk menguji kelayakan rem, lampu sein, dan fitur lainnya sehingga dipastikan mobil dalam keadaan siap. Tak sedikit orang yang mengabaikan keselamatan ini akhirnya mobil tidak mampu digunakan untuk menempuh perjalanan jauh. Persiapkan juga peralatan dasar untuk service mobil misalnya dengan membawa tanda segitiga darurat, kotak onderdil, dana keberadaan ban serep yang bisa digunakan ketika ada kebocoran ban.

Tentukan Tujuan, Rute dan Alternatifnya



Tentukan jalan yang akan dilalui ketika dalam perjalanan jauh sehingga ketika di jalan tidak lagi bingung harus mengambil jalan yang mana. Meskipun saat ini sudah ada maps yang disediakan di dashboard mobil akan tetapi terkadang masih belum bisa memberikan alternatif yang tepat. Jadi ada baiknya untuk mempersiapkan tujuan, rute, dan jalan alternatif yang bisa digunakan nantinya. Dalam pembahasan konteks ini pula tentukan tempat pemberhentian dan peristirahatan. Agar baik mesin maupun supir bisa beristirahat sejenak dan kembali mengemudi dalam kondisi yang prima.

Selalu update berita baik di media sosial maupun televisi tentang arus mudik lebaran sehingga bisa mengetahui situasi dan kondisi jalanan saat itu. Umumnya media tersebut akan memberikan informasi mengenai titik kemacetan dan jalur alternatif yang bisa dilalui agar bisa sampai tempat tujuan lebih cepat. Update berita ini juga penting untuk mengetahui berbagai permasalahan yang harus dihindari selama mudik menggunakan mobil pribadi.

Persiapkan Surat dan Keperluan Lainnya

Pada saat mudik lebaran akan ada banyak polisi yang bersiaga dan menjaga keamanan pengendara. Jadi jangan lupa untuk memastikan bahwa surat-surat sudah terlengkapi semuanya. Surat BPKB, STNK, SIM, dan identitas lainnya harus dipersiapkan semua agar bisa melakukan perjalanan dengan kondisi yang tenang. Jangan ragu untuk bertanya pada polisi akan jalur yang tepat untuk dilewati karena dengan kondisi surat yang lengkap tentunya mobil bisa dipertanggungjawabkan.


Bersiaplah Untuk  Bersabar dan Berempati Selama di Jalan

Mudik merupakan momen liburan lebaran yang dinanti-nanti semua orang. Liburan panjang membuat banyak orang diperantauan ingin kembali ke kampung halaman. Oleh karena itulah seluruh ruas jalan nantinya akan penuh padat kendaraan. Apalagi jalur tersebut menjadi jalur penghubung antara satu kota dengan kota lain maka otomatis akan terjadi kemacetan yang berkepanjangan. Apalagi kondisi saat perjalanan umumnya masih dalam keadaan berpuasa di siang hari yang panas sehingga seringkali emosi tak tertahankan.
Jika sudah demikian ada baiknya untuk segera kembali merefresh fikiran dan menyadari bahwa memang kondisi demikian maklum adanya. Volume kendaraan yang begitu banyak tentunya seikit banyak akan membuat macet. Jadi siapkan mental kesabaran dan jangan lupa untuk selalu berempati dan menahan diri dari emosi saat berada di perjalanan. Jika tidak maka akan timbul masalah baru yang tentunya semakin runyam.

Pastikan Mobil Anda Dilindungi Asuransi Zurich



Pastikan untuk menggunakan jasa dari Zurich Car sebagai salah satu teman mudik yang aman dan nyaman. Asuransi sangat diperlukan untuk memberikan jaminan keselamatan selama dalam perjalanan. Bahkan ausransi ini siap mengakomodasi agar pemudik bisa sampai dengan tepat waktu dan nyaman sampai tujuan.

Ada banyak manfaat yang bisa dirasakan dengan menggunaan asuransi ini diantaranya adalah jaminan kerusakan pada kendaraan yang diakibatkan oleh kecelakaan. Bahkan asuransi ini siap menjamin jika terjadi kehilangan akibat adanya tindakan kriminal selama dalam masa perjalanan. Selain itu keunggulan lainnya adlaah bisa membantu dan melayani mobil pengganti jika mobil pribadi tidak dapat melanjutkan perjalanan, mendapatkan layanan bantuan darurat 24 jam plus mobil dereknya, memberikan biaya bengkel resmi dan biaya ambulance jika terjadi lakalantas di perjalanan. Masih banyak lagi keunggulan lainnya yang tentunya akan membuat perjalanan mudik menjadi lebih tenang.

Perjalanan menuju kampung halaman ketika mudik dimulai dari persiapan yang dilakukan sekarang. Salah satunya, dengan asurasi mobil Zurich yang #MudahkanHidup hadapi berbagai keadaan di jalan pulang.