5 Perubahan Gaya Hidup Untuk Hindari Kolesterol Tinggi Sejak Dini

17 Juni 2018

Lifestyle, Interest, dan Life Balance membicarakan tentang gaya hidup seseorang mengenai ketertarikan dalam menyeimbangkan kehidupan sehari-hari. Adakalanya orang yang menyukai satu hal dalam hidupnya menjadi suatu kebiasaan yang susah untuk dilepaskan. Sebut saja dengan gaya hidup dalam mengonsumsi makan-makanan cepat saji dan juga makanan tinggi gula. Memang, makanan tersebut sangat enak untuk dinikmati dan bisa cepat dimakan tanpa menunggu lama.

5 Perubahan Gaya Hidup Untuk Hindari Kolesterol Tinggi Sejak Dini

Lifestyle, Interest, dan Life Balance membicarakan tentang gaya hidup seseorang mengenai ketertarikan dalam menyeimbangkan kehidupan sehari-hari. Adakalanya orang yang menyukai satu hal dalam hidupnya menjadi suatu kebiasaan yang susah untuk dilepaskan. Sebut saja dengan gaya hidup dalam mengonsumsi makan-makanan cepat saji dan juga makanan tinggi gula. Memang, makanan tersebut sangat enak untuk dinikmati dan bisa cepat dimakan tanpa menunggu lama.

Apalagi, hidup yang penuh dengan kepadatan dalam beraktifitas, keberadaan makanan cepat saji sangatlah membantu. Akan tetapi, apakah Anda pernah memikirkan dampak yang akan Anda dapatkan jika terus menerus mengonsumsi makanan tersebut? Bagaimana dengan kehidupan di hari tua Anda? Apakah ada jaminan kesehatan Anda tidak akan terganggu dengan itu semua? Itu sebabnya, bahasan mengenai Lifestyle, Interest, dan Life Balance menarik untuk diikuti.

Menjadi orang yang sehat pastinya membutuhkan perjuangan yang ekstra. Anda harus bisa menjaga dengan baik pola makan, berolahraga dengan rutin, dan hindari begadang. Selain itu, masih banyak lagi yang harus Anda lakukan untuk bisa menjaga kadar kolesterol di dalam tubuh tidak naik dengan cepat. Simak tips berikut ini!

  •  Lakukan Cek Kolesterol Dengan Teratur


  •  Jaga Kolesterol

    Apakah Anda sudah melakukan pengecekan kolesterol bulan ini? Jika belum, lakukan segera. Apalagi jika Anda sudah mencapai umur 30 tahun. Pengecekan kolesterol secara rutin sangat diperlukan dan wajib dilakukan. Apabila Anda sayang dengan kesehatan tubuh, jangan pernah melalaikan cek kolesterol. Pengecekan kolesterol bukan bertujuan untuk mendiagnosis suatu penyakit di dalam tubuh. Namun, untuk mencari tahu apakah ada risiko penyakit yang menyerang.

    Pentingnya pengecekan kolesterol bisa mencegah Anda terhindar dari penyakit jantung. Hasil cek kolesterol yang rendah menunjukkan bahwa risiko kematian jantung koroner pada Anda juga rendah. Itu sebabnya, sangat penting bagi semua umur untuk selalu melakukan cek kolesterol secara rutin. Periksa sekarang juga untuk tahu kadar kolesterol di dalam darah Anda.

  • Kurangi Makanan Yang Menjadi Sumber Kolesterol

  • Banyak orang yang belum menyadari makanan favoritnya selama ini adalah makanan yang menjadi sumber dari kolesterol tinggi. Apa saja daftar makanan menjadi sumber kolesterol tinggi? Tanpa disadari, makanan ini menjadi makanan hampir setiap harinya. Dan pastinya, makanan-makanan ini memiliki rasa yang sangat enak. Inilah makanan yang menjadi sumber kolesterol tinggi:

    -Telur ayam.

    -Mentega.

    -Keju.

    -Sosis ayam dan sapi.

    -Snack-snack atau makanan ringan.

    -Cokelat.

    -Kuning telur.

    -Otak sapi, dan lain sebagainya.

    Jadi, masihkah Anda berniat untuk terus mengonsumsi kolesterol tinggi ini tanpa batas? Semua makanan tersebut memang sangat enak, akan tetapi, kurangi jumlah konsumsinya agar Anda terhindar dari kolesterol yang meningkat. 

  • Konsumsi Makanan Tinggi Serat

  •  
    Makanan Tinggi Serat

    Setelah Anda mengurangi makanan sumber kolesterol maka, perbanyak makanan tinggi serat untuk menurunkan atau menstabilkan kadar kolesterol di dalam darah. Biasanya, makanan sehat ini sering dihindari karena rasanya yang kurang menggugah atau tidak memiliki waktu untuk mengolahnya. Itu sebabnya, makanan cepat saji menjadi alternatif untuk mengganjal perut setiap harinya. Mulai sekarang, Anda harus menyisihkan sedikit waktu untuk bisa mengolah makanan tinggi serat ini.

    Makanan apa saja yang baiknya harus dikonsumsi untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi. Inilah daftar makanan yang harus Anda masukkan ke dalam menu makanan setiap harinya.

    -Buah-buahan kaya serat. Seperti, apel, strawberry, pir, pisang, alpukat, dan lainnya.

    -Sayur-sayuran kaya serat. Seperti, brokoli, terong, sawi, dan lainnya.

    -Kacang-kacangan.

    -Makanan yang mengandung kacang kedelai.

    -Ikan salmon, tuna, tongkol, dan sarden.

    -Beras coklat. Beras ini lebih banyak mengandung nutrisi dan serat dibanding beras-beras lainnya. Beras ini sudah terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi

  • Olahraga Ritmik Setiap Minggu


  •  Olahraga Ritmik

    Cara mudah lainnya untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi adalah dengan melakukan olahraga. Olahraga satu ini termasuk olahraga yang ringan dan simple untuk dikerjakan. Olahraga ritmik merupakan olahraga atau gerakan yang dilakukan dengan berirama. Olahraga ini membutuhkan keseimbangan, kelenturan, dan keluwesan Anda dalam menggerakkan tubuh. 

    Jogging, berenang, bersepeda, dan berlari mampu memindahkan kolesterol di dalam darah ke hati untuk bisa diproses menjadi kotoran yang akan dikeluarkan dari tubuh. Lakukan olahraga ritmik tersebut selama empat kali seminggu dengan durasi 30 menit setiap aktivitasnya. Anda akan mendapatkan hasil yang sangat baik bagi tubuh.

  • Hindari Paparan Asap Rokok


  • Menjadi perokok pasif atau hanya mendapatkan paparan asap rokok ternyata sangatlah berbahaya jika dibandingkan dengan perokok aktif. Kandungan asap pada saat dikeluarkan mengandung banyak racun dan mampu meningkatkan risiko terserang kanker lebih tinggi. Selain itu, paparan rokok ternyata juga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung koroner yang biasa dialami oleh penderita kolesterol tinggi.

    Ada baiknya ketika orang disekitar Anda sedang merokok, menjauhlah agar tidak terkena paparan asap rokoknya. Selain menjaga dengan baik kesehatan diri, Anda juga bisa merencanakan hidup yang lebih baik dengan mengambil Mahacita Protection dari PT Zurich Topas Life. Mahacita Protection merupakan sebuah produk asuransi jiwa yang memberikan perlindungan jiwa pada pengguna dengan tanggungan hingga 100 tahun.