• Protect the environment. Think before you print.

Kiat Memilih Mobil Bekas Yang Berkualitas

27 September 2018

Punya mobil yang bagus dan pas untuk kebutuhan keluarga bukan berarti harus beli mobil baru. Kini mobil bekas keluaran tahun sebelumnya dengan kondisi yang masih sangat bagus pun bisa Anda temukan dengan harga yang lebih murah. Agar mobil bekas yang Anda incar bisa didapatkan dalam kondisi yang bagus dan masih berkualitas, berikut adalah beberapa tips #MudahkanHidup untuk beli mobil bekas terbaik.

asuransi mobil

Punya mobil yang bagus dan pas untuk kebutuhan keluarga bukan berarti harus beli mobil baru. Kini mobil bekas keluaran tahun sebelumnya dengan kondisi yang masih sangat bagus pun bisa Anda temukan dengan harga yang lebih murah. Agar mobil bekas yang Anda incar bisa didapatkan dalam kondisi yang bagus dan masih berkualitas, berikut adalah beberapa tips #MudahkanHidup untuk beli mobil bekas terbaik.


1. Pilih tempat beli mobil bekas yang terpercaya


Beli mobil bekas sebaiknya di tempat jual beli mobil bekas yang terpercaya dan sudah memiliki reputasi yang bagus. Tempat jual beli mobil bekas yang terpercaya akan melakukan inspeksi terhadap mobil yang akan dijual sehingga mobil yang siap dibeli oleh konsumen adalah mobil bekas dalam kondisi yang bagus, tidak pernah mengalami kecelakaan yang merusak rangka dan mesin, serta memiliki dokumen yang resmi dan lengkap. 


2. Lakukan pengecekan eksterior mobil


Kualitas eksterior yang masih baik tidak hanya berpengaruh terhadap penampilan saja namun juga berpengaruh terhadap keutuhan body mobil yang dijual. Pastikan kondisi eksterior mobil masih dalam keadaan bagus. Sudah dimodifikasi atau dicat ulang tidak masalah asalkan rangkanya masih asli dan tidak penyok. Kaca-kaca juga diperhatikan apakah ada yang retak atau tidak, termasuk kaca pada lampu. Lihat juga pada bagian bawah mobil apakah ada komponen yang berkarat atau tidak.


3. Nilai performa mesin mobil
Beberapa penjual mobil mempersilahkan calon pembelinya untuk melakukan test drive untuk menguji kualitas performa mesin mobil. Performa mesin mobil bisa diukur dari suara mesinnya, deru mesinnya ketika digas, dan kenyamanan dalam menyetir mobil. Jika Anda tidak memiliki pengetahuan teknis yang cukup untuk menilai performa mobil, ketika beli mobil bekas bisa mengajak seseorang atau montir bengkel untuk membantu Anda menguji mesin mobil bekas incaran.


4. Pastikan suratnya lengkap
Inilah pentingnya untuk membeli di tempat jual beli mobil bekas yang terpercaya, karena perusahaan jual beli mobil bekas yang baik pasti akan mengecek keaslian dan kelengkapan dari dokumen mobil yang akan dijual. Kalau Anda beli di bursa mobil atau langsung ke pemilik mobilnya, pastikan BPKB dan STNK adalah asli, dan atas nama dari pemilik mobil. Nama yang sama dengan nama pemilik akan memudahkan proses administrasi saat Anda balik nama nantinya.


5. Cek kondisi aksesori dan juga interior

Selain eksterior dan mesin, aksesoris dan juga interior mobil harus dicek kondisinya. Lihat pada bagian interior apakah ada yang dirubah atau tidak. Cek setiap fungsi kelistrikan yang ada pada mobil mulai dari lampu, audio system, AC, wiper, dan berbagai macam fitur elektronik lainnya. Cek juga kelengkapan aksesori mobil masihkah lengkap atau ada yang sudah diganti. Cek juga apakah sabuk pengaman serta berbagai macam fitur keamanan mobil masih berfungsi dengan baik.

6. Lindungi mobil dengan asuransi

Setelah kesampaian beli mobil bekas impian, saatnya untuk mengatur keuangan Anda dengan untuk memberikan perlindungan resiko terhadap mobil bekas yang baru Anda beli. Zurich Car memberikan perlindungan terhadap kendaraan bermotor Anda untuk resiko menyeluruh sehingga Anda bisa bebas berkendara dengan menggunakan mobil untuk berbagai macam perjalanan dengan lebih aman dan nyaman karena sudah terlindungi. Dengan Zurich Car, Anda dan keluarga bisa lebih siap menghadapi resiko yang seringkali datangnya tak terduga. Dengan adanya perlindungan terhadap kendaraan bermotor Anda, Anda bisa lebih fokus terhadap hal yang lebih penting dan utama.