• Protect the environment. Think before you print.

6 Fakta Unik Kebiasaan Belanja Wanita Indonesia

06 September 2018

Asuransi Jiwa

Wanita Indonesia dikenal sebagai jagonya belanja mulai dari kalangan emak-emak hingga kalangan anak muda. Insting belanja memang tidak bisa dilepaskan dari wanita karena itu sebagian wanita pun rela melakukan banyak hal demi mendapatkan barang yang diinginkan dengan harga serendah mungkin dan keuntungan sebanyak-banyaknya. Kebiasaan-kebiasaan unik wanita saat belanja berikut ini seringkali bikin para pria geleng-geleng, apa saja ya kebiasaan tersebut?

1. Tawar menawar sampai sengit

 

Salah satu ajaran yang dianut saat menawar harga barang adalah tawar hingga setengahnya, kemudian dari situ antara pembeli dengan penjual pun akan saling menyesuaikan hingga sepakat dengan harga (atau dipaksa untuk sepakat oleh si pembeli). Kadang, melihat aksi tawar menawar wanita dengan pedagang membuat yang menonton merasa kasihan dengan penjualnya, namun nyatanya dengan cara ini keuangan rumah tangga bisa terselamatkan karena biaya pengeluaran yang ditekan sekencangnya.

2. Belanja barang tertentu di lokasi tertentu

Anda juga mungkin memiliki perilaku belanja seperti ini. Misalnya ingin beli baju dengan harga yang murah maka Anda akan datang ke Mangga Dua, setelah itu baru cari kain di Pasar Baru karena di sana harganya bisa lebih murah dan pilihannya lebih banyak, padahal di Mangga Dua juga ada yang jual kain. Soal mencari tempat belanja yang lebih murah memang wanita jagonya. Meski harus pindah tempat, mereka rela berburu barang dengan kualitas yang sama atau mirip dengan harga yang lebih murah di tempat yang lain.

3. Tidak enakan kalau tidak jadi beli

Meski suka menawar dengan sadis, wanita juga sering merasa tidak enak kalau tidak jadi beli apalagi kalau sudah menawar habis-habisan meski harga yang ditentukan penjual belum memuaskan. Ada juga orang yang tidak suka menawar harga barang karena tahu kalau sudah ditawar namun tidak bisa pas harganya, ujung-ujungnya tetap beli juga karena merasa tidak enak.

4. Besarnya diskon dihitung dengan seksama

 

Kalau sudah lihat diskon, mata wanita manapun pasti akan langsung fokus dengan barang yang ditawarkan. Anda mungkin mengira kalau wanita akan langsung tergoda membeli barang dengan diskon yang besar, tapi tunggu dulu tidak semua wanita langsung kalap begitu melihat ada promo diskon. Besarnya harga diskon akan benar-benar dihitung dengan menggunakan kalkulator karena seringkali meski angka diskonnya besar, namun harga barangnya ditinggikan dulu jadi sebenarnya tidak semurah itu. Meski sedang diskon, jika ternyata harganya masih lebih tinggi dari toko langganan ya tentu tidak jadi dibeli.

5. Belanjanya rombongan

 

Jarang ada wanita yang belanja sendirian terutama ketika belanja kebutuhan gaya hidup seperti misalnya produk-produk fashion. Kebanyakan wanita akan mengajak teman atau pasangan karena belanja ramai-ramai bisa memberikan kesenangan tersendiri. Teman yang diajak juga bisa dimintai pendapat apakah barang yang dipilih cocok, apakah harganya bagus, kadang teman atau pasangan juga bisa menjadi rem agar belanjanya tidak terlalu boros.

6. Yang suka belanja online sebagian besar adalah wanita

Perkembangan toko online di Indonesia yang pesat ternyata banyak digerakkan oleh wanita Indonesia. Wanita Indonesia hobi sekali belanja secara online apalagi kini hampir setiap toko online menawarkan berbagai macam promo poin, cashback, gratis biaya pengiriman, dan sebagainya. Barang yang dijual di toko online pun relatif lebih murah dibandingkan beli di toko. Jadi toko online memang jadi surga belanjanya wanita Indonesia jaman sekarang.

Bagi Anda yang suka belanja, jangan lupa untuk mengatur keuangan lebih sehat untuk kepentingan masa depan. Belanjakan juga uang Anda dengan membeli asuransi proteksi Zurich Proteksi 8 yang bisa memberikan perlindungan hingga 8 tahun.