5 Alasan Kenapa Anda Wajib Datang ke Dieng Culture Festival 2019

13 Agustus 2019

Tahun ini kembali akan digelar Dieng Culture Festival 2019 mulai dari tanggal 2 hingga 4 Agustus 2019 mendatang. Lantas, kenapa Anda harus datang ke Dieng Culture Festival 2019?

dieng culture festival 2019

Di daerah Jawa Tengah terdapat satu kawasan yang tersohor dengan festivalnya yakni Dataran Tinggi Dieng. Secara administrasi, kawasan ini masuk di dalam wilayah Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo.

Dieng sendiri berada di ketinggian rata-rata sekitar 2.000 meter di atas permukaan laut. Salah satu yang membuat daerah ini terkenal yakni adanya festival budaya tahunan bernama Dieng Culture Festival (DCF) yang telah masuk di dalam top 100 Calendar of Event (CoE) Wonderful Indonesia.

Jadwal Dieng Culture Festival 2019

Pada tahun ini kembali digelar Dieng Culture Festival 2019 dari tanggal 2 hingga 4 Agustus 2019 yang lalu. Untuk lokasi acaranya sendiri berada tepat di Candi Arjuna Dieng, Karangsari, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Harga Tiket Dieng Culture Festival 2019

Untuk harga tiket Dieng Culture Festival 2019 sendiri berada pada kisaran Rp350.000 per orang dan sudah termasuk Goodie Bag yang berisi gelang, tiket wisata 3 objek (Kawah Sikidang, Kompleks Candi Arjuna, dan Telaga Warna), lampion, kain batik, T-Shirt DCF 2019, serta berbagai souvenir ala DCF.

Alasan ke Dieng Culture Festival 2019

Dieng sendiri memiliki deretan destinasi wisata menarik untuk disambangi antara lain Telaga Warna, Museum Kailasa, Puncak Sikunir, hingga Kawah Sikidang. Lantas, kenapa Anda harus datang ke Dieng Culture Festival 2019? Simak 5 alasan wajibnya di bawah ini!

  • Festival Lampion Dieng 2019

Selain lokasi tempat yang berbeda, adanya ribuan lampion yang diterbangkan ke langit-langit di Dieng menjadi alasan lain kenapa Anda wajib ke sini. Lampion-lampion yang diterbangkan ini akan membuat langit terlihat seperti lautan cahaya yang indah.

  • Jazz di Atas Awan

Sejak tahun 2013, DCF juga mengadakan pagelaran musik Jazz di Atas Awan. Disebut jazz di atas awan karena acara musik ini berada di salah satu lokasi tertinggi di Indonesia dan selalu ditunggu-tunggu oleh para pencinta musik jazz di tanah air.

  • Upacara Potong Rambut Anak Gimbal

Satu hal yang menarik perhatian di Dieng yakni adanya anak-anak dengan rambut gimbal. Menjelang remaja mereka akan menjalani ritual potong rambut secara adat. Upacara ini akan diadakan di halaman Candi Arjuna dengan serangkaian prosesi. Menariknya, anak-anak rambut gimbal boleh meminta apa saja kepada orang tua mereka dan para orang tua wajib mengabulkan permintaan anak.

  • Minum Purwaceng Masal

Purwaceng merupakan tanaman obat yang dikenal dengan beragam khasiat untuk tubuh. Tanaman ini sangat mudah ditemukan di Dieng dan bahkan dijadikan oleh-oleh. Pada DCF kali ini akan digelar jalan sehat yang diakhiri dengan minum Purwaceng massal.

  • Festival Dolanan Anak

Adapun rangkaian acara lain dari DCF yaitu festival dolanan anak. Dolanan sendiri berarti permainan dan akan ada beberapa permainan tradisional anak yang akan dimainkan di sini. Beberapa di antaranya teklek, sendaren janur, sepak bola api, dam-daman, pong-pong bolong, dan masih banyak lagi.

Itu tadi beberapa alasan kenapa Anda wajib datang ke Dieng Culture Festival 2019. Yang jelas, sebelum berangkat Anda wajib menyediakan asuransi perjalanan dari salah satu perusahaan asuransi terkemuka yakni Zurich.

Pasalnya, asuransi perjalanan ini akan memberikan Anda perlindungan dari risiko tak terduga atas kerugian saat bepergian. Beberapa produk asuransi perjalanan dari Zurich, yakni antara lain Zurich Passport, dan Zurich Umrah dan Haji, Zurich Holy Land, Zurich EaZi Travel, serta Zurich Domestic Travel untuk Anda yang ingin ke Dieng Culture Festival 2019.