• Protect the environment. Think before you print.

Siap Mudik? Baca Dulu Tips Aman Meninggalkan Rumah Berikut

02 Mei 2018

6 Persiapan Wajib Sebelum Mudik dengan Kendaraan Pribadi

Lebaran segera tiba! Pastinya Anda sudah siap-siap mudik bersama keluarga, bukan? Sebelum meninggalkan rumah, ada baiknya untuk melist kembali keamanan dalam rumah sehingga bisa tenang dalam mudik atau liburan lebaran. Masalah keteledoran dan tindak kriminal menjadi faktor yang paling banyak ditemukan ketika ada rumah kosong dalam waktu yang lama untuk ditinggal mudik pemiliknya. Oleh karena itulah pastikan untuk membaca tips aman berikut ini ketika meninggalkan rumah.

Pastikan untuk Mengunci dan Menggembok Seluruh Pintu dan Jendela

Keamanan sangat penting untuk dipertimbangkan saat akan mudik lebaran karena tindak kriminal bukan hanya didasari oleh niat pelaku akan tetapi juga adanya kesempatan. Oleh karena itulah pastikan untuk mengunci semua pintu yang ada di rumah mulai dari pintu kamar, pintu ruang pribadi, pintu belakang, dan pintu depan untuk membatasi kesempatan yang bisa dimanfaatkan oleh pelaku kriminal.
Meskipun rumah sudah dalam lingkungan yang aman dengan keberadaan satpam atau security, tetap saja harus waspada karena seringkali keberadaan perangkat keamanan bisa dilumpuhkan karena kalah jumlah. Apalagi jika rumah berada di luar pos keamanan berarti harus diproteksi lebih ketat lagi. Bila perlu gunakanlah pintu dengan kunci ganda. Demikian pula dengan jendela yang  harus diperhatikan kuncinya. Jika bisa gunakanlah teralis besi untuk lebih menjamin keamanannya.

Pastikan Listrik dan Gas dalam Kondisi Tercabut sedangkan Keran dan PAM dalam Kondisi Mati


Inilah yang paling sering diteledorkan oleh para pemudik sehingga bisa memicu kecelakaan dan marabahaya lainnya. Listrik, gas, PAM, dan keran adalah hal yang sering dilupakan saat akan meninggalkan rumah dalam waktu yang lama. Adanya kebakaran dan kerusakan PAM umumnya disebabkan oleh kedua faktor tersebut. Oleh karena itulah saat ingin meninggalkan rumah pastikan untuk memeriksa semuanya tanpa terkecuali. Jika perlu matikan dari pusatnya dan meminta pada satpam atau pihak terkait untuk memastikan bahwa listrik dan PAM terputus.

Amankan Barang Berharga di Tempat Tersembunyi

Kemudian simpan barang berharga dan bernilai di tempat yang sulit dijangkau oleh pelaku tindak kriminal. Jangan biasakan untuk menyimpan barang berharga di almari pakaian karena tempat tersebut sudah umum dan menjadi jujukan utama para pelaku tindak kriminal. Ada baiknya untuk menyimpan barang berharga tersebut di tempat yang tidak pernah terfikirkan oleh seseorang sehingga tidak mudah tertebak. Tapi pastikan bahwa tempat tersebut memang aman untuk digunakan sebagai tempat penyimpanan. Atau jika ingin lebih aman lagi maka gunakan brangkas yang sulit untuk di bobol. Namun ada baiknya untuk barang yang bernilai dan berharga untuk dibawa pergi bersama ketika mudik untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Percayakan Rumah pada Orang yang Dipercaya
Jika memiliki tetangga yang bisa dipercaya, maka ada baiknya untuk menitipkannya. Pastikan bahwa orang tersebut memang bermukim dan bertempat tinggal di sekitar rumah sehingga ketika ada suatu kejadian bisa ditanyakan langsung. Jangan pernah menggunakan jasa yang abal-abal dan tiba-tiba menawarkan untuk menjaga rumah. Jangan pula mempercayakan rumah pada PRT yang baru saja diterima dan baru bergabung dalam waktu yang singkat. Jika rumah berada di lingkungan perumahan yang terdapat satpamnya maka akan lebih baik untuk menugaskan secara langsung.  

Jangan Tunjukan Lokasi di Media Sosial
Jangan terlalu banyak memberikan update status tentang mudik di media sosial. Mengapa demikian? Karena banyak pelaku kriminal yang mengawasi keberadaan pemilik rumah. Jika sudah dirasa jauh dan aman untuk melancarkan aksinya, bukan tidak mungkin pelaku tersebut bisa leluasa untuk melakukan kejahatannya. Apalagi jika media sosial yang dimilikinya memiliki banyak teman yang bisa menyebarkan informasi tentang keberadaan terakhir pemilik rumah. Tetap waspada dan gunakan media sosial secara bijak.

Gunakan CCTV untuk Keamanan yang Lebih

Agar lebih aman pasanglah CCTV di beberapa titik yang rawan terjadi tindak kriminal. Dengan adanya CCTV setidaknya bisa memberikan kekhawatiran sendiri bagi para pelaku kriminal sehingga membatalkan niat buruknya. Jika sampai terjadi bahaya atau kejadian yang ada di rumah tentu bisa menjadi dasar dan menemukan penyebab awalnya. Bahkan beberapa CCTV saat ini bisa langsung terkoneksi dengan smartphone sehingga pemilik rumah bisa mengawasi rumahnya dari jarak jauh.
CCTV sendiri saat ini menjadi konsumsi wajib khususnya bagi perumahan yang memiliki nilai jual tinggi didalamnya. Jad titik tepat untuk memasang CCTV diantaranya adalah teras rumah, samping rumah, ruang keluarga, dan area masuk pintu kamar. Jika keberadaan CCTV dianggap terlalu besar dan mahal maka saat ini sudah ada kamera dengan ukuran mikro yang bisa ditempatkan di lokasi yang tak terduga. Jadi dengan menggunakan kamera ini tidak akan mudah diinginkan.


Zurich Home: Meninggalkan Rumah dengan Tenang dan Aman
Zurich Home merupakan sebuah trobosan baru yang diadaptasi dari sistem yang ada di luar negeri dan dibawa ke Indonesia. Bahkan Zurich menjadi perusahaan pertama yang bisa memberikan asuransi dan keamanan selama rumah ditinggal oleh pemiliknya. Ada banyak perlindungan yang bisa dipilih dan disesuaikan dengan kebutuhan sehingga seseorang akan merasa tenang untuk meninggalkan rumah meskipun dalam waktu yang lama.  

Dengan asuransi tersebut semua kejadian yang tidak diinginkan langsung diberi ganti dan ditanggung oleh Zurich home. Jadi pemilik rumah bisa mudik dengan tenang tanpa khawatir akan kehilangan banyak hal di rumah yang ditinggalkannya. Asuransi ini menanggung beberapa hal diantaranya kerusakan atau kehilangan barang yang disebabkan oleh kebakaran, ledakan, petir, kerusuhan, kejahatan atau tindak kriminal, terorisme dan sabotase, pecah pipa dalam rumah, badai dan hujan, tanah longsor dan gempa bumi, serta kecelakaan yang tidak disengaja keberadaannya. Zurich Home #MudahkanHidup untuk memberi rasa aman, kemanapun kita pergi.