• Protect the environment. Think before you print.

6 Jurus Jitu Pulihkan Finansial Pasca Lebaran

19 Juni 2018

Lebaran merupakan salah satu hal yang sangat ditunggu oleh semua orang, sebab pada saat ini banyak orang dapat berkumpul bersama keluarga di kampung halaman. Tentunya diperlukan persiapan yang matang agar Anda sekeluarga dapat nyaman ketika lebaran nanti, salah satunya adalah budget.

Jurus Jitu Pasca THR

Lebaran merupakan salah satu hal yang sangat ditunggu oleh semua orang, sebab pada saat ini banyak orang dapat berkumpul bersama keluarga di kampung halaman. Tentunya diperlukan persiapan yang matang agar Anda sekeluarga dapat nyaman ketika lebaran nanti, salah satunya adalah budget. 

Sebab dengan adanya budget maka mempermudah Anda ketika pulang maupun pergi serta Anda juga dapat nyaman ketika liburan nanti, pastinya ketika pulang kampun maka Anda akan pergi ke tempat wisata. Tentunya semakin banyak tempat wisata yang didatangi maka semakin banyak dana yang dikeluarkan apalagi jika Anda membawa banyak anggota keluarga. Oleh sebab itu terdapat beberapa cara untuk memulihkan kondisi finansial Anda setelah mengeluarkan banyak dana ketika liburan, apalagi saat ini liburan telah usai. 

1.Memeriksa kembali kondisi keuangan

Hal pertama yang harus Anda lakukan pertama sekali adalah memeriksa kondisi keuangan, hal ini bertujuan agar Anda mengetahui seberapa besar pengeluaran yang dilakukan serta Anda juga bisa mengetahui apakah terdapat sisa THR atau tidak sehingga bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Hal ini sangatlah penting, sebab apabila Anda tidak memeriksa keuangan maka tidak akan mengetahui apakah Anda masih memiliki uang atau tidak. Jangan sampai Anda terus menggunakan uang sehingga tanpa terasa uang tersebut habis, sehingga ketika ingin digunakan untuk hal yang penting tidak tersedia.

2. Membatasi pengeluaran dan menghindari perilaku konsumtif

Saat ini banyak orang yang memiliki perilaku konsumtif, padahal kebiasaan ini dapat membuat Anda mengeluarkan banyak dana sehingga akan terjadi pemborosan. Apabila Anda ingin memulihkan kembali kondisi finansial keluarga setelah lebaran maka ada baiknya untuk membatasi pengeluaran dan tidak boros, dimana Anda bisa menghindari membeli barang yang tidak penting. Sebab ketika lebaran pastinya Anda telah mengeluarkan banyak uang apalagi jika tidak dikontrol. Hindarilah membeli barang karena keinginan, serta utamakan membeli barang sesuai dengan kebutuhan. Karena banyak orang saat ini yang begitu tergoda membeli barang karena keinginan dibandingkan dengan kebutuhan, hal inilah yang membuat Anda mengeluarkan uang dalam jumlah yang banyak.  Membatasi pengeluaran bukan berarti membatasi Anda dalam memenuhi kebutuhan Anda sehari-hari, dengan cara ini tentunya Anda akan lebih dapat berhemat.

3.Menyusun kembali anggaran bulanan



Agar Anda tidak mengeluarkan dana secara berlebihan maka ada baiknya untuk menyusun anggaran bulanan, hal ini tentunya mempermudah Anda untuk mengetahui kemana uang akan keluar. Menyusun anggaran bulanan dapat menghindari Anda dari membeli barang yang tidak diperlukan, sehingga dengan cara ini maka uang yang ada dikeluarkan sesuai dengan kebutuhan sehingga akan lebih hemat. Pada anggaran bulanan Anda bisa menulis hal-hal atau barang yang akan Anda beli, dengan cara ini maka keadaan finansial Anda akan lebih teratur. Jadi Anda tidak akan mudah mengeluarkan uang untuk hal yang tidak penting. 

4. Segera melunasi seluruh pinjaman

Tidak jarang beberapa orang meminjam uang ketika lebaran, hal ini bertujuan untuk mempermudah ketika pulang kampung maupun membeli kebutuhan akan lebaran. Apabila lebaran telah usai maka ada baiknya jika Anda melunasi seluruh pinjaman yang ada, hal ini tentunya akan membuat Anda lebih tentram karena tidak perlu memikirkan utang yang telah dipinjam. Pastinya sangat tidak nyaman ketika memikirkan hutang yang belum dibayar apalagi jika jumlahnya yang banyak, apalagi jika orang tersebut datang ke tempat tinggal Anda untuk menagih utang. Apalagi saat ini banyak orang yang enggan melunaskan hutang setelah meminjamnya, padahal cara ini hanya akan membuat ketentraman hidup menjadi terganggu. Serta dengan melunaskan hutang maka Anda dapat jauh lebih mudah ketika menyusun keuangan rumah tangga, jadi apabila terdapat THR lebih maka segeralah membayar hutang.

5. Tabung THR yang tersisa

 Tabung Sisa THR




Apabila setelah Anda memeriksa keuangan dan menemukan bahwa terdapat THR yang tersisa maka ada baiknya untuk menabungnya. Hal ini bertujuan agar memudahkan Anda ketika perlu uang secara tiba-tiba seperti biaya pengobatan, oleh sebab itu Anda jangan senang dulu ketika mengetahui bahwa terdapat sisa THR. Hindarilah untuk melakukan pengeluaran yang tidak penting, sebab ketika liburan yang lalu Anda telah mengeluarkan banyak uang. Dengan adanya tabungan tentunya kondisi finansial Anda dapat menjadi stabil serta dapat menghindari Anda dari melakukan pinjaman terutama dalam jumlah yang banyak. Sebab melakukan pinjaman dengan jumlah banyak hanya akan membuat keuangan Anda hancur.

6. Memilih asuransi yang membantu perencanaan finansial Anda

Untuk membantu Anda dalam melakukan perencanaan finansial maka tidak ada salahnya jika Anda menggunakan jasa asuransi, tentunya dengan bantuan asuransi maka Anda dapat melakukan perencanaan finansial dengan sangat tepat dan lebih teratur. Hal ini tentunya sangat diperlukan untuk Anda yang tidak terlalu jago dalam melakukan perencanaan finansial. Apalagi saat ini sudah banyak asuransi yang menyediakan jasa dalam membantu untuk melakukan perencanaan finansial seseorang. 

Salah satunya adalah Zurich Proteksi 8 dari Zurich Topas Life, dimana produk ini dapat memberikan solusi perlindungan yang tidak hanya terjangkau namun juga cerdas. Tentunya Zurich Proteksi 8 merupakan solusi dalam membantu perencanaan finansial Anda menjadi lebih baik dan matang. Jadi tunggu apa lagi, jangan sampai Anda tidak menerapkan jurus jitu pulihkan finansial pasca lebaran ini.