• Protect the environment. Think before you print.

6 Perawatan Mobil Setelah Dipakai Mudik Lebaran

19 Juni 2018

Mobil menjadi salah satu alat transportasi yang banyak digunakan ketika mudik lebaran. Pasalnya selain dapat memuat barang dalam jumlah banyak, mobil juga dapat mengangkut seluruh anggota keluarga dalam satu kendaraan saja, sehingga perjalanan jarak jauh pun dapat dilakukan dengan lebih mudah dan aman.

6 Perawatan Mobil Setelah Dipakai Mudik Lebaran
Mobil menjadi salah satu alat transportasi yang banyak digunakan ketika mudik lebaran. Pasalnya selain dapat memuat barang dalam jumlah banyak, mobil juga dapat mengangkut seluruh anggota keluarga dalam satu kendaraan saja, sehingga perjalanan jarak jauh pun dapat dilakukan dengan lebih mudah dan aman. 

Tidak hanya digunakan selama perjalanan saja, mobil juga dapat mempermudah anda ketika melakukan silaturahmi dengan mengunjungi anggota keluarga lainnya. Tidak heran jika mobil anda pun tentunya terjebak macet atau bahkan melalui jalanan yang kurang mulus. Namun dengan manfaat yang diberikan olehnya jelas sangat membantu beragam aktivitas yang anda lakukan selama libur lebaran. 

Selesai libur lebaran, ada baiknya jika anda melakukan perawatan untuk mobil anda, sehingga performa yang dimilikinya pun dapat terjaga dengan baik, meskipun ia dipergunakan secara terus menerus. Berikut ini adalah 6 Perawatan Mobil Setelah Dipakai Mudik Lebaran yang bisa anda lakukan, di antaranya : 

1. Ganti oli bila diperlukan

 
Perawatan mobil berkala


Oli dikenal sebagai pelumas kendaraan mobil yang paling utama. Pasalnya dengan pelumas mesin yang terjaga maka kondisi mesin yang dimilikinya pun dapat dipastikan akan berada dalam keadaan baik. Untuk itu ketika anda pulang ke rumah setelah selesai melakukan perjalanan mudik dan juga menghabiskan waktu liburan, ada baiknya jika anda tidak langsung mengganti oli yang anda miliki. 

Pasalnya tidak jarang diantaranya orang-orang yang melakukan ganti oli sebelum perjalanan mudik itu dilakukan. Karena itulah sebaiknya anda lakukan pemeriksaan terlebih dahulu, seperti halnya melihat jarak tempuh atau kilometer yang dimiliki kendaraan, sehingga anda pun dapat memastikan apakah mobil anda itu tadi sudah waktunya untuk ganti oli atau belum. Secara umum mobil itu wajib untuk mengganti oli apabila telah menempuh perjalanan selama 5 ribu km. 

2. Cuci mobil termasuk bagian dalam

Cuci mobil menjadi bentuk perawatan selanjutnya yang harus anda perhatikan, dalam hal ini pastikanlah anda mencuci bagian luar atau eksterior serta dalam atau interior dari mobil yang anda miliki. Selain itu, pastikan pula untuk memilih layanan cuci mobil yang bersedia untuk membersihkan atau mencuci bagian kolong mobil, sehingga perawatan yang dilakukan pun tentunya lebih maksimal dan mendetail. 

Karena seperti yang anda ketahui, ketika melakukan perjalanan dalam jarak jauh, seringkali pengguna tidak sadar bahwa mobilnya telah mengalami goresan baik itu terkena batu atau bahkan benda lainnya yang menghasilkan goresan pada bagian bodi mobil. 

Apabila goresan tersebut tidak diketahui tentunya dapat mengakibatkan dampak yang buruk, seperti bentuk kerusakan mobil yang cukup membahayakan, namun berbeda halnya dengan goresan mobil yang dicek saat proses cuci mobil, maka goresan tersebut pun dapat diatasi dengan pencegahan awal, seperti halnya pemolesan ulang. 

3. Periksa rem dan kopling



Cek Kondisi Rem Kendaraan


Selain beberapa hal di bagian atas tadi, pastikan pula untuk melakukan pemeriksaan pada bagian rem serta kopling, utamanya pada bagian kampas rem. Pasalnya ketika melakukan perjalanan dalam jarak jauh, umumnya anda seringkali menggunakan kecepatan tinggi sehingga pemberhentian dan juga pemberangkatan pun seringkali menjadikan komponen di bagian dalam mobil menjadi lebih cepat aus atau pun susut akibat gesekan yang terjadi di dalamnya. Karena itulah penting bagi anda untuk memperhatikan kedua hal tersebut, dan jika kondisi rem sudah berada dalam keadaan tipis, maka sebaiknya anda lakukan penggantian dengan komponen rem baru lainnya. 

4. Lakukan spooring roda

Pengecekan pada bagian kaki menjadi penting untuk mengetahui dampak yang terjadi pada mobil tersebut utamanya jika digunakan dalam kecepatan tinggi serta dalam menghindari jalanan berlubang. Karena itulah penting bagi anda untuk mengingat beragam tanda yang ditunjukkan oleh mobil apabila ia membutuhkan spooring serta balancing. Seperti halnya ketika kondisi dari setir mobil mulai memberat ke bagian kiri atau kanan, kemudian setir mobil yang juga terasa bergetar. 

Tidak hanya itu saja, pengecekan pada bagian ban yang juga sering menghantam jalanan berlubang pun seringkali menjadikan kondisi baut menjadi lebih longgar. Hal ini jelas tidak dapat dirasakan apabila mobil dibawa dalam tingkat kecepatan sedang atau bahkan cepat. Namun tentunya jelas membahayakan bagi perjalanan yang hendak anda lakukan. 

5. Rutin lakukan tune up


 Kendaraan aman



Tune up merupakan hal penting yang tentunya wajib untuk anda lakukan secara rutin. Pasalnya dengan melakukan tune up di tempat yang terpercaya, maka dapat dipastikan setiap bagian atau komponen vital yang terdapat di dalam mobil itu pun akan terjaga dengan lebih baik, hal ini dikarenakan proses tune up yang meliputi beragam bentuk pemeriksaan di dalamnya termasuk pemeriksaan pada bagian filter dari bahan bakar, ketersediaan oli sebagai pelumas mesin, serta bagaimana kondisi busi yang dimiliki oleh mobil itu tadi. 

6. Cek air radiator, air wiper, minyak rem dan oli transmisi. 

Selain beberapa bagian di atas tadi, hal lain yang juga tidak kalah penting untuk anda periksa dan lakukan perawatan pada mobil sehabis mudik lebaran adalah pengecekan air radiator, kemudian air wiper, oli transmisi serta minyak rem yang dimilikinya. Untuk air radiator itu sendiri umumnya ia akan berkurang apabila mesin mobil yang digunakannya telah bekerja dengan keras dalam hal ini digunakan untuk melakukan perjalanan jarak jauh dan dalam waktu lama. Tidak hanya itu saja, pemeriksaan air wiper, kemudian oli transmisi serta minyak rem pun patut untuk diperhatikan sehingga performa mesin mobil jauh lebih baik 

Bagi anda yang ingin mendapatkan kemudahan perawatan mobil dengan aman dan nyaman, selain yang sudah disebutkan tadi, Anda juga dapat menggunakan layanan program Zurich Car yang disediakan oleh perusahaan Zurich dalam bentuk asuransi mobil sehingga kondisi mobil yang anda miliki pun dapat terjaga dengan lebih aman dan tidak perlu takut mobil rusak.