• Protect the environment. Think before you print.

Khawatir Meninggalkan Rumah Pas Liburan Baca Ini Dulu

25 Juni 2018

Mudik dikenal sebagai salah satu aktivitas yang sangat menyenangkan, apalagi bagi mereka yang sibuk bekerja. Pasalnya selain dilakukan sebelum lebaran, liburan pun dilanjutkan dengan masa cuti setelah lebaran, sehingga anda memiliki waktu yang cukup lama untuk menikmati waktu bersama dengan keluarga.

Khawatir meninggalkan rumah

Mudik dikenal sebagai salah satu aktivitas yang sangat menyenangkan, apalagi bagi mereka yang sibuk bekerja. Pasalnya selain dilakukan sebelum lebaran, liburan pun dilanjutkan dengan masa cuti setelah lebaran, sehingga anda memiliki waktu yang cukup lama untuk menikmati waktu bersama dengan keluarga. 

Namun bagi mereka yang tinggal di kota berbeda dengan kampung halamannya, mudik juga seringkali meningkatkan rasa khawatir, utamanya akan rumah atau kediaman yang ditinggalkannya selama masa liburan tersebut berlangsung. Karena itulah untuk menyiasati rasa Khawatir Meninggalkan Rumah Pas Liburan perhatikan hal ini yang tentunya dapat membantu anda meninggalkan rumah dengan lebih aman melalui tips dan trik berikut ini : 

1.Cegah kebakaran

Pencegahan kebakaran adalah hal pertama yang harus anda pastikan sebelum mudik lebaran. Pasalnya banyak sekali kejadian yang merugikan ketika meninggalkan rumah itu disebabkan oleh kebakaran selain dari pada bentuk pencurian. Untuk itu, ada baiknya bagi anda untuk memastikan bahwa semua aliran listrik dari peralatan elektronik seperti halnya TV, komputer, radio, pipa air dan lain nya berada dalam kondisi mati atau off. Pasalnya beberapa bagian listrik tersebut dapat menimbulkan korsleting yang tentunya membahayakan kondisi rumah apabila ditinggalkan. Selain itu, pastikan pula untuk mencabut regulator dari tabung gas. Karena meskipun kompor tidak digunakan, untuk gas di dalamnya itu sendiri ia akan tetap mengalir menuju selang regulator yang dimilikinya. 


2.Koordinasi dengan RT dan RW

Langkah yang satu ini juga dapat anda jadikan tips tepat sebelum meninggalkan rumah untuk mudik ke kampung halaman. Pasalnya dengan melakukan koordinasi bersama RT, RW, serta satpam yang ada di lingkungan rumah anda tentunya menjadikan rumah anda berada dalam keadaan yang jauh lebih aman, hal ini berkaitan dengan bentuk pengawasan yang dapat dilakukan oleh beberapa pihak tersebut dalam menjaga keamanan rumah anda. Selain itu, apabila terdapat sesuatu hal yang janggal atau bahkan mencurigakan di sekitar kawasan rumah anda pun tentunya dapat mereka pastikan dengan lebih cepat, termasuk tindakan pengamanan yang juga dapat dilakukan dengan lebih baik. Hal ini berkaitan dengan tindakan pencurian dan lainnya yang seringkali dilakukan oleh pihak tidak bertanggung jawab pada kondisi rumah yang kosong atau rumah yang sedang ditinggalkan pergi oleh pemiliknya.  

3.Buat rumah seakan-akan terlihat tidak kosong

Meskipun rumah yang anda miliki akan berada dalam kondisi kosong untuk waktu yang cukup lama, yaitu selama waktu libur lebaran, namun pastikanlah untuk tidak menunjukkan bahwa rumah anda itu berada dalam kondisi kosong. Bagaimana caranya? Salah satu cara yang dapat anda lakukan adalah dengan menyalakan beberapa lampu agar terus menyala di depan teras atau bahkan halaman. Pasalnya dengan kondisi lampu yang menyala, orang akan berpikir bahwa terdapat aktivitas di dalam rumah tersebut, sehingga rumah yang anda miliki pun akan berada dalam kondisi aman untuk ditinggalkan. Namun ketika anda menggunakan tips untuk menyalakan lampu tadi, pastikan pula untuk tidak menyalakan semua lampu yang ada. Karena jika hal ini terlihat di siang hari, maka orang lain pun dapat mengetahui dengan mudah bahwa rumah yang anda miliki berada dalam keadaan kosong. 

4.Memberi info pada tetangga sebelah atau depan rumah

Selain beberapa tips di bagian atas tadi, pastikan pula untuk menitipkan rumah yang anda miliki pada tetangga terdekat rumah, utamanya mereka yang tidak mudik. Hal ini dapat anda lakukan jika anda mengikuti kegiatan bersama komunitas di lingkungan rumah dengan lebih mudah. Selain itu, jangan sungkan untuk mulai meminta bantuan pada tetangga dalam mengawasi rumah yang anda tinggalkan . karena umumnya tetangga yang baik akan membantu anda dalam menjaga keamanan serta kebersihan rumah, bahkan beberapa diantaranya tidak jarang melakukan kunjungan beberapa kali untuk mengawasi kondisi rumah dan ikut membersihkan halaman serta mengurus tanaman yang anda miliki. Cara yang satu ini sangat membantu anda untuk membuat orang lain tidak curiga bahwa orang tersebut bukanlah pemilik rumah yang sebenarnya. 

5.Cermat simpan barang berharga

Bagian paling akhir yang tidak kalah penting untuk anda perhatikan ketika hendak meninggalkan rumah adalah menyimpan barang berharga di tempat yang tentunya sulit untuk dijangkau atau tempat yang tidak seharusnya digunakan untuk menyimpan barang berharga. Seperti halnya menyimpan perhiasan di dalam kaos kaki, kemudian simpan kaos kaki di dalam sepatu dan beragam cara unik lainnya. Dengan demikian, tidak ada seorang pun yang tahu dimana tempat anda menyimpan beragam benda berharga tersebut. Sementara itu, jika anda memiliki hewan peliharaan yang berharga maka pastikanlah untuk menitipkannya di tempat penitipan hewan yang terpercaya. Dengan demikian hewan peliharaan anda pun dapat terjaga dengan baik kondisi kesehatan serta makanan yang dikonsumsinya pun dapat diatur sesuai dengan tingkat kebutuhannya. 

Selain beberapa tips dan juga trik di bagian atas tadi, ada pula solusi tepat lainnya yang dapat membuat anda merasa jauh lebih aman, bahkan saat meninggalkan rumah dalam jangka waktu lama sekali pun, Ingin tahu solusi tersebut? Berikut penjelasannya : 

  • Program layanan Zurich Home

Zurich home adalah salah satu program layanan bagi klien yang ingin menjaga keamanan rumah yang dimilikinya dari perusahaan asuransi Zurich. Selain membuat anda lebih leluasa ketika melakukan perjalanan jauh, liburan anda pun dapat dinikmati dengan lebih santai dalam waktu lama. Hal ini sesuai dengan jargon yang dimilikinya, yang mana #MudahkanHidup anda untuk rasa aman, bahkan di mana pun anda berada.