• Protect the environment. Think before you print.

Mau Uang Lebih? Coba 8 Ide Bisnis Ramadan Ini

02 Mei 2018

6 Persiapan Wajib Sebelum Mudik dengan Kendaraan Pribadi

Siapa bilang Bulan Ramadhan kerap mengendorkan semangat beraktivitas? Justru Anda sebenarnya mampu memetik berkah di bulan suci ini sembari mengerjakan aktivitas bisnis yang peluang profitnya sangat menggiurkan. Simak 8 ide berbisnis di Bulan Ramadhan berikut yang akan mendatangkan uang lebih untuk pemasukan Anda.

Usaha Makanan dan Minuman Takjil 


Menjelang waktu berbuka puasa, di hampir sepanjang jalan atau kawasan-kawasan yang padat diramaikan oleh para penjual takjil. Bahkan para pelaku bisnis ini berasal dari berbagai latar belakang sosial dan usia beserta keragaman menu makanan dan minuman yang ditawarkan. Cara menjalankan bisnis ini cukup sederhana misalnya dengan mengolah resep makanan/minuman hingga mengemasnya sendiri, serta dijual secara berkelompok atau sendirian.
Omset bisnis takjil sangat lumayan dan kadang-kadang berpotensi menghasilkan profit tinggi asalkan dijalankan secara tepat. Faktor-faktor yang menentukan ialah lokasi di mana Anda akan berjualan, cita rasa makanan/minuman, dan harga. Variasi menu makanan/minuman sangatlah penting sebagai cara memikat perhatian dan rasa ingin tahu calon pembeli takjil. Mengingat persaingan yang ketat dari praktik bisnis musiman ini, silakan cari terobosan yang unik berdasarkan faktor-faktor tersebut.

Jualan Kue Kering untuk Idul Fitri


Punya bakat atau hobi membuat kue? Jangan sia-siakan kemampuan Anda. Hari-hari menjelang Hari Raya seringkali menyibukkan sebagian masyarakat mencari stok camilan seperti kue kering untuk hidangan atau bingkisan. Anda bisa memanfaatkan peluang tersebut dengan menawarkan produk kue rumahan.
Semisal Anda tidak punya kemampuan membikin kue sendiri atau masih ragu dengan hasilnya, gagasan ini masih bisa diterapkan. Solusinya  ialah mengajak anggota keluarga, saudara, atau teman yang jago membikin kue. Jangan khawatir soal siapa yang akan membelinya. Jika kue kering yang diolah itu memang lezat, pasti akan menarik perhatian. Caranya tentu dari trik promosi yang mempersilakan lingkaran terdekat Anda untuk mencicipinya.

Jasa Pembuatan Kartu Lebaran

                                             Kartu Lebaran masih relevan digunakan walaupun di zaman sekarang kecenderungan orang mengucapkan selamat hari raya memakai pesan digital. Kartu lebaran punya keunggulan karena memiliki wujud fisik yang bisa disentuh dan kadang malah interaktif jika disematkan fitur audio di dalamnya. Sebagian di antara kita juga masih memiliki tradisi mengirimkan kartu Lebaran karena punya kandungan emosional dari ikatan yang dijalin antara si pengirim dan yang dikirimkan.
Konsep kartu Lebaran berkembang terus dari masa ke masa menyesuaikan kreativitas, ketrampilan, dan kecanggihan teknik desain serta kemasan. Barangkali Anda punya hobi menggambar atau mendesain sesuatu dan bisa diaplikasikan ke bentuk koleksi kartu Lebaran yang cantik.

Jasa Pembuatan Parsel 


Bingkisan dalam bentuk parsel tak pernah ketinggalan di momen-momen menjelang dan sesudah Hari Raya Lebaran. Bingkisan ini biasanya dikirimkan oleh antar instansi atau atas nama keluarga/individu. Anda mungkin berminat menjalani bisnis pembuatan parsel full-set yang menyesuaikan pemesanan. Jadi, bingkisan parsel full-set yang ditawarkan berisi produk atau barang yang dikehendaki calon pengirim. Kemasannya Anda yang merancang dengan konsep kreatif.

Jasa parsel full-set tidak perlu menyedot anggaran besar untuk modal. Karena semua barang/produk yang akan dimasukkan dalam parsel baru dibeli setelah ada pemesanan. Di sini Anda menjalankan peran sebagai pihak yang melayani pembuatan konsep kreatif beserta pernak-pernik yang disematkan dalam bingkisan parsel tersebut.

Jasa Penyewaan Mobil + Sopir Pribadi untuk Mudik
Lebaran selalu identik dengan mudik. Dan sayangnya, selalu ada sebagian masyarakat yang tak kebagian jatah tiket transportasi akibat jadwal yang mepet. Di tengah-tengah kesulitan itulah banyak jasa penyewaan mobil yang menjadi pahlawan. Mudik dengan mobil lengkap dengan sopirnya juga menyempurnakan kenyamanan karena tinggal duduk bersama rombongan atau keluarga tanpa harus menyetir kendaraan itu.
Masalahnya mungkin disebabkan oleh kekhawatiran Anda jika mengambil penumpang sembarangan, apalagi Anda sendiri yang menyetir. Namun masalah itu dapat diantisipasi semisal dengan hanya menawarkan jasa ini kepada orang yang sudah Anda kenal seperti teman atau saudara. Mumpung ada waktu liburan dan Anda bisa mendapatkan keuntungan dari biaya sewa kendaraan Anda sendiri.

Jasa Bersih-bersih Rumah
Selama libur Lebaran banyak keluarga yang kerepotan karena sebagian besar asisten rumah tangganya sedang mudik selama berhari-hari. Sementara itu, kewajiban harus mengurus rumah, memasak, dan sebagainya saling bertumpukan dengan aktivitas menerima tamu, jalan-jalan bersama anggota keluarga, dan lain sebagainya. Akibatnya kondisi rumah jadi agak kurang terawat karena jarang disapu apalagi dipel.
Anda bisa memanfaatkan fenomena tersebut dengan membidik langsung ke sasaran bisnis yang tepat. Yaitu menyediakan jasa bersih-bersih rumah dan mematok tarif berdasarkan paket yang Anda tawarkan. Barangkali Anda mau terjun sendiri sebagai salah satu anggota tim jasa ini, atau cukup menjadi pengelola dan membentuk sebuah jasa khusus yang terdiri dari beberapa orang.

Jasa Tukar Uang Receh
Ketika Hari Raya kian dekat, jumlah permintaan uang pecahan atau receh semakin tinggi. Uang pecahan itu pastinya digunakan sebagai angpao ketika mudik dan bersilaturahmi ke kampung halaman. Nah, lebih enak lagi kalau Anda ternyata memiliki simpanan uang receh dan bisa dimanfaatkan untuk jenis bisnis jasa ini.

Online Shop Baju Lebaran


Model bisnis ini tak akan pernah ada matinya dan justru terus menjamur di masyarakat. Berjualan baju-baju baru atau preloved yang masih berkualitas difasilitasi dengan sangat baik melalui beragam jenis aplikasi online. Selain itu, bisnis online shop prospeknya sangat bagus karena itu bisa dilanjutkan terus meski masa Lebaran sudah lewat.

Setiap praktik bisnis yang nantinya akan Anda rintis dan kembangkan membutuhkan persiapan finansial yang matang. Oleh sebab itu, jangan lupakan untuk memperkuat basis finansial Anda dengan layanan Zurich Proteksi 8 dari Zurich Topas Lige. Inilah solusi perlindungan finansial yang cerdas dan terjangkau khususnya untuk perencanaan dan penerapaan bisnis Ramadhan Anda.