• Protect the environment. Think before you print.

Begini Cara Jaga Kesehatan Pasca Lebaran yang Patut Dicoba

22 Juni 2018

Pastinya makanan ketika lebaran sangat identik dengan santan dan lemak, hal ini jika terus Anda konsumsi dalam jumlah yang banyak pastinya akan membahayakan tubuh. Terutama jika Anda memiliki pantangan untuk mengkonsumsi makanan yang berlemak dan bersantan, jadi jangan sampai Anda akan terkena penyakit setelah lebaran karena mengkonsumsi santan dan lemak secara berlebihan.

Begini Cara Jaga Kesehatan Pasca Lebaran yang Patut Dicoba

Pastinya makanan ketika lebaran sangat identik dengan santan dan lemak, hal ini jika terus Anda konsumsi dalam jumlah yang banyak pastinya akan membahayakan tubuh. Terutama jika Anda memiliki pantangan untuk mengkonsumsi makanan yang berlemak dan bersantan, jadi jangan sampai Anda akan terkena penyakit setelah lebaran karena mengkonsumsi santan dan lemak secara berlebihan. 

Sebab memiliki tubuh yang sehat sangat mahal harganya, apalagi tubuh sehat merupakan salah satu modal untuk produktif. Tentunya Anda tidak mau bukan harus mengeluarkan banyak uang agar tubuh Anda sehat kembali, oleh sebab itu yuk baca beberapa info mengenai menjaga kesehatan pasca lebaran. Pastinya info ini akan memberikan manfaat kepada Anda secara jangka panjang.

1.Terbiasa puasa, jadi mulai siapkan jadwal makan yang tepat

Berpuasa selama 12 jam sehari selama satu bulan tentunya membuat tubuh terbiasa akan kondisi ketika puasa, namun agar sistem pencernaan Anda tidak terkejut maka ada baiknya untuk menyusunkan jadwal makan yang tepat. Hal ini bertujuan agar Anda tidak terkena penyakit pada bagian pencernaan seperti maag, dengan adanya jadwal makan maka Anda dapat makan dengan teratur sehingga tidak akan terkena penyakit. 

Serta tubuh juga dapat menyesuaikan seiring berjalannya waktu dengan jadwal makan yang telah Anda susun,hal ini tentunya akan sangat efektif untuk menjaga kesehatan. Namun menyusun jadwal makan masih sedikit dilakukan oleh semua orang, padahal cara ini tidak hanya dapat menjaga kesehatan namun juga menjaga berat badan Anda. Padahal menyusun jadwal makan tidaklah merepotkan.

2. Konsumsi makanan yang seimbang, lebih banyak sayur dan buah

Makanan merupakan salah satu hal utama yang menentukan sehat atau tidaknya tubuh Anda, semakin sehat makanan yang Anda konsumsi makan akan semakin sehat pula tubuh Anda. karena Anda telah sering mengkonsumsi makanan yang berlemak serta bersantan ketika lebaran maka ada baiknya jika setelah lebaran Anda mengkonsumsi makanan yang seimbang. Akan sangat baik jika mengkonsumsi banyak sayur dan buah, sebab kandungan di dalam sayur dan buah sangat baik untuk tubuh terutama sistem pencernaan. Karena dapat melancarkan sistem pencernaan sehingga kotoran tidak tertimbun di usus yang menyebabkan banyaknya permasalahan pada tubuh. Harga sayur dan buah juga tidaklah mahal serta sangat mudah untuk ditemukan, jadi sangat disayangkan jika Anda tidak mencoba mengkonsumsi sayur dan buah.

3.Kurangi yang manis-manis, lagipula sudah puas pas lebaran, bukan?

Makanan manis merupakan kesukaan semua orang, baik anak-anak maupun orang dewasa. Namun mengkonsumsi makanan manis berlebihan tentunya tidak baik untuk kesehatan, sebab dapat menimbulkan berbagai macam permasalahan kesehatan seperti sakit gigi maupun munculnya diabetes. 

Selain mengkonsumsi makanan berlemak dan santan, pada saat hari raya tentunya Anda akan mengkonsumsi makanan manis seperti terdapat pada kue. Oleh sebab itu ada baiknya jika Anda menghindari makanan manis setelah lebaran, apalagi makanan yang mengandung gula tidak hanya bersumber pada kue saja namun nasi yang biasa Anda konsumsi juga mengandung gula. Oleh sebab itu hindarilah mengkonsumsi gula secara berlebihan terutama jika Anda gemar mengkonsumsi minuman soft drink. Sebab Anda dapat berpotensi terkena diabetes, apalagi diabetes merupakan salah satu penyakit berbahaya karena belum memiliki obat.

4. Olahraga teratur bersama teman-teman, yuk!

Selain menjaga makanan yang dikonsumsi, Anda juga harus rajin berolahraga. Sebab olahraga memberikan manfaat yang sangat banyak terutama untuk kesehatan, sebab dengan berolahraga juga organ di dalam tubuh dapat bekerja dengan baik seperti jantung. Serta lemak di dalam tubuh juga dapat dibakar sehingga berat badan Anda dapat terjaga, namun hingga saat ini masih banyak orang yang malas berolahraga. Alasannya juga beragam, mulai dari malas hingga membuang waktu. Apabila Anda masih pemula dalam berolahraga maka dapat olahraga ringan saja seperti naik tangga atau jogging, untuk memacu semangat olahraga maka Anda bisa berolahraga bersama teman sehingga tidak akan malas olahraga. Serta jangan lupa melakukan olahraga secara teratur, minimal 1 minggu sekali. 

5.Lebih banyak minum air putih dan say no to soft drinks!

Banyak orang yang malas mengkonsumsi air putih karena rasanya yang hambar, padahal air putih memiliki berbagai macam khasiat yang sangat baik untuk tubuh. Tanpa air putih tentunya organ di dalam tubuh tidak dapat bekerja dengan baik, tetapi saat ini banyak orang yang memilih mengkonsumsi soft drink dibandingkan dengan air putih. Padahal kandungan gula di soft drink sangatlah tinggi, dibandingkan dengan air putih yang nol kalori. Padahal jika Anda tidak menyukai rasa hambarnya maka dapat menambahkan potongan buah untuk memberikan rasa namun tidak membahayakan tubuh. 

Apalagi setiap orang dewasa diwajibkan memenuhi kebutuhan air putih untuk tubuh sebanyak 2 liter setiap harinya, jadi walaupun soft drink terlihat enak namun sangat membahayakan tubuh jika dikonsumsi jangka panjang dan berlebihan. Salah satu organ tubuh yang terkena dampak besar adalah ginjal, padahal harga air putih sangatlah murah dibandingkan dengan minuman soft. Padahal menjadi sehat setelah lebaran merupakan pilihan yang bijak, Anda dapat memanfaatkan Zurich Pro-Care yang menjadi solusi dalam melindungi kesehatan Anda. Sebab Zurich Pro-Care dapat mengantisipasi biaya perawatan medis selama bulan Ramadan.